Tips Membeli Motor Matic Bekas Agar Tidak Kecewa

motor matic

Sepeda motor merupakan kendaraan paling populer di Indonesia. Pasalnya, kendaraan ini sangat praktis dan efektif untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi. Ukurannya yang relatif kecil menjadikan motor dapat selap-selip di tengah kemacetan. Dari segi biaya pun mengendarai motor relatif lebih murah dibandingkan menaiki kendaraan lainnya.

Di Indonesia terdapat banyak produsen sepeda motor dari berbagai tipe. Mulai dari motor bebek, motor matic, motor sport, dan juga superbike. Namun, diantaranya yang paling populer dan banyak diminati adalah motor matic, apalagi mengingat aktivitas jalan perkotaan yang acap kali padat dan sering macet.

Keuntungan dan Kerugian Membeli Motor Matic Bekas

Harga motor matic juga saat ini semakin terjangkau untuk banyak kalangan masyarakat, apalagi ditambah dengan adanya opsi membeli motor matic bekas.

Jual-beli motor matic bekas memang sudah menjadi hal lumrah, jika kamu tertarik untuk membeli motor matic bekas, sebaiknya kamu pertimbangkan dulu keuntungan dan kerugiannya berikut ini.

Harga Lebih Murah

Keuntungan utama dari membeli motor matic bekas tentu saja dari harganya yang lebih murah. Bahkan kita bisa mendapatkan harga 60% lebih murah dari motor baru. Dari perbandingan harga ini yang membuat banyak orang berpikir untuk membeli motor matic bekas.

Tidak Perlu Menanggung Hutang

Karena harga motor matic bekas relatif lebih murah dan terjangkau, membuat banyak pembeli yang membayarnya secara cash, tidak perlu membayar secara kredit seperti pada umumnya saat membeli motor baru.

Bisa Mendapatkan Motor Impian

Membeli motor bekas juga bisa membuat kamu mendapatkan motor impian. Karena ada kalanya produsen motor berhenti memproduksi motor dengan model tertentu, sementara kamu belum sempat untuk membelinya. Kamu bisa mendapatkannya dengan membeli motor bekas.

Tidak Tahu Riwayat Motor

Salah satu kerugian dari membeli motor matic bekas yang perlu kamu pertimbangkan adalah kamu tidak tahu riwayat motor yang akan kamu beli itu. Maka karena itu, kamu harus menanyakan kepada menjualnya dan teliti secara cermat tentang riwayat motor matic yang akan kamu beli.

Tanyakanlah, apakah motor tersebut pernah kecelakaan, kebanjiran, atau mengalami kejadian yang berpengaruh pada kondisi motor? Lalu kamu juga perlu mengecek keteraturan service motor matic yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Motor yang memiliki riwayat service yang baik dapat menunjukan bahwa motor tersebut terawat dan layak untuk kamu beli.

Kondisi Mesin Tidak Sebaik Fisik

Hal paling vital dari kendaraan bermotor adalah mesinnya. Jika kamu membeli motor matic bekas, pastikan kamu tidak hanya memperhatikan kondisi fisiknya, tapi juga perhatikan dengan teliti kondisi dari mesinnya. Kondisi fisik kendaraan yang baik belum menentukan kualitas mesin di dalamnya.

Sebelum membeli motor matic bekas, kamu bisa mencoba menyalakan mesinnya, merasakan tarikannya, dan jangan lupa juga untuk memastikan nomor mesin dan nomor rangkanya sesuai dengan BPKB dan STNK.

Tips Membeli Motor Matic Bekas

Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari membeli motor bekas, kamu juga perlu memperhatikan tips-tips membeli motor matic bekas yang Penalis bagikan berikut ini.

Periksa Kelengkapan Surat

Disebutkan tips ini di urutan pertama untuk mengingatkanmu betapa pentingnya surat-surat kendaraan. Akan percuma jika kamu bisa mendapatkan motor matic bekas dengan kondisi super bagus, tetapi surat-surat kendaraannya palsu karena kendaraan hasil curian.

Maka karena itu, periksalah dengan cermat surat-surat kendaraannya STNK, BPKB, dan faktur. Cocokkan nomor mesin dan rangka motor, pastikan kondisi fisiknya sesuai dengan yang tertera di surat-suratnya. Pastikan juga nama pada STNK dan BPKB sesuai dengan nama asli pemiliknya. Langkah ini sangat vital untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Tarikan Awal Motor Mulus

Salah satu ciri khas dari motor matic adalah tarikan awal yang responsif, tarikan awal ini yang membuat kita merasa mudah dan nyaman dalam mengendarai motor matic. Untuk kamu yang ingin membeli motor matic bekas, kamu patut mempertimbangkan spesifikasi ini. Tarikan awal yang responsif dari motor matic bisa dilihat dari keterangan power dan torsi kendaraan. Umumnya jumlah power yang harus dimiliki oleh motor matic adalah 12,9 dk dan 13,4 Nm untuk torsinya.

Pastikan Sparepart Mudah Dicari

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk mesin atau body motor matic. Ada kalanya terdapat kerusakan pada mesin dan body motor matic. Jika kamu membeli motor matic bekas dalam kondisi mesin dan body sudah tidak bagus lagi, kamu harus memastikan sparepart dan motor matic tersebut mudah untuk dicari dan ditemui di toko. Jangan terkecoh dengan motor matic harga murah, namun memiliki sparepart dengan harga fantastis karena tidak bisa ditemui di sembarang toko perlengkapan motor.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli motor matic bekas beserta beberapa tips untuk kamu yang berniat membeli motor bekas. Membeli motor bekas memang terdapat kelebihan dan kekurangannya tersendiri, maka penting untuk kamu mengetahui beberapa hal sebelum memutuskan membeli motor bekas. Semoga bermanfaat.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.