Manfaat Air Putih

manfaat air putih

Manfaat Air Putih – Kegiatan yang semakin ramai dan sibuk, membuat sifat praktis menjadi kebutuhan banyak orang. Wajar jika era remaja ini banyak sekali varian minuman kemasan yang beredar luas di pasaran. Minuman kemasan yang menawarkan sifat praktis dilengkapi dengan berbagaimancam sensasi rasa yang dikemas sedemikian rupa.

Tentunya tugas dari seorang penjual atau pengusaha adalah memenuhi keinginan pasar. Namun perlu dipahami bahwa air yang diminum akan menstimulan fungsi organ dan performa tubuh seseorang, karena 70% tubuh manusia dibangun oleh cairan. Oleh karena itu selain memastikan jumlah air yang masuk kedalam tubuh agar tidak dehidrasi, sangat penting juga memperhatikan minuman apa yang masuk kedalam tubuh kita. Agar fungsi organ dan tubuh bisa bekerja sengan maksimal.

Organ tubuh akan bekerja lebih keras jika kita menkonsumsi yang ada rasanya. Karena itu, sangat memprihatinkan karena masih ada beberapa orang yang tidak suka air putih, meraka lebih suka minuman manis, pahit, atau yang ada rasanya. Seperti yang dijelaskan pada paragraf awal bahwa cairan yang masuk ke dalam tubuh akan menstimulan fungsi organ dan performa tubuh.

Misalnya saja jika terlalu sering mengonsumsi minuman manis, pasti akan ada organ yang bekerja lebih keras untuk menetralisir manis yang berlebih tersebut, atau bahan-bahan kimia yang ada di minuman kemasan tersebut juga pasti akan memberikan efek pada organ yang ada pada tubuh. Sebut saja lambung, ginjal, pankreas, hati dan lainnya akan bekerja lebih keras jika minuman yang masuk ke dalam tubuh kita adalah minuman yang memiliki rasa, pemanis buatan, pengawet, berkarbonasi, alkohol dan lainnya.

Oleh karena itu, sebaiknya dibatasi mengonsumsi minuman-minuman kemasan yang demikian sesuai penjelasan di atas. Perbanyaklah minum air putih karena ada banyak manfaat dari meminum air putih, di antaranya sebagai berikut;

Penyerapan Nutrisi Untuk Fungsi Otak

Semua yang dilakukan oleh tubuh manusia akan selalu terkoneksi dengan otak, fungsi otak selalu berkorelasi dengan kemampuan panca indra, gerakan, keseimbangan, produksi hormon, ingatan dan lainnya, semua terkoneksi dengan otak. Otak adalah salah satu organ yang kompleks pada manusia, 80% otak manusia dibangun oleh cairan. Otak mendapatkan nutrisi dari darah, tubuh yang kekurangan cairan akan menghambat penyerapan nutrisi yang dilakukan otak pada darah. Oleh karena itu salah satu manfaat dari minum air putih adalah memaksimalkan penyarapan nutrisi untuk otak, yang nantinya akan menjaga fungsi otak.

Dengan terjaganya asupan nutrisi untuk otak, banyak hal yang bisa dimaksimalkan. Sampai sekarang bahkan study terhadap fungsi otak masih terus dilakukan, detail fungsi bagian-bagian pada otak masih terus digali, untuk mengetahui apa saja yang mampu dilakukan otak. Mungkin saja fungsi otak memang tidak terukur, jadi semakin kamu mampu menjaga asupan nutrisi dengan baik untuk otak, perasaan-perasaan menakjubkan mungkin akan menstimulan dirimu berkat fungsi otak yang tidak terukur.

Mencegah Batu Ginjal

Batu Ginjal adalah penyakit tersumbatnya saluran urine karena kristal atau limbah yang dihasilkan ginjal dari sisa penyerapan racun yang masuk dalam tubuh, tidak bisa dikeluarkan.

Batu ginjal terjadi karena kadar kristal atau sampah dari ginjal lebih bayak dibandingkan kadar cairan dalam urine. Kristal-kristal tersebut menempel satu sama lain sehingga ukurannya lebih besar dari saluran urine. Oleh karena itu, keseimbangan jumlah kristal atau sampah ginjal dengan cairan pada urine harus dijaga dengan baik. Cara pertama adalah memperbanyak kadar cairan pada urine dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup, cara yang kedua yaitu memperhatikan asupan makanan agar kristal atau sampah ginjal tidak berlebih.

Menurunkan Berat Badan

Bagaimana bisa minum air putih mampu menurunkan berat badan? Meminum banyak air putih, memberikan perasaan kenyang. Perasaan kenyang akan membantu progam diet yang sedang dijalankan. Selain itu minum air putih juga mampu meningkatkan metabolisme karena penyerapan nutrisi yang baik. Orang dengan metabolisme yang bagus, cenderung memiliki berat badan yang ideal dibandingkan dengan orang yang metabolismenya kurang baik. 

Menjaga Kualitas Darah

Tubuh manusia dibangun dengan sitem aliran darah yang kompleks, kualitas darah sangatlah mempengaruhi tubuh manusia. Darah juga yang menjadi pembawa energi tuk menggerakan sistem kehidupan pada tubuh manusia. Cairan adalah faktor penting yang menjaga kualitas darah manusia. Ketika tubuh kekurangan cairan, yang terjadi adalah suhu darah akan naik, darah akan mengental dan lainnya. Suhu darah terlalu panas, bahkan bisa membakar otot dan merobohkan organ-organ yang ada pada tubuh manusia, yang dirasakan saat hal itu terjadi adalah pusing, panas, mual hingga pingsan. Ketika tubuh kekurangan cairan darah akan mengental, hal ini membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Pada suatu kondisi, memungkinkan untuk menyebabkan gagal jantung akibat darah yang terlalu kental. 

Kesehatan Kulit

Penampilan menjadi hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Era milenial seperti sekarang ini, kosmetik pendukung kecantikan sangat diperlukan untuk mendukung berbagai banyak hal, mulai dari perawatan kesehatan kulit hingga pelengkap penampilan. Namun, tahukah Anda minum cukup air putih mampu menjadi salah perawatan kulit yang sangat baik? Asupan nutrisi pada kulit yang dibawa oleh darah ialah salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Gerenerasi kulit dan kelembaban kulit akan terjaga dengan baik sejalan dengan kualitas nutrisi yang dibawa darah ke permukaan kulit. Begitulah sebabnya minum air putih yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga serapan nutrisi yang dibawa oleh darah untuk kulit.  

Melumasi Sendi

Apa kaitan sendi tulang dengan air putih? Ternyata 80% tulang rawan yang ada pada sendi-sendi dan penopang tulang belakang dibagun oleh air. Oleh karena itu kekurangan air putih juga dapat membuat Anda merasakan nyeri pada sendi dan punggung. Ketika sedang berolahraga, atau melakukan aktivitas ekstra, jangan sampai tubuh anda mengalami dehidrasi. Rasa nyeri pada sendi yang anda rasakan bisa saja disebabkan oleh kurangnya asupan air putih pada tubuh Anda. 

Menyehatkan Rongga Mulut

Rongga mulut selalu dibasahi oleh air liur, banyak sekali fungsi air liur bagi rongga mulut, seperti menetralisir bakteri yang masuk ke mulut, menjaga kebersihan mulut dengan membuatnya tetap dalam kondisi basah, mempermudah proses menelan, dan lainnya. Jika rongga mulut kekurangan air liur kemungkinan infeksi karena bakteri menjadi lebih besar, bisa mengakibatkan sariwan dan peradangan. Sebab itulah meminum air putih yang cukup untuk menjaga mulut tetap basah dengan produksi air liur yang cukup akan menyehatkan rongga mulut.

Baik untuk Pencernaan 

Air putih baik untuk pencernaan ketika dikonsumsi dalam keadaan perut sedang kosong, biasanya di pagi hari ketika baru bangun tidur. Air putih dapat memberikan dorongan pada usus Anda, sehingga terjadi stimulan yang mengakibatkan lancar buang air besar. Sifat alami penyerapan pada air juga membawa dampak baik karena mampu melarutkan racun yang ada pada usus Anda. 

Sungguh banyak manfaat minum air putih bagi tubuh, jangan biarkan tubuh anda mengalami dehidrasi. Seringlah minum air putih agar dapat diserap tubuh dengan maksimal. Demikian manfaat yang dapat Penalis sampaikan. Salam Sehat!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

1 Response

  1. Elsha says:

    Artikelnya bagus menjelaskannya secara detail, tapi sampe sekarang aku masih heran sama orang yang gak bisa minum air putih itu kenapa sih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *