Pendidikan Membangun Peradaban

pendidikan membangun peradaban

Pendidikan manjadi hal penting membangun peradaban, pendidikan membangun proses pembelajaran. Belajar membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu, membuat orang yang tidak bisa menjadi bisa dan membuat orang tidak paham menjadi paham.

Jenis pendidikan dibagi menjadi tiga, yaitu:

Pendidikan Formal

Sepertinya kita semua sudah tahu pendidikan formal ini, ialah pendidikan yang sudah diatur dalam suatu sistem yang dimiliki oleh negara atau badan. Contohnya di Indonesia pendidikan formal dimulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, Sarjana, dan seterusnya.

Pendidikan Non Formal

Ialah pendidikan yang dalam pelaksanaan pembelajarannya berada di luar pendidikan formal namun memiliki kesetaraan atau bisa menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran yang diterapkan di pendidikan formal. Contohnya khursus, pelatihan, kelas bermain dan lain sebagainya.

Pendidikan Informal

Pendidikan yang berasal dari keluarga, sahabat, dan lingkungan agar pelaksana pedidikan dapat belajar dengan kesadaran diri. Contohnya seperti pendidikan perihal agama, moral, adab, dan hal-hal yang didapat melalui ilmu sosial dan tingkat kesadaran diri.

Dari ketiga jenis pendidikan itu semuanya harus dikembangkan dengan baik, karena menurut penalis semakin lengkap pendidikannya maka tingkat kesadaran dalam diri seseoranng atau lembaga bahkan negara akan lebih baik.

Mampu melahirkan peradaban yang baik, berperikemanusiaan dan sistematis.
Siap menghadapi perubahan dan bahkan mampu menjadi pemimpin dunia.

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan genting dari masa ke masa, karena pendidikan akan membangun kesadaran dan kesadaran mampu melakukan apapun dan menghasilkan apapun yang menjadi upaya lahirnya peradaban yang baik.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *