Persiapan Wisata; Liburan ke Pantai

wisata ke pantai

Sejalan dengan pikiran dan jadwal kerja yang terisi penuh, rasa ingin berlibur meluap-luap dalam pikiran. Jika sudah sampai pada tahap jenuh dengan semua kesibukan dan pekerjaan, adalah pertanda bahwa kamu butuh piknik.

Piknik bisa dilakukan dengan berbagai cara dan pilihan, yakni; pilihan tempat, pilihan tema,n dan masih banyak lagi. Ketertarikan akan piknik setiap orang berbeda-beda, karena setiap orang mempunyai jalannya masing-masing dalam memperoleh kenyamanan selama berlibur atau piknik.

Beberapa orang dapat mencapai kenyamanan berpiknik apa bila mendapatkan pengalaman baru. Untuk mendapatkan hal baru, tentu juga harus melakukan hal baru. Misal berpiknik ke tempat yang baru, atau piknik dengan orang baru, atau dengan cara yang berbeda dari sebelumnya.

Nah! Kali ini Penalis akan membahas persiapan apa saja yang harus disiapkan jika kamu ingin berpiknik ke pantai. Untuk kamu yang baru pertama kali ke pergi ke wisata pantai, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat untuk kamu baca.

Makanan

Kenapa harus mempersiapkan makanan? Apakah ada makanan yang khusus untuk pergi ke pantai? Pergi ke pantai bisa melalui taman rekreasi pantai, atau pergi ke suatu pulau yang banyak pantainya. Jika kamu pergi ke taman rekreasi, mungkin tidak perlu khawatir terhadap makanan yang harus kamu siapkan, karena di taman rekreasi atau seperti wisata pantai di Bali biasanya sudah banyak dijajakan makanan oleh toko yang bekerja sama dengan penglola taman rekreasi tersebut.

Tapi, jika kamu ke pantai di kepulauan yang letaknya berada di tegah laut lepas, apakah kamu yakin ada toko di pulau tersebut? Oleh karena itu, saat kamu ingin pergi ke pantai, pastikan sekali lagi, pantai seperti apa yang akan kamu kunjungi.

Jika itu taman rekreasi, maka bekal makananmu aman. Namun jika pantai lepas di sebuah pulau tengah laut, sebaiknya kamu bekal makanan yang mudah disajikan seperti cokelat, mie instant, roti dan sebagainya. Agar saat lapar datang, kamu tidak perlu repot menyiapkan makanan. Tentu saja kamu tidak akan nyaman jika harus menyiapkan makanan bersama dengan cipratan air laut atau hembusan angin yang bermuatan pasir.

Pakaian

Pantai itu indah, tapi gerah. Itu kata sahabatku yang tinggal di Bogor. Maklum, Bogor kota hujan, pasti hawanya dingin, ya… opiniku saja; mungkin dia tidak terbiasa dengan atmosfir pantai. Tapi memang pantai pinggir laut yang beralaskan pasir putih, tentu tidak ada pohonnya. Jadi terik matahari langsung ke kulit. Oleh karena itu untuk kamu yang pergi ke pantai sebaiknya jangan pakai jaket atau pakaian berlapis-lapis. Karena kata sahabatku, pantai itu indah, tapi gerah!

Beberapa orang malah memakai pakaian seminim mungkin, setipis mungkin dan sesimpel mungkin. Berpakaian minim di pantai bukan berarti tidak senonoh ya. Karena memang untuk mendapatkan kenyamanan berwisata di pantai, sebaiknya pakaian yang kamu kenakan bisa menyesuaikan. Pilih warna terang agar tidak menyerap sinar matahari.

Aksesoris

Aksesoris kan hanya pelengkap, kenapa harus dibahas? Memang iya, namun jika kamu berwisata pantai, aksesoris bukan hanya berperan sebagai pelengkap, namun juga sebagai pelindung. Aksesoris wajib yang harus kamu bawa saat wisata pantai adalah topi, kacamata hitam dan sandal.

Topi

Topi berfungsi untuk melindungi kulit kepalamu tersengat langsung sinar matahari. Menghindari risiko sakit kepala. Tidak ada salahnya memakai topi. Tentunya kamu tidak ingin sakit kepala di tengah piknik lucu yang seharusnya diisi canda dan tawa.

Kacamata Hitam

Kacamata hitam sangat berguna untuk melindungi mata. Bukan hanya dari debu, namun lagi-lagi dari sinar matahari.

Sandal

Sandal adalah hal wajib yang kamu bawa. Tentunya kalau ke pantai pakai sepatu, nanti kalau sepatumu basah terkena ciptratan ombak akan susah kering nya. Bukan tidak mungkin nanti malah jadi infeksi bakteri atau kakimu akan beraroma kurang sedap.

P3K

P3K pribadi wajib kamu bawa, kemanapun destinasi pikniknya. Kepantai ada hal lain yang wajib, yaitu tabir surya atau sun blog. Mengurangi resiko iritasi pada kulit yang terkena langsung cahaya matahari. Bagi kaum kamu yang tidak mau menghitam, jangan sampai ketinggalan ya tabir surya nya.

Demikian persiapan liburan wisata pantai yang bisa Penalis sampaikan. Jika berlibur di musim hujan tentunya akan diperlukan persiapan ekstra piknik di musim hujan. Kemanapun tujuannya; di mana bumi dipijak, di situ langin dijunjung. Tetap bersikap ramah, sopan dan berlakulah sebagai tamu. Salam Piknik!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

1 Response

  1. Kyndaerim says:

    Baru tau dong kalau P3K adalah termasuk tabir surya kalau tujuannya ke pantai, haha..

    Sebagai perantau yang tinggal di Bali, memang salah satu destinasi wisata terjangkau ya pantai. Nahkan, jadi pengen ke pantai aku tuh, hihi..

Leave a Reply

Your email address will not be published.