Pementasan Teater Komunitas Ranggon Sastra

komunitas rangon sastra

Dalam rangkaian Program Kerja “Pementasan July” Komunitas Ranggon Sastra mempersembahkan pertunjukan teater Lakon Kebo Nyusu Gudel.

Sebelum membahas Kebo Nyusu Gudel, pada kesempatan ini Komunitas Ranggon Sastra ingin terlebih dahulu memaparkan sekaligus mengajak pembaca menyelami ritus dari Perwatakan Weton sebagai (hari kelahiran). Berdasarkan perwatakan weton, Sabtu Kliwon memiliki neptu 17. Dalam weton, dijabarkan perihal watak, sifat, hingga keberuntungan. Pada umumnya pemilik weton neptu 17 ini memiliki watak yang dapat dikatakan gila hormat; senang pamer dan suka dipuji tapi juga suka mengalah . Di sisi lain juga sesungguhnya tidak sepenuhnya demikian, pemilik weton neptu 17 juga cenderung sopan dan ramah dan baik budiperkertinya.

Komunitas Ranggon Sastra kemudian menginterpretasikan hal tersebut dalam wujud rangkaian pementasan teater. Pementasan teater yang dalam ruh nya ingin mengangkat kebudayaan tradisional Jawa, juga menjadi pengingat masyarakat luas bahwa orang tua juga dapat belajar untuk mendapatkan ilmu ke yang lebih muda. Belajar ke yang lebih muda, tidak kemudian menghilangkan kewibawaan dan rasa hormat. Ruh tersebut ditiupkan dalam sebuah lakon yang tertuang dalam naskah pementasan Kebo Nyusu Gudel.

Kebo Nyusu Gudel

“Kebo Nyusu Gudel” berdasarkan perwatakan weton, sangat berhubungan dengan pribahasa Jawa. Kebo Nyusu Gudel menggambarkan situasi orang tua, tetua, pelaku pemangku yang mau tidak mau harus belajar atau mengharap hingga meminta bantuan kepada anak-anaknya. Anak, dalam konteks ini diartikan sebagai kaum muda, atau dengan kata lain orang tua yang seharusnya mengasuh dan menghidupi anaknya, Kebo Nyusu Gudel terbalik harus menggantungkan hidupnya kepada anaknya. Bagaimana Set “Kebo Nyusu Gudel” yang dikemas dalam pertunjukan teater? Mari kita saksikan pada Sabtu 23 Juli 2022. Gedung Perpusnas Lt 2.

Digagas oleh Komunitas Ranggon Sastra

Produser: Ikhtiar Saputra Aksan –
Sutradara: Al Reza
Astrada: Afif Permana
Pemain: Bob Sulis, Aby G D, Okky Olivia, Ilhan Manziz, Tiara Mega, Shodiq RnR
Manager panggung: Blek si hitam.
Penata panggung: Birgon
Penata lampu: Heru Taska
Penata Musik: Dimas Fiqih
Properti: Diah Ayu
Penata Rias: Nazila khoirunnisa
Penata kostum: Dea Artika.

Narahubung

0858-9238-5156 Syahbilla
0881-0245-55962 Fatimah

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *