Reparasi dan Modifikasi Motor Mio Sporty, New Original Spare Part (NOS) ala Anak Custom

modifikasi motor mio

Modifikasi sepeda motor bukan menjadi hal baru di dunia otomotif Indonesia. Beragam latar belakang dari modifikasi yang dilakukan seperti; menambah nilai estetika, menambah performa mesin, mengikuti kontes, dan lain sebagainya.

Di artikel kali ini Penalis akan membahas langkah-langkah reparasi sepeda motor dengan tema New Original Spare Part (NOS).

Salah satu motor terfavorit untuk direparasi NOS adalah Yamaha Mio Sporty. Sebagai motor model matic yang terbilang sukses di pasar Indonesia, look dari Yamaha Mio ini sangat unik dan simpel.

Maksud dari reparasi NOS pada motor Yamaha Mio, yaitu membuat look dari motor Yamaha Mio menjadi seperti baru, bisa juga diberi aksen tambahan agar terlihat lebih elegan, sporty, hingga pride ride yang dirasakan menjadi lebih racing.

Langkah-langkah reparasi NOS Mio Sporty ala anak costum adalah sebagai berikut.

Cek Kondisi Mesin

Sobat modif bisa memulai reparasi dengan cek kondisi mesin, apakah performa mesin masih normal. Indikasi mesin motor bermasalah yaitu saat motor dinyalakan keluar asap putih dari muffler/knalpot, suara mesin berisik saat lubang knalpot ditutup, ada rembesan oli pada body luar mesin.

Cek Pengapian dan Kelistrikan

Cek pengapian dan kelistrikan. Simpelnya jika saat digas motor tidak brebet, maka pengapiannya bagus dan jika semua lampu dan stater menyala, aki tidak soak, itu tanda kelistrikan aman.

Bongkar Sampai Menyisakan Rangka

Jika kondisi mesin, pengapian dan kelistrikan aman, reparasi dilanjutkan dengan membokar semua komponen motor sampai hanya menyisakan rangka. Cat ulang rangka untuk menghindari terjadinya karat.

Reparasi New Original Sparepart

Setelah rangka dicat, penggantian part usang dengan NOS dimulai. Pemasangan dimulai dari ban belakang, lalu naikan mesin, kemudian pasang kabel kelistrikan, pasang CVT, coba nyalakan motor. Jika semua berfungsi normal, barulah dilanjut dengan pemasangan body dan lampu.

Sampai tahap ke empat, reparasi NOS sudah selesai, tahapan berikutnya bisa dibilang modifikasi. Modifikasi yang bisa diterapkan pada hasil reparasi NOS sebaiknya tidak sampai merubah look asli dari motor. Beberapa modifikasi yang bisa dilakukan ialah sebagai berikut:

Reparasi CVT

Bongkar CVT, cek apakah van belt masih layak pakai, pulley depan drajatnya masih bagus, dan kampas pulley belakang masih tebal serta per-nya berfungsi baik. Bubut pulley depan dan belakang dengan spesifikasi tertentu agar tarikan motor lebih spontan, biasanya wajar dilakukan anak costum.

Sistem Pengereman

Sistem pengereman bisa diganti dengan merk racing, menggunakan merk yang hits seperti Brembo akan menambah kece tampilan sistem pengereman pada motor NOS.

Perbarui Velg

Untuk meningkatkan estetika, velg bisa diganti sesuai selera. Velg jari-jari untuk tampilan klasik elegan. Velg racing untuk tampilan lebih modern. Mengganti warna velg juga biasanya dilakukan menyesuaikan selera.

Standard Samping dan Tegah

Biasanya standard samping dan tengah di-croom agar lebih kinclong.

Lampu LED

Lampu yang terpasang diganti dengan model LED, menambahkan kesan modern dan penerangan yang lebih baik.

Demikian reparasi dan modifikasi NOS yang bisa sobat costum lakukan pada Yamah Mio Sporty, semoga menjadi inspirasi.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *