Cara Mudah Melestarikan Budaya Indonesia Lewat Tren Berkain Bersama

melestarikan budaya

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan keberagamannya mulai dari bahasa, budaya, suku, dan bangsanya. Keberagaman itu membentuk satu kesatuan yaitu Indonesia. Untuk menjaga keberagaman terutama budaya yang ada Indonesia tentu perlu dilakukan upaya pelestarian. Salah satu cara mudah melestarikan budaya Indonesia adalah menggunakan produk dalam negeri.

Cara mudah melestarikan budaya Indonesia bisa dilakukan dengan hal yang sederhana seperti mempelajari budaya, ikut dalam aktivitas budaya, memperkenalkan budaya Indonesia ke global, dan tidak terpengaruh dengan budaya asing.

Mempelajari Budaya

Mempelajari budaya yang ada di Indonesia merupakan salah satu cara mudah melestarikan budaya Indonesia yang bisa dilakukan oleh semua orang. Mempelajari budaya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, umumnya budaya dipelajari di sekolah untuk mengenalkan budaya kepada anak bangsa sedini mungkin.

Namun, di era modern ini mempelajari budaya bisa lebih mudah karena dibantu dengan adanya teknologi mesin pencari. Selain itu sumber mempelajari budaya bisa juga dari buku-buku kesenian atau sejarah budaya tertentu serta bisa langsung mempelajarinya ditempat budaya tersebut berasal.

Ikut dalam Aktivitas Budaya

Setelah mengetahui dan mempelajari budaya yang ada di Indonesia langkah selanjutnya adalah ikut dalam aktivitas budaya baik itu budaya lokal daerah tempat tinggal atau budaya suku lain yang ada di Indonesia. Dengan aktif berpartisipasi dalam aktivitas budaya bisa memperdalam rasa kecintaan terhadap tanah air.

Memperkenalkan Budaya Indonesia ke Global

Cara mudah melestarikan budaya Indonesia salah satunya adalah dengan memperkenalkan budaya Indonesia ke dunia internasional agar lebih banyak yang mengetahui tentang budaya Indonesia. Caranya pun cukup mudah, bisa dengan memposting informasi atau kegiatan terkait budaya ke media sosial sehingga budaya Indonesia di mata dunia semakin diakui eksistensinya.

Tidak Terpengaruh Budaya Asing

Di era modern ini mudah sekali budaya asing masuk ke Indonesia, maka dari itu diperlukan rasa kecintaan tanah air yang kuat agar tidak terpengaruh budaya asing

Bangga dengan Produk Lokal

Selain itu cara mudah melestarikan budaya Indonesia bisa dengan menggunakan produk-produk budaya dalam aktivitas sehari-hari. Menggunakan produk dalam negeri seperti batik, kebaya, gerabah, kain tenun, dan lainnya merupakan langkah mudah melestarikan budaya. Produk UMKM juga termasuk produk lokal yang sebaiknya dijaga dan dilestarikan.

Contoh konkrit dari cara mudah melestarikan budaya Indonesia adalah dengan tren Berkain Bersama yang muncul di kalangan anak muda.

Tren Berkain Bersama menjadi cara mudah melestarikan budaya Indonesia dengan menggunakan kain batik dalam aktivitas sehari-hari. Melalui tren Berkain Bersama anak muda jadi dengan bangga menggunakan kain batik ke kampus, kantor, atau ketika berpergian karena batik budaya Indonesia yang mendunia.

Sebelum ada tren Berkain Bersama ini, kain batik hanya digunakan ketika acara formal saja seperti upacara adat, pernikahan, lamaran, dan ketika kondangan. Pandangan anak muda terhadap kain batik adalah sesuatu yang kuno dan ketinggalan zaman, namun sejak adanya tren Berkain Bersama ini membuat pandangan anak muda terhadap kain batik jadi berubah.

Berkat tren ini anak muda jadi bangga menggunakan kain batik dipadukan dengan outfit modern. Lewat tren ini kain batik jadi semakin dikenal masyarakat luas hingga internasional. Anak muda banyak membagikan momen Berkain Bersama ke sosial media dengan hastag #BerkainBersama. Munculnya tren Berkain Bersama ini menunjukkan bahwa budaya tradisional Indonesia bisa menjadi tren modern yang tidak kalah dengan tren lainnya.

Ide Mempadupadankan Kain Batik

Kain batik bisa dipadupadankan dengan outfit modern lainnya seperti jaket, boots, kemeja, dan aksesoris lainnya. Berikut contohnya.

Kain Sebagai Bawahan

Cara paling mudah menggunakan kain adalah dengan dijadikan sebagai bawahan. Kain bisa diikat dengan beberapa model dipadukan dengan atasan yang senada. Untuk acara semi formal Anda bisa gunakan kaos, kemeja, dan sweater sebagai atasan. Sementara untuk acara formal Anda bisa gunakan blazer, kebaya, atau cardigan.

Kain Sebagai Atasan

Kain batik juga bisa dijadikan sebagai outer atau kemben. Motif batik pada kain akan memberikan look yang elegan saat digunakan sebagai atasan. Tips memadukan kain sebagai outer bisa dengan menggunakan celana atau rok polos yang senada. Sedangkan jika Anda menggunakan kain sebagai kemben bisa dipadukan dengan blazer untuk menambah kesan elegan.

Kain Sebagai Dress

Kain batik cantik jika dijadikan sebagai dress. Untuk menggunakan kain sebagai dress Anda harus mempelajari teknik lipat dan ikatan untuk membentuk look yang diinginkan. Dress kain batik bisa digunakan pada acara-acara semi formal maupun formal.

Sebagai generasi Indonesia kita harus menjaga dan melestarikan budaya Indonesia maka dari itu cara mudah melestarikan budaya Indonesia diatas dengan menggunakan kain batik bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Cara mudah melestarikan budaya Indonesia di atas bisa juga sebagai bentuk promosi budaya ke dunia Internasional.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *