Pendidikan Wajib Bagi Anak, Pendidikan dan metode pembelajaran STEAM

pendidikan anak

Peran keluarga, terutama orang tua adalah memberikan segala yang terbaik untuk anaknya. Perkembangan zaman yang semakin pesat, membuat tidak ada waktu bagi siapapun berleha-leha Waktu tidak akan menunggu siapapun, waktu akan terus berjalan berkembang menuju masa yang semakin maju. Setiap insan harus memiliki persiapan untuk perjalanan yang akan dilaluinya, agar saat mengarungi kehidupan, tidak mengalami kesusahan berpacu dengan waktu.

Bekal yang wajib diberikan oleh orang tua kepada anaknya salah satunya adalah pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu pondasi penting yang dibutuhkan oleh anak untuk bekal diperjalanan kehidupannya. Memilih dan memberi pendidikan yang terbaik ialah merupakan salah satu peran orang tua. Adapun pendidikan yang wajib bagi anak adalah sebagai berikut

Sains

Jika mendengar kata sains, yang terlintas di pikiran kita adalah ilmuan di dalam laboratorium yang sedang meneliti sesuatu. Mencoba membahas lebih dalam lagi mengenai pendidikan sains, Penalis ingin membagikan bahwa paradigma belajar sains telah mengalami perubahan yang luar biasa. Paradigma lama belajar sains adalah mempelajari sains dengan memasukannya ke dalam kurikulum belajar, membaca buku tantang ilmuan dan temuan-temuannya.

Seiring berjalannya waktu paradigma itupun mengalami pembenaran bahwa belajar sains adalah sebuah kegiatan sains untuk mendapatkan pemahaman dengan melakukan metode ilmiah yaitu proses dari penemuan masalah, pengumpulan informasi, penyusunan hipotesis, pengujian hipotesis hingga pengambilan kesimpulan untuk mengambil keputusan atau pengembangan.

Belajar sains bagi anak ialah kegiatan belajar yang kontruktivis, kontekstual, berpikir kritis, dan pemecahan masalah. Hingga anak dapat memahami hukum dari sebuah proses untuk kemudian mampu berpikir ilmiah.

Teknologi

Anak harus mengenal teknologi, melek teknologi, dan update teknologi. Teknologi sangat akrab di telinga kita, tanpa disadari setiap kegiatan kita sangat dimudahkan dan dibantu oleh teknologi. Contohnya gawai yang sehari-hari kini menjadi sebuah manfaat teknologi yang mendukung pemenuhan kita terhadap kebutuhan berkomunikasi dan masih banyak lagi.

Fungsi teknologi bagi kehidupan anak dimasa hidupnya sangat penting, oleh karena itu teknologi wajib dipelajari hingga anak mengerti teknologi adalah hal yang menarik untuk terus dipelajari dan diikuti perkembangannya. Belajar teknologi bagi anak bisa dimulai dengan pengenalan dan fungsi utama dari sebuah teknologi, cara teknologi itu bekerja, dan bagaimana teknologi itu bisa tercipta.

Teknik

Pendidikan teknik bertujuan agar anak bisa membangun aturan atau sistem dalam mengerjakan sesuatu. Pelajaran teknik sangat penting bagi anak. Terutama mengenai pentingnya mematuhi aturan agar sebuah sistem dapat berjalan. Dengan demikian anak juga akan mengerti bagaimana sebuah sistem bekerja ketika belajar mengenai teknik. Pelajaran teknik dapat diterapkan kepada anak dengan mengenalkan aturan-aturan yang ada seperti arti rambu lalu litas yang memiliki arti tertentu. Memasang lego dengan panduan umum agar anak mengikuti panduan tersebut.

Seni

Seni adalah sesuatu yang indah, dinilai dari kehalusan, fungsi dan bentuknya. Pendidikan seni bagi anak bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, ketahanan fokus yang tinggi, mengasah pergerakan tangan dan panca indra. Metode belajar seni pada anak dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti menggambar, mewarnai, menonton pertunjukan seni dan masih banyak lagi.

Peran anak dalam keluarga sangat penting, oleh karena itu mempersiapkan pendidikan anak merupakan prioritas yang harus direncanakan oleh para orang tua. Semoga artikel yang penalis tuliskan ini bisa menjadi informasi dan inspirasi yang bermanfaat bagi para orang tua, agar buah hatinya menjadi generasi emas yang membanggakan.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.