Tips Pertama Kali Makan di All You Can Eat

all you can eat

All You Can Eat (AYCE), sangat populer mewarnai bisnis kuliner di Indonesia. Restoran yang metode pelayanannya dengan cara prasmanan. Bahan makanan disajikan, lalu secara bebas diambil, dimasak lalu dimakan oleh pengunjung.

Jika kamu baru pertama kali makan di AYCE, sebaiknya kamu baca artikel ini sampai selesai, jangan lupa dibagikan ke teman-temanmu, ya! Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan saat pertama kali makan di restoran AYCE.

Kenali Aturan Restoran

Perlu diketaui Setiap restoran AYCE memiliki ketentuan masing-masing. Sebaiknya kamu membaca dan bertanya apa saja ketentuaanya saat reservasi.
Seperti apakah ada denda jika masih tersisa makanan di atas meja, dan apakah ada limit-milit tertentu yang sudah ditentukan dari pihak restoran, sesuai paket yang kamu pesan.

Pilih Kuah Rebusan

Saat kamu duduk di meja AYCE, pramusaji akan mengantarkan sendok, pencapit, dan sumpit, lengkap juga dengan minyak goreng serta bumbu untuk memanggang dan saus pendamping makanan. Biasanya pramusaji akan menanyakan “mau kuah apa untuk rebusannya?
Jika kamu tidak paham dengan tipe-tipe dan rasa kuah rebusan, pilih saja yang best seller di restoran tersebut, biasanya itulah paling enak.

Kenali Alat Masak dan Alat makan

Bedakan penjepit dan sumpit, penjepit digunakan untuk masak, dan sumpit digunakan untuk makan. Sendok sayur yang berlubang untuk mengambil bahan rebusan yang sudah matang, dan yang tidak berlubang untuk mengambil kuah rebusan. Sederhana, tapi penting untuk diketahui bahwa piring adanya di kolong hidangan meja bahan makanan ya.

Kenali Makanan Saat Kamu Masuk Pintu AYCE

Sebaiknya kamu kenali jenis makanan dan bahan makanan. Ada makanan yang siap makan, ada yang untuk direbus, ada juga yang untuk dipanggang. Terbagi menjadi makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup. Biasanya diletakan dengan pembagian area yang baik oleh pihak resto AYCE. Jangan sampai kamu makan makanan mentah ya. Atau baru saja mulai makan, kamu sudah ngambil es krim yang seharusnya digunakan sebagai makanan penutup. 

Kenali Bumbu Masak

Kenali bumbu memasak. Ada bumbu untuk memanggang ada bumbu teman makanan, seperti mayones, saus toman, saus sambal. Jika kamu tidak tahu itu bumbu untuk apa, sebaiknya kamu pakai untuk masak saja. Agar aman.

Usahakan Jangan Minum yang Manis

Jangan minum minuman manis, tujuannya adalah agar tidak cepat kenyang. Jika kamu minuman yang manis, lalu kenyang. Sayang sekali jika kamu belum mencicipi semua jenis makanan yang disediakan, tapi sudah kenyang duluan. Utamakan meminum air putih karena sangat banyak manfaat air putih untuk tubuh kita.

Bergantian Masak dan Makan

Biasanya ke resto AYCE bersama teman, atau kolega. Sadar diri, ada saatnya makan dan ada saatnya kamu masak. Jangan mau makan terus, tapi tidak mau masak.

Jika Pen Panggang Sudah Kotor, Mintalah Ganti

Berjalan proses masak dan makan sepuasnya, biasanya pen yang digunakan untuk memanggang mulai kotor, banyak sisa daging yang gosong dan minyak-minyak yang berkerak. Ada baiknya kamu minta ke pramusaji agar pen bakarnya diganti, agar terhidar dari penyakit karena gosongan itu banyak mengandung kolesterol.

Jika Kuah Rebusan Sudah Kering atau Kurang, Boleh Minta Tambah

Sembari memanggang, merebus dan makan, itulah salah satu keseruan makan di AYCE. Jika kuah pada sup mulai berkurang, kamu bisa minta kepada pramusaji untuk menambahkan kuah rebusan. Agar rebusan tetap enak dimakan.

Jika Api Masak Terlalu Besar atau Kecil, Sesuaikan.

Saat memangang, kadang kala asapnya terlalu banyak. Pertanda api terlalu besar. Lebih baik minta tolong kepada pramusaji apinya dikecilkan. Agar makanan yang dipanggang tidak cepat gosong. Begitu juga sebaliknya.

Demikian beberapa tips, dari Penalis untuk kamu yang baru pertama kali makan di restoran AYCE. Semoga bermanfaat. Salam Kuliner!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *