Desa Kawasi Pulau Obi: Surga Biota Laut dan Keindahan Alam

nelayan di pulau obi

Desa Kawasi Pulau Obi terkenal dengan keindahan alamnya dan juga kekayaan biota lautnya. Desa Kawasi terletak di Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, Indonesia. Sebagian besar wilayah Halmahera Selatan merupakan perairan dengan pulau-pulau kecil. Terdapat 6 pulau besar di Halmahera Selatan yaitu Pulau Obi, Pulau Bacan, Pulau Makian, Pulau Kayoa, Pulau Kasiruta, dan Pulau Mandioli.

Pulau yang paling terkenal ialah Pulau Obi dan Pulau Bacan. Pulau Obi memiliki luas wilayahnya sekitar 3.111 km² yang berbatasan langsung dengan Laut Maluku di sebelah barat, Laut Seram di sebelah selatan, dan Selat Obi di sebelah utara dan sebelah Timur.

Pulau Obi popular di kalangan turis domestik hingga turis luar karena memiliki batu akik berkualitas tinggi serta dikelilingi tempat wisata yang indah dan bersih. Keindahan alam yang ditawarkan Pulau Obi juga beragam, mulai dari pantai hingga pegunungan. Pulau-pulau kecil disekitar Pulau Obi bisa dijangkau dengan mudah menggunakan kapal nelayan atau speedboat.

Warga Desa Kawasi Pulau Obi memanfaatkan kekayaan alam yang melimpah dengan menjadi nelayan sebagai sumber mata pencaharian utama dan mengelola tempat wisata. Tempat wisata yang ada di Pulau Obi diantaranya, Pantai Merah Putih, Pulau Santari, Pantai Pasir Pasir Putih Dobu-Dobu, dan Sungai Morodow. Pulau Obi juga dianugerahi kekayaan bebatuan seperti batu akik, emas, dan berlian. Sehingga ada beberapa tambang di sekitar Pulau Obi salah satunya adalah Tambang Emas Anggai.

Selain pemandangan alamnya yang indah, Desa Kawasi Pulau Obi juga dianugerahi biota laut yang melimpah. Nelayan di Pulau Obi sering mendapatkan tangkapan raksasa seperti ikan dan cumi-cumi. Seperti pada bulan Mei 2020 warga Desa Kawasi dihebohkan dengan penemuan dua cumi-cumi raksasa. Kemudian pada September 2022 seorang nelayan berhasil mendapatkan tangkapan ikan jenis Goropa dan Bubara yang masing-masing seberat 8 kilogram.

Biota laut yang ada di Pulau Obi sangat melimpah dan memiliki ukuran yang besar. Hal ini dikarenakan wilayah Halmahera Selatan terutama Pulau Obi masih terjaga dengan baik dan belum terjamah oleh manusia. Selain itu perairan Pulau Obi mengandung klorofil yang melimpah sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan laut tercukupi dan dipastikan hasil tangkapan nelayan berkualitas baik dan segar.

Bantuan Harita Nickel

Kekayaan alam yang melimpah-ruah ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik oleh warga sekitar agar bisa meningkatkan perekonomian dan pariwisata desa. PT Harita Nickel sebagai perusahaan pengolah nikel di Pulau Obi memberikan bantuan kepada warga setempat terkait pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan bantuan lainnya.

Pemberian Edukasi Anak Muda Pulau Obi

Harita Nickel membangun asrama sebagai pusat pendidikan bagi generasi muda Desa Kawasi Pulau Obi serta melakukan educational campaigns untuk meningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi Pulau Obi. Melalui bantuan ini anak muda di Pulau Obi dapat menggali potensi dan kemampuan mereka serta meningkatkan kualitas SDM di Pulau Obi

Sentra Usaha Tani Nelayan (SUTAN)

Sentra Usaha Tani Nelayan (SUTAN) merupakan pusat kegiatan usaha tani yang didirikan di Desa Kawasi, Kecamatan Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara. SUTAN ini dilengkapi dengan dua unit cool storage berkapasitas 500 kg/unit sebagai tempat penyimpanan hasil tangkapan nelayan Desa Kawasi Pulau Obi. SUTAN ini merupakan percontohan pengelolaan hasil tangkapan skala kecil yang modern untuk membangkitkan semangat para nelayan dalam mencari ikan.

Dengan melimpahnya hasil tangkapan, cool storage menjadi sangat berguna untuk mempertahankan kualitas ikan yang ditangkap nelayan agar tidak cepat busuk. Sehingga kualitas ikan masih terjaga saat disuplai ke perusahaan. Adanya program SUTAN ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing para nelayan.

Penyediaan Instalasi Listrik

Desa-desa di Halmahera Selatan sebagian besar belum terpasang instalasi listrik. Harita Nickel melalui program 100% Terang membantu penyediaan instalasi listrik bagi 36 bangunan di Desa Kawasi Pulau Obi. Penyediaan instalasi listrik ini akan dilakukan secara bertahap ke seluruh desa-desa yang ada di Halmahera Selatan terutama sekitar Pulau Obi

Menyalurkan Tenaga Kesehatan

Saat ini warga di Pulau Obi masih kesulitan mendapatkan pengobatan karena minim sarana dan keterbatasan tenaga medis. Harita Nickel juga memberikan bantuan berupa penyaluran tenaga kesehatan ke desa di Pulau Obi. Melalui bantuan ini bisa memfasilitasi masyarakat sekitar untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan dengan lebih mudah.

Bantuan yang diberikan Harita Nickel berguna untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan nelayan dan masyarakat di Desa Kawasi Pulau Obi. Dengan adanya bantuan-bantuan tersebut bisa juga berdampak baik bagi perekonomian desa setempat sehingga kesejahteraan hidup semakin baik pula.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *