Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus

sekolah inklusi

Sekolah Inklusi adalah sekolah yang menyambut semua golongan siswa/i tanpa memandang kebutuhan pendidikan, etnis, jenis kelamin, kelompok ekonomi, hingga latar belakang sosial. Anak dengan kebutuhan khusus mungkin akan mengalami kesulitan jika bersekolah di sekolah umum. Oleh karena itu, para orang tua dengan anak berkebutuhan khusus bisa mendaftarkan anaknya bersekolah di sekolah Inklusi.

Di dalam artikel ini, Penalis akan membahas mengenai sekolah inklusi. Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf pembuka, mendaftarkan anaknya ke sekolah inklusi merupakan salah satu upaya orang tua dengan anak berkebutuhkan khusus untuk dapat memenuhi kebutuhan anak nya dengan tepat. Adapun beberapa hal mengenai sekolah inklusi adalah sebagai berikut.

Mengakomodir Kebutuhan Keluarga Anak Berkebutuhan Khusus

Sekolah Inklusi juga memberikan dukungan yang penuh kepada keluarga atau orang tua anak berkebutuhan khusus, dengan berupaya memberikan manfaat agar orang tua dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat umum. Berbagai metode dilakukan, misalnya dengan mengadakan pertemuan sesama orang tua, guna memberikan manfaat sosial yang diharapkan dapat dirasakan sebagai manfaat pendukung orang tua anak berkebutuhan khusus.

Mengobservasi Kebutuhan Anak Dengan Khusus.

Sekolah Inklusi menawarkan banyak dukungan untuk anak berkebutuhan khusus. Setiap siswa akan diberikan dukungan sesuai dengan yang ia butuhkan. Sekolah Inklusi akan menilai anak berkebutuhan khusus dengan memulainya dengan observasi yang dilakukan oleh pendidik psikolog, terapis wicara, terapis okupasi, dan tenaga ahli yang akan disesuaikan. Karena observasi adalah tahapan yang sangat penting untuk mengetahui dan memenuhi kebutuhan untuk anak berkebutuhan khusus.

Tenaga Pengajar yang Intens

Dengan adanya observasi kebutuhan khusus, anak dan guru di sekolah inkulsi akan intens dan fokus dalam praktek belajar mengajar. Guru akan menjadi tenaga pendukung yang mendidik anak berkebutuhan khusus dengan tepat, baik dan optimal. Guru di sekolah inklusi memahami dengan sangat baik sikap mengajar dan belajar menyesuaikan kebutuhan khusus anak.

Demikianlah pembahasan mengenai sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khusus yang dapat penalis tuliskan, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.