Manfaat dan Fungsi Seni

manfaat fungsi seni

Seni adalah bakat seseorang membuat sebuah karya yang dinilai dari mutu dan kualitas keindahan, kehalusan, fungsi, bentuk dan makna nya. Banyak sekali definisi seni jika dilihat dari berbagai segmen. Seni dianggap kegiatan manusia yang dekat dengan keindahan, baik itu keindahan visual, audio, dan rasa yang dihargai manusia dengan emosi karena makna yang terkandung di dalamnya.

Seni dibagi menjadi dua jenis yaitu seni murni dan seni terapan. Seni murni adalah seni yang dihasilkan dari perasaan atau bentuk ungkapan dari pembuatnya, seperti seni music, seni lukis, seni patung dan lain sebagainya. Seni terapan adalah ketika seni berguna untuk hal lain seperti berkesenian dengan membuat desain grafis, desain interior pembangunan, sketsa pembangunan gedung, dan masih banyak lagi

Seni dianggap sulit dinilai karena keindahan merupakan penilaian yang tidak bisa diukur atau subjektif. Keindahan dari sebuah seni tergantung dari orang yang menilainya. Setiap orang memiliki penilaian terhadap sebuah karya sesuai keinginan dan ketertarikannya masing-masing. Adapaun manfaat seni dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut

Seni Sebagai Kepuasan Diri Sendiri

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki dorongan di dalam dirinya, memiliki keinginan masing-masing tergantung dari pengalaman atau keadaan yang dialaminya. Seni bisa menjadi media melakukan dorongan atau minat untuk mendapatkan kepuasan bagi individu masing-masing Seperti seseorang yang bernama Dani yang tertarik dengan keindahan alam, berkesenian di alam yang indah akan membuat orang tersebut mengalami kepuasan yang mungkin hanya bisa dirasakan oleh Dani seorang.

Seni Sebagai Media Ekspresi Penyampai Pesan Keinginan

Meskipun kepuasan berkesenian setiap orang berbeda-beda karena tergantung dari minat masing-masing berkesenian akan tetap memiliki sebuah karya yang dapat dipertunjukan. Karya tersebut tentu memiliki makna yang beragam. Sebuah karya dapat dijadikan media ekspresi yang mampu menyampaikan pesan atau ekspresi dari seniman yang membuat karya tersebut. Misalnya pada karya seni Puisi, makna yang terkandung dalam karya seni puisi biasanya mengandung sebuah pesan/keadaan yang ada dipikiran penulisnya.

Seni Sebagai Metode Pendidikan

Seni adalah bakat yang ada pada setiap individu, oleh karena itu seni juga dapat dijadikan sebagai media untuk belajar guna mengasah bakat atau memicu fungsi indra dan motorik. Belajar seni adalah suatu hal yang menyenangkan karena berkesenian dilakukan dengan minat masing-masing sesuai keinginan. Tentunya melakukan sesuatu atau belajar apapun jika dilakukan dengan cara berkesenian yang disesuaikan dengan keinginan masing-masing akan sangat menyenangkan. Jalur pendidikan yang akan ditempuh juga akan lebih dekat pada keberhasilan.

Seni Sebagai Media Hiburan

Berkesenian akan menghasilkan sebuah karya yang dapat dipertontonkan atau ditunjukan ke khalayak banyak. Seni dapat menjadi media hiburan karena daya tariknya. Suatu karya yang indah dan berkualitas tentu akan menarik orang banyak yang dapat menjadi media hiburan, di tengah kepenatan aktivitas yang padat, tentu menyaksikan pertunjukan seni akan menjadi hal yang sangat menyenangkan.

Seni Sebagai Media Religi

Fungsi seni sebagai media kepercayaan dalam ruang lingkup kehidupan manusia untuk menyampaikan wahyu atau pesan religi juga peringatan-peringatan sebagai perwujudan dari sebuah kepercayaan. Contoh dari peran seni sebagai media religi adalah candi yang di dalamnya terdapat relief yang menggambarkan ilustrasi dari kitab suci suatu agama, upacara adat yang diperingati berdasarkan religi, dan lain sebagainya.

Begitu banyak fungsi dan peran seni. Semoga sahabat Penalis mendapatkan manfaat setelah membaca artikel ini. Berkesenian memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sekitar kita, oleh karena itu mari manfaatkan seni sebagai alat menuju sesuatu yang lebih baik. Salam kreatif!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.