Rekomendasi Motor Matic Super Irit BBM

motor matic

Di tengah gempuran mobilitas yang tinggi terlebih di kota-kota besar, tentu masyarakat butuh mode transportasi yang maksimal baik dari segi kecepatan dan juga ekonomis.

Sepeda motor tentu menjadi pilihan utama bagi sebagian banyak masyarakat di kota besar, tentunya faktor efesiensi menjadi pertimbangan mutlak. Selanjutnya lebih mengerucut lagi sepeda motor matic menjadi primadona, karena praktis dan mudah dalam pengoperasiannya.

Dalam menjatuhkan pilihan jenis motor matic tentu harus banyak pertimbangannya, terlebih banyak merek yang tersebar di pasaran saat ini. Irit BBM tentu menjadi faktor yang harus sangat dipertimbangkan. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa merek motor matic yang irit BBM.

1. Honda Beat

Merek besutan dari pabrikan Honda ini tentu sudah sangat familiar untuk kita. Sudah dapat dipastikan di setiap jalan-jalan raya di sekitar kita sangat mudah untuk menemukan motor matic yang satu ini.

Sudah sangat dikenal di masyarakat pengguna motor, Honda Beat ini memiliki efesiensi bahan bakar yang sangat irit. Konsumsi bahan bakar Honda Beat dikalim mencapai 60.6 km/liter melalui metode ECE R40. Hal ini salah satunya dikarenakan adanya fitur Idling Stop System (ISS) dan injeksi PGM-FI

Untuk harga OTR di Jakarta Honda Beat 2022 di banderol mulai dari Rp 17,62 Juta sampai Rp 18,47 juta. Harga 17,62 untuk tipe Beat CBS, selanjutanya untuk tipe Baet CBS-ISS Rp 18,33 juta, dan yang paling tinggi untuk harga Rp 18,47 untuk tipe Beat Deluxe.

2. Yamaha FreeGo

Yamaha FreeGo sebagai salah satu sekuter keluaran Yamaha yang bisa dikatakan paling irit BBM. Tercatat Yamaha FreeGo memiliki efesiensi konsumsi bahan bakar yang mencapai 44,8 km/liter.

Yamaha FreeGo yang dibekali mesin berkapasitas 125 cc ini juga dibekali dengan fitur Stop & Start System (SSS) yang membuat konsusmsi bahan bakarnya menjadi lebih irit. Kelebihan lainnya yag dimiliki FreeGo ini adalah desaiinya yang stylish sehingga terlihat lebih menawan.

Di pasaran motor matic Yamaha FreeGo terdapat tiga varian dengan harga yg berbeda pula tentunya. Varian pertama FreeGo Standard dibanderol dengan harga Rp 19,96 juta. Untuk varian kedua dengan merek dagang FreeGo S dibanderolm diangka Rp 21,52 Juta. Sedangkan untuk kelas paling atas dari Yamaha FreeGo ini dapat ditebus dengan harga Rp 23,92 Juta.

3. Honda Vario 160

Honda sepertinya tidak bisa jauh dari stigma motor irit BBM, meskipun kelasnya di atas 150 cc. besutan terbaru dari Honda yaitu motor matic Vario 160 ini cukup membuat gempar para pecinta sekuter matic. Dengan bentuk yang sangat baru dan torsi tenaganya maksimal mampu mencapai 15,1 dk pada 8.500 rpm.

Vario 160 ini juga masih bisa dijadikan pilihan sebagai sekuter matic irit BBM. Melalui metode WMTC (World-wide Motorcycle Test Cycle) EURO 3, diperoleh hasil konsumsi bahan bakar mencapai 46,9 km/liter. Hal ini didapat dari fitur (ISS) dan injeksi PGM-FI seperti pada Honda Beat.

Harga OTR Jakarta untuk Honda Vario 160 ini Rp, 26,34 Juta untuk jenis Vario 160 CBS dan untuk varian Honda Vario 160 ABS harganya mencapai Rp 29,06 Juta.

4. Suzuki Addres

Sebagai kompetitor Honda dan Yamaha, Suzuki juga punya motor matic andalannya untuk ikut bersaing dengan dua kompetitornya itu. Dalam hal irit BBM Suzuki Addres bisa menjadi salah satu pilihan juga.

Walaupun bisa dikatakan sebagai kelas ketiga namun Suzuki Addres ini juga bisa dikatakan irit BBM. Dengan kapasitas tangka 5,2 liter sekuter matic ini mampu menempuh jarak maksimal 249 km. dengan konsumsi rata-rata bahan bakar 47,9 km/liter.

Untuk harga jual, motor matic Suzuki Addres ini ada diangka Rp 18,81 Juta untuk varian Suzuki Addres Fi Standard, untuk varian kedua dengan merek dagang Addres Fi Predator harga jualnya di angka Rp 19,14 Juta. Sedangkan untuk varian paling tinggi yaitu Address Playful dibanderol dengan harga Rp 19,29 Juta.

5. Yamaha Fino Blue Core 125

Motor matic terakhir yang bisa menjadi pilihan kembali datang dari pabrikan Yamaha dengan merek jual Fino. Yamaha Fino Blue Core 125 dengan desain yang unik sangat cocok dipakai untuk kelas usia muda.

Yamaha Fino yang dibekali dengan mesin 125 cc ini terbilang cukup irit BBM juga terbukti dengan konsumsi bahan bakarnya hingga 47,6 km. Sekuter matic Yamaha yang satu ini sudah memakai teknologi Blue Core dan Eco Indicator. Dua teknologi ini yang berperan penting dalam hal konsumsi BBM sehingga terasa lebih irit.

Untuk harga jual di tahun 2022 ini Yamaha Fino Blue Core 125 ini kembali dibagi menjadi tiga varian. Varian pertama yang di banderol dengan harga Rp 19,58 Juta dengan nama jual Yamaha Fino 125 Blue Core Premium. Untuk varian kedua yang Blue Core Sporty di jual dengan harga 19,58 Juta juga. Dan untuk varian terakhir Blue Core Grande di jual dengan harga Rp 20,72 Juta.

Demikian refrensi motor matic irit BBM yang dapat Penalis sampaikan. Rasanya sangat tepat memilih motor matic irit, untuk menghadapi kondisi harga BBM yang terus naik. Baca juga tips membeli motor matic bekas agar tidak kecewa!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *