Daftar Tempat Wisata di Jogja untuk Teman Piknik

tempat wisata di jogja

Halo teman-teman piknik, jika sudah memutuskan untuk ke Yogyakarta. Maka berikut Penalis berikan rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bisa teman piknik sambangi selama liburan di Yogyakarta. Itinerary piknik di Yogyakarta bisa kamu tentukan sendiri, tergantung kebutuhan dan waktu yang kamu punya.

Destinasi Asik di Jogja

Wisata di daerah perkotaan Jogja ini cocok untuk yang hanya punya sedikit waktu, yang sekadar nyari tempat nongkrong di Jogja. Beberapa destinasi asik di Jogja berikut lokasinya sangat strategis, dekat dari segala tempat transportasi umum.

Jalan Malioboro

Jalan Malioboro terkenal dengan pedagang kaki lima, warung lesehan dan seniman jalanan. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, sepatu, sandal, oleh-oleh, pertunjukan musisi jalanan, lukis, dan lainnya bisa kamu temui di Jalan Malioboro. Sebaiknya main-main di Jalan Malioboro dilakukan petang menjelang malam supaya gak kepanasan juga suasana malam pastinya lebih syahdu, apalagi kalau sama si dia.

Alun-alun Selatan

Hal yang patut kamu coba saat main di Alun-alun selatan yaitu berjalan dengan mata tertutup menuju dua pohon beringin. Konon, jika kamu mempu berjalan di antara pohon tersebut, maka keinginan terdekatmu akan terkabul. Waktu yang tepat main di alun-alun yaitu saat malam, karena di alun-alun ini semakin malam, semakin ramai dan semakin seru bisa naik kereta yang ada nyala-nyalanya.

Taman Sari

Berwisata di Taman Sari hanya bisa dilakukan dari jam 9 pagi hingga 3 sore. Ada berbagai informasi mengenai Taman Sari, yaitu Taman Sari sejatinya adalah persinggahan atau tempat peristirahatan, dibangun pada tahun 1758-1765/9 di masa Sultan Hamengku Buwono I. Pada zamannya, Taman sari diperuntukan untuk banyak hal, yaitu sebagai benteng pertahanan, tempat ibadah, tempat berkumpul sultan, para puteri dan istri (selir), dan permaisuri.

Jika teman piknik pergi ke tempat wisata jogja satu ini, teman piknik bisa berfoto-foto di area pemandian, menelusuri lorong bawah tanah dan ke masjid bawah tanah yang ada tangga bercabangnya.

Wisata Candi di Jogja

Wisata candi memang ikonik banget di Jogja, rasanya kurang lengkap gitu kalau ke Jogja tapi belum mengunjungi salah satu candi di bawah ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan atau candi Roro Jonggrang Letaknya di Kecamatan Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan, Kab. Klaten, Jawa Tengah.

Teman piknik bisa untuk sekedar keliling dan berfoto menikmati maha karya sejarah Candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan didirikan pada abad ke-9 Masehi. Pembangunan candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, atau tiga dewa utama Hindu; Brahma dewa pencipta, Wisnu dewa pemelihara, dan Siwa dewa pemusnah.       

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah kuil Buddha terbesar di dunia. Terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekitar 40 km sebelah barat laut DI Yogyakarta. Candi Borobudur adalah situs bersejarah yang masuk daftar Situs Warisan Dunia.

Jika ke Candi Borobudur, sebaiknya teman piknik membawa payung, karena candi ini sangat luas dan terbuka langsung menghadap langit. Umat Buddha dari seluruh Indonesia bahkan mancanegara berkumpul di Borobudur setiap tahunnya untuk memperingati hari raya Trisuci Waisak. Salah satu tahapan dari ritual ini adalah pelepasan lampion yang manjadi ikon momen wisata Candi Borobudur.

Wisata Alam di Jogja

Bosan dengan suasana perkotaan? Tenang, Jogja juga punya banyak wisata bertema alam. Berikut ini beberapa tempat wisata alam di Jogja.

Merapi

Teman piknik bisa melakukan pendakian gunung Merapi, atau berkendara offroad di lereng gunung Merapi pakai Mobil Jeep. Naik Jeep, di jalan berdebu dan bebatuan fulkanik bersama rombongan pasti menjadi momen seru dan mengasyikkan. Kemudian melihat bentang luasnya landscape kaki gunung Merapi pasti semakin menyehatkan mata.

Goa Pindul

Gua yang letaknya di Desa Bejiharjo, Kec Karangmojo, Gunungkidul. Di Gua Pindul, teman piknik bisa menyusuri gua dengan menaiki ban pelampung, di aliran sungai bawah tanah melewati tiga zona, yaitu zona terang, remang, dan gelap sekitar gua, kegiatan ini biasa disebut cave tubing. Jangan lupa bawa baju ganti ya kalau mau ke Goa Pindul.

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger adalah salah satu wisata di Kab Bantul, banyak hal yang bisa teman piknik lakukan di Hutan Pinus Pengger, dari mulai jalan santai, foto-foto, dan menikmati senja dari ketinggian sangkar burung raksasa hingga camping. Hutan pinus selalu meyajikan pemandangan indah, udara sejuk dan menyegarkan.

Goa Jomblang

Wisata Goa yang asri, Gua ini terbentuk akibat proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi ke dasar bumi. Goa Jomblang memiliki mulut gua vertikal dengan jarak yang bervariasi antara bibir gua dengan dasarnya, ada yang mencapai 70 meter.

Jika menjelajah goa Jomblang, teman piknik akan dimanjakan pemandangan hijaunya hutan yang sangat subur di dalam goa. Hutan di dalam goa Jomblang disebut hutan purba karena merupakan tempat konservasi tumbuhan purba yang ambles ke dasar bumi membentuk goa ribuan tahun lalu.

Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di Kab. Kulonprogo. Waduk ini dibangun sebagai sumber air untuk sistem irigasi daerah Kalibawang. Waduk ini mulai dibangun tahun 1994 dan diresmikan tahun 1996.

Jika pergi ke Waduk Sermo, teman piknik akan disuguhkan pemandangan indah luasnya waduk ini. Teman piknik bisa camping, atau sekedar jalan-jalan manja di waduk ini.

Wisata Pantai di Jogja

Ada banyak sekali wisata pantai di Jogja, teman piknik bisa mengunjungi beberapa pantai favorit di Yogyakarta sebagai berikut:

  • Pantai Indrayanti
  • Pantai Pok Tunggal
  • Pantai Drini
  • Pantai Nglambor
  • Pantai Parangtritis
  • Pantai Ngobaran
  • Pantai Glagah
  • Pantai Sepanjang
  • Pantai Ngrenehan
  • Pantai Pasir Kadilangu
  • dan masih banyak lagi

Itulah beberapa rekomendasi destinasi atau tempat wisata di Jogja yang dapat Penalis rangkum untuk teman piknik.

Selamat piknik!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *