Cara dan Rahasia Agar Awet Muda

cara rahasia awet muda

Menurut Setio Saputra dalam kamus ajaibnya; ia sering menuliskan bahwa “waktu membawa perubahan”. Perlu diketahui perubahan yang sudah pasti terjadi seiring berjalannya waktu adalah bertambahnya usia atau menua. Menjadi tua sepenuhnya bukanlah hal buruk, tapi tidak juga menua adalah hal baik.

Beberapa hal yang bisa dijaga untuk mengurangi efek perubahan yang terjadi akibat menjadi tua adalah kesehatan, daya ingat, dan penampilan.

Olahraga

Olahraga dapat memperkuat tulang dan otot, memiliki otot dan tulang yang sehat adalah salah satu syarat untuk mendapatkan gelar awet muda. Seperti lirik lagu Jika Kami Disini milik band Superman is Dead “muda, beda, dan berbahaya”. Bayangkan jika otot dan tulang yang mulai rapuh karena penuaan membuat seorang manusia tidak lagi muda, beda dan berbahaya. Maka itu olahraga lah dengan teratur agar tulang dan otot tetap sehat.

Menjaga Daya Ingat

Daya ingat dapat dijaga dengan melatih otak. Kebiasaan melatih otak dapat menjaga imunitas bagi otak dalam menghadapi penuaan. Berkut hal-hal yang bisa dilakukan untuk melatih otak

Bermain Permainan Asah Otak

Bermain game tidak hanya tentang menghilangkan stress, tapi juga mengasah otak. Kamu cukup memilih logaritma permainan yang membuat kamu lebih banyak berfikir, dalam waktu lama dan dilakukan terus -menerus maka permainan tersebut merupakan aktifitas mengasah otak. Befikir memaksa kamu memompa darah kedalam otak lebih banyak, dengan demikian otak akan segar karena dialiri dengan darah yang cukup, dengan kata lain kamu telah membanjiri otak dengan semangat awet muda.

Ngobrol

Mungkin terdengar sepele, tapi korelasi ngobrol dengan menjaga daya ingat sangatlah kuat, karena ngobrol merangasang otak untuk mengolah kata atau respon yang diterima otak lalu kemudian dicerna untuk diungkapkan melalui kata-kata kepada lawan bicara sebagai betuk respon balik. Lawan bicara yang memberi berbagai respon berbeda membuat otak mencerna tanggapan-tanggapan yang variatif, siklus menyerap, mengolah lalu memberikan tanggapan yang terjadi saat ngobrol sangat berefek baik bagi otak. Selama obrolan yang dibangun tidak terkontaminasi emosi dan kata-kata negatif.

Makan Banyak Protein

Setelah otak yang sehat sebagai pengatur segala zat yang ada di tubuh manusia, berikutnya adalah faktor-faktor yang diatur harusnya cukup dan berkualitas; salah satu material atau zat yang harus dicukupi dan berkualitas baik untuk mengurangi penuaan adalah protein. Asam Amino Esensial atau AAE alias protein sangat penting perannya dalam membangun kehidupan sel dalam tubuh manusia.

Jaringan ikat, pertumbuhan otot, stabilitas hormon dan metabolisme tidak bisa lepas dari zat protein yang terdapat dalam tubuh manusia. hal ini diungkapkan di blog UC Davis Integrative Medicine. Jelas makan banyak protein yang berkualitas baik sangat mempengaruhi laju penuaan. Protein terdapat dalam makanan sehat untuk tubuh sehari-hari seperti; telur, kacang almon, ayam, gandum, susu, ikan, daging sapi, tempe dan susu.

Tidur Cukup

Tidur adalah keadaan istirahat alami yang dialami manusia. Banyak hal baik yang terjadi saat tidur terutama mengistirahatkan otak dan tubuh. Perbaikan sel yang rusak sebagai bentu detoksifikasi fisik dan pikiran. Jelas tidur cukup akan membantu mengurangi efek penuaan; memiliki otak dan tubuh yang terdetoks dengan baik adalah jalan menuju awat muda. Sebaliknya kebiasaan kurang tidur dapat memperkuat efek penuaan. Jadi kalau mau awat muda, jangan sering begadang ya sahabat.

Perawatan Kulit

Kulit adalah lapisan luar tubuh yang paling terlihat. Kalau kulit kita tidak terawat alias kelihatan tua, maka awet muda tidak lagi bisa disandangkan untuk diri kita. Maka itu, menjaga kesehatan kulit adalah hal penting dalam aspek visualisasi untuk terlihat awat muda. Untuk menjaga kulit tetap sehat dimulai dari dua hal penting, yaitu; mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit dan perawatan kulit dari luar seperti pakai pelembab atau serum peremajaan kulit.

Begitulah rahasia awat muda versi penalis. Lagi menurut Setio Saputra dalam kamus ajaibnya; Usia tidak selalu tepat menjadi landasan pengukuran, karena waktu memang bukan untuk dimenangkan, melainkan untuk dimanfaatkan. Tetap semangat kaula muda!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.