Destinasi Wisata Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi

wisata lombok

Lombok memiliki pesona pantai yang indah dan megah. Selain pantai, salah satu ikon wisata Lombok adalah pendakian Gunung Rinjani. Lombok mulai berbenah diri di bidang pariwisata. Fasilitas dan sarana yang mendukung sektor pariwisata mulai dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar. Selain memiliki daya tarik wisata, Lombok juga memiliki daya tarik sejarah, kuliner, seni budaya yang tak kalah seru untuk disimak. 

Wisata Gili

Gili Trawangan Instagram
Gili Trawangan – Instagram lauraxfinn

Ada tiga kepulauan gili di Lombok yang sangat popular, yaitu Gili Trawangan, Gili meno, dan Gili Air.
Masing-masing dari Gili memiliki ciri khasnya sendiri. Gili Trawangan identik dengan pantainya yang indah dan banyak terdapat wisata kuliner yang lengkap. Kemudian Gili Meno, menonjol dengan pantainya yang indah dan aktifitas menyelam atau snorkeling. Untuk menuju Gili Meno wisatawan harus menuju Gili Trawangan terlebih dahulu, baru kemudian ke Gili Meno. Terakhir adalah Gili Air, memiliki tempat makan romantis yang biasa banyak diminati pasangan yang berbulan madu. Suasana di Gili Air sangat tenang dan memiliki sunset yang indah.

Gunung Rinjani

Gn Rinjani Instagram heriiicandraa
Gn Rinjani – Instagram heriiicandraa

Gunung Rinjani adalah Gunung merapi tertinggi ke-2 di Indonesia setelah Carstensz-Papua. Wisata pendakian Gunung Rinjani menjadi destinasi favorit para pencinta alam. Keindahan alam selama pendakian sangat menghipnotis para pecinta alam di gunung berketinggian 3.726 mdpl ini. Jika kamu melakukan pendakian Gunung Rinjani, kamu akan bertemu medan yang lengkap, seperti savana, bukit, batu, dan hutan. 
Pemandangan puncak Gunung Rinjani begitu indah. Lelah selama pendakian terbayar setelah sampai di puncak.

Desa Sade

Desa Sade Instagram sifauziah18
Desa Sade – Instagram sifauziah18

Desa atau dusun Sade berada di Rambitan Punjut, Lombok Bagian Tengah. Pendukuk Desa Sade dikenal dengan suku Sasak. Keunikan dari desa Sade ialah suku Sasak yang masih berpegang pada keaslian desa, sebagai cermin suku asli di Lombok “Sasak Lombok”. Menjadi keunikan karena meski desa Sade berada di tengah kemajuan sekitar, namun tetap menjaga nilai-nilai dan keaslian dari suku Sasak. Tempat tinggal tradisional dan aturan-aturan adat suku Sasak masih sangat kental di terapkan disana. Jika kamu berkunjung ke desa Sade, tidak perlu khawatir, karena kamu akan dipandu oleh perwakilan suku Sasak yang akan selalu menyambut kedatanganmu dengan ramah, kemudian kamu akan diajak berkeliling desa sambil mendengarkan penjelasan rinci tentang suku Sasak. 

Pantai Selong Belanak

Selong belanak Instagram sifauziah18
Pantai Selong Belanak – Instagram sifauziah18

Pantai Selong Belanak menjadi salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi karena pemandangannya begitu indah dan megah di antara banyak pantai di Lombok. 
Pasir putih yang sangat halus, pemandangan yang memukau adalah daya tarik dari pantai ini. Tiket masuk pantai Selong Belanak gratis, hanya ada biaya parkir Rp5.000 untuk motor, Rp10.000 untuk mobil. Banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Selong Belanak, seperti berselancar, berjemur, berenang, atau sekadar main pasir dan bersua foto.

Pantai Senggigi

pantai sengigi Instagram meycynthia
Pantai Senggigi – Instagram meycynthia

Pantai Senggigi ramai dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain keindahan dan kemegahan pemandangannya, pantai Senggigi juga terkenal dengan fasilitas wisata yang lengkap. Penginapan, kuliner, berselancar, mancing, dan lain sebagainya menjadi keunggulan Pantai Senggigi. Tiket masuk ke pantai Senggigi sangat terjangkau, hanya Rp15.000 dan buka selama 24 Jam.

Bukit Pergasingan

bukit pergasingan instagram familyearthtrek
Bukit Pergasingan – Instagram familyearthtrek

Bukit Pergasinan terletak di kawasan Sembalun, dekat Gunung Rinjani.
Untuk mencapai Bukit Pergasingan, dapat ditempuh dengan perjalanan melalui Desa Sembalun Lawang, kemudian lanjut ke pintuk masuk pendakian bukit Pergasingan. Perjalanan atau pendakian ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 3 jam. Pendakian yang singkat, karena ketinggian bukit Pergasingan hanya 1670 mdpl. Keindahan pemandangan bukit di kelilingi sawah warna-warni yang luas menjadi daya tarik Bukit Pergasingan. Bukit Pergasingan juga kerap menjadi destinasi wisata lombok alternatif saat pendakian Gunung Rinjani ditutup.

Taman Narmada

Taman Narmada Instagram azofaaulia
Taman Narmada – Instagram azofaaulia

Taman favorit di Lombok, Taman Narmada, dibangun di atas tanah seluas 2 hektar, pada tahun 1727 oleh raja Mataram. Taman Narmada kala itu dibangun untuk tempat peristirahatan raja Mataram. Terdapat pura, Balai dan telaga yang sangat kental denga kepercayaan Hindu. Pada hari sabtu dan minggu Taman narmada selalu ramai dikunjungi para wisatawan, tak sedikit juga pelajar yang belajar sejarah di tempat wisata ini.

Demikian tempat wisata Lombok yang wajib kamu kunjungi. Jika sudah sampai Lombok, sebaiknya kamu nyebrang ke Bali. Banyak wisata pantai Bali yang juga harus kamu datangi. Salam Lestari.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *