Nilai-Nilai Rumah Bali

rumah bali

Beberapa unsur penting yang terkandung dalam rumah adat Bali sangat penting dan menarik untuk disimak. Tidak seperti rumah pada umumnya, rumah adat Bali memiliki unsur ketetapan yang harus dipenuhi untuk menjaga nilai-nilai luhurnya. Berpegang pada beberapa landasan seperti spiritual, konsep perwujudan, dan hubungan dengan alam membuat detail, hingga tata letak rumah adat Bali diatur sedemikian rupa. 

Penalis merangkum beberapa nilai-nilai yang terdapat pada rumah Bali sebagai berikut

Tata letak

Penempatan bangunan dan arah rumah adat Bali diatur dalam kitab Weda yang dikenal dengan Asta Kosala Kosali. Rumah bagi adat Bali, adalah miniatur alam semesta yang menjadi tempat beraktifitasnya manusia. Oleh karena itu; tata letak, sudut, dan lain sebagainya diatur untuk memenuhi nilai tersebut. Seperti sudut dan arah, sudut dari arah Utara dan Timur dianggap lebih sakral daripada sudut Barat dan Selatan. Hal itulah yang menjadi rujukan bangunan tempat ibadah atau pura rumah adat Bali dibangun di sudut bagian Utara sebelah Timur.

Bagian Rumah Adat Bali

Rumah adat Bali memiliki bagian-bagian dan fungsinya masing-masing, seperti yang tertulis pada artikel Mengenal Bali Melalui Seni Budaya. Filosofi dan fungsi dari setiap bangunan rumah Bali tersebut juga menjadi keunikan rumah Bali.

Kategori Ruangan

Terdapat tiga zona ruangan di rumah adat Bali; Utama, Madya dan Nista. Semacam tingkatan Utama yang tertinggi, Madya adalah tengah, dan Nista yang paling rendah. Utama seperti ruang tidur, tempat ibadah, Madya atau tengah seperti ruang tamu, dan Nista seperti teras ruang publik.

Tiga Unsur Keseimbangan

Rumah adat bali dibangun dengan memperhatikan tiga unsur keseimbangan yaitu manusia, alam dan dewa. Tiga unsur tersebut dimaksudkan untuk membawa tercukupinya kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan dasar manusia yang sangat dekat dengan alam dan spiritualitas untuk menjaga hubungan dengan sang pencipta.

Demikian rumah adat Bali yang salah satu seni budaya Bali yang memperkaya keberagaman Indonesia. Semoga tulisan ini turut berkontribusi agar terjaga nilai-nilai rumah kebudayaan Bali yang memiliki nilai-nilai luhur dan kental dengan kepercayaan Hindu di tengah arus modernisasi, karena setiap unsur yang membangun rumah Bali memiliki filosofi yang sangat agung dan diatur sedemikian rupa membuat rumah Bali menjadi sangat etis.  Salam Budaya!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *