Semangat Perjuangan, Hingga Tempat Kuliner Surabaya yang Menggoyang Lidah

kuliner surabaya

Setiap kota di Indonesia memiliki khas dan cita indahnya masing-masing. Sabang sampai Marauke berjajar pulau-pulau dengan pernak-pernik budaya yang sangat berwarna. Setiap kota di Indonesia yang sudah pernah dikunjungi pasti memiliki kenangan dan warna indahnya masing-masing. Salah satunya adalah kota Surabaya. Berada di Pulau Jawa bagian timur, Kota Surabaya adalah ibukota Propinsi Jawa Timur. Surabaya memiliki beberapa ikon yang menggambarkan khasnya yaitu patung ikan Sura dan Buaya, Tugu Pahlawa karena dikenal sebagai kota pahlawan dan berbagai macam kuliner Surabaya yang sangat khas.

Kisah dan Makna Patung Sura dan Buaya

Setiap kota memiliki cirinya masing-masing, seperti itu juga kota Surabaya yang memiliki patung ikan Sura dan Buaya. Penalis akan membahas makna, kisah dan arti dari patung ikan Sura dan Buaya yang menjadi ikon dari kota Surabaya.

Kisah Patung Sura dan Buaya

Dikisahkan cerita rakyat bahwa ikan Sura (hiu) tengah berkelahi dengan Buaya di tengah lautan yang sangat luas untuk memperebutkan kekuasaan. Perkelahian terjadi dengan sangat dahsyat, hingga disepakati bahwa ikan Hiu berkuasa di lautan dan Buaya berkuasa di sungai. Pada suatu ketika ikan-ikan dilautan habis, hingga sang Hiu terpaksa mencari mangsa sampai ke sungai. Karena merasa daerah kekuasaannya diusik, Buaya pun datang mencari Hiu yang masuk ke sungai. Pertengkaran yang dahsyat kembali terulang. Perkelahian tersebut tidak dimenangkan oleh siapapun dan berakhir dengan Hiu yang kembali ke laut dan Buaya yang tetap mempertahankan sungai sebagai daerah kekuasaannya.

Makna dari Patung Sura dan Buaya

Patung ikan Sura dan Buaya sebagai ikon kota Surabaya menggambarkan simbol keberanian. Dalam kondisi apapun, tidak gentar terhadap ancaman dan rintangan. Makna dari patung ikan Sura dan Buaya ini diteladani oleh pemuda “arek-arek” Suroboyo. Mereka menerapkan sifat yang berani hingga banyak arek-arek Surabaya yang menyandang gelar pahlawan dari kota Surabaya.

Kuliner Surabaya

Selain semangat yang berkobar, kota Surabaya juga memiliki wisata kuliner yang sangat wajib untuk dikunjungi dan dicicipi diantaranya:

Chirashi Zushi Surabaya

Chirashi Zushi Surabaya berada di Jl. Nginden No.30, Baratajaya, Gubeng, Kota Surbaya. Chirashi Zushi Surabaya merupakan tempat makan sushi, ramen, udon dan khas makanan jepang lainnya dengan rasa dan harga yang mantap serta terjangkau.

Chirashi Zushi Surabaya sebuah restoran makanan dengan menu lengkap ala jepang yang lengkapdan juga harganya reletif terjangkau. Varian menu yang disajikan di Chirashi Zushi Surabaya sangat banyak, antara lain Teriyaki, Bento, Sushi, Ramen, Abuyaki, Takoyaki Donburi, hingga cemilan kedelai edamame.

Jika makan di Chirashi Zushi Surabaya kamu tidak usah khawatir mengenai harganya, karena di Chirashi Zushi memang memilki harga yang pas untuk kantong anak Kost. Harga makanan di Chirashi Zushi Surabaya mulai dari Rp.18.000. sangat terjangkau bukan? Pelayanan di Chirashi Zushi Surabaya juga cukup cepat. Jangan lupa mampir ke Chirashi Zushi Surabaya kalau cari makanan jepang dengan harga terjangkau di Surabaya, ya!

Warung Kongde Mbak May

Kuliner Surabaya Warung Kongde Mbak May berada di Jl Bubutan 2, Alun-alun Contong, Bubutan. Jam operasinalnya dari pukul 07.00 pagi hingga 15.00 sore WIB.

Menu makanan di Warung Kongde Mbak May yang paling spesial adalah nasi cumi hitam dengan lauk telur bumbu bali, paru goreng, peyek udang, dan sambal pencit. Ada juga lauk menu rumahan seperti, tumis buncis, lodeh tewel dan sayur sop. Jika ke kota Surabaya dan ingin makanan rumahan yang enak kamu wajib mampir ke Warung Kongde Mbak May, khusus untuk pecinta cumi, pastinya kamu juga harus coba cumi hitamnya.

Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan

Tentu sudah sangat terkenal makanan favorit arek-arek Surabaya yaitu Tahu Campur H. ABD. Mahfud Asli Kalasan. Berada di Jl Kalasan, Pacar Keling, Tambaksari. Jam bukanya sejak pukul 10.30 pagi hingga 21.30 malam WIB. Menunya menawarkan makanan berkuah dengan bumbu yang khas berisi tahu, mie kuning, dan daging sandung lamur, dengan beberapa irisan selada disertai kerupuk yang membuat tahu campur menjadi sangat enak dimakan bersamaan. Sepiring menu tahu campur harganya mulai dari Rp 25.000 saja.

Lontong Balap Asli Pak Gendut

Kuliner Surabaya Lontong Balap Asli Pak Gendut lokasinya di Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo No. 11, Pacar Keling, Tambaksari. Memang rasanya ada yang kurang jika berkunjung ke Surabaya, tapi tidak mencicipi kuliner yang khas menu bumbu petis. Bumbu petis adalah teman pendamping makanan yang terbuat dari bahan utama rebusan udang atau ikan yang dimasak lagi hingga mengental seperti saus, lalu ditambahkan aneka rempah, gula hingga menghasilkan rasa gurih manis yang nikmat. Lontong Balap Asli Pak Gendut salah satunya wajib kamu coba. Jam operasionalnya dari pukul 09.00 pagi -21.00 malam WIB.

Bebek Goreng Purnama

Menurut Penalis, kuliner Surabaya Bebek Goreng Purnama menjadi sangat special karena tekstur daging bebeknya sangat lembut dan gurih serta serundeng kelapa khas. Tempatnya di Jl. Dinoyo No.IV, Keputran, Surabaya, Sudah tidak diragukan lagi karena Bebek Goreng Purnama besudardiri sejak tahun 1992, tanpa cabang. Jika kamu ke Surabaya, jangan lupa mampir ke tempat kuliner yang satu ini ya.

Demilkian tentang kota Surabaya yang dapat Penelis bagikan ke pada para sabahat Semoga dapat menjadi Informasi dan Inspirasi yang bermanfaat. Ouenak Rek!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.