Daftar Menu Angkringan Yang Hits dan Tak Lekang Oleh Waktu

daftar menu angkringan

Meskipun berasal dari daerah Jawa khususnya Yogyakarta, namun angkringan sudah tidak asing lagi di telinga kita. warung kuliner khas Jogja ini kerap kita temui juga di kota-kota besar termasuk Jakarta. Pada umumnya angkringan akan buka mulai jam lima sore atau selepas magrib. Sedangkan untuk jam tutupnya biasanya sampai tengah malam atau dini hari.

Yang khas dari angkringan biasanya adalah gerobak tempat dijajakannya berbagai jenis makanan. Sedangkan untuk tempat menikmati makanannya hampir kebanyakan angkringan menyediakan tempat lesehan beralaskan tikar. Hal ini tentu dimaksudkan untuk para pengunjung bisa merasakan suasana Jogja.

Sebuah angkringan biasanya menyajikan berbagai jenis makanan yang tentunya khas Jogja atau khas Jawa Tengah pada umumnya. Biasanya setiap makanan yang sudah kita pilih, bisa di hangatkan lagi di atas tungku api yang dibakar dengan arang.

Untuk macam-macam jenis makanan atau menunya sebuah angkringan pasti menyajikan banyak sekali pilihan, biasanya berupa sate-satean sedangkan untuk minumannya biasanya selalu menyediakan jahe hangat. Mari kita bahas satu persatu daftar menu angkringan kekinian yang biasanya ada dan menjadi primadona.

Nasi Kucing

Jenis makanan ini tentu bukan diperuntukan untuk kucing. Disebut nasi kucing karena pada umumnya porsi yang disajikan memang serupa porsi makanan kucing. Nasi kucing biasanya di bungkus dengan daun atau kertas nasi yang di dalamnya sudah berisi lauk.

Macam-macam untuk lauk yang mendampingi nasi kucing yang sudah terbungkus. Yang paling serin dijumpai adalah nasi kucing dengan tempe oreg di dalamnya, namun ada juga nasi kucing dengan ikan teri.

Tempe dan Tahu Bacem

Bila sudah berkenaan dengan bacem tentu itu sudah sangat khas Jawa sekali. Tempe dan Tahu yang sudah di bacem secara penampakan warna pasti sudah terlihat agak hitam atau lebih gelap daripada tahu dan tempe yang digoreng biasa. untuk rasanyapun terasa manis khas makanan Jawa.

Tempe dan Tahu bacem ini tentu sangat cocok menjadi lauk tambahan ketika kita memakan nasi kucing. Biasanya Tempe atau Tahu bacem ini dihargai Rp 2000 per potongnya.

Aneka Sate-satean

Menikmati jajanan di angkringan tentu terasa kurang afdol jika tidak mencoba berbagai macam aneka sate. Sate disini tentunya bukan sate ayam atau sate kambing seperti sate Madura. Ada banyak macam sate yang dijual di warung angkringan diantaranya adalah

Sate Usus

Hampir di semua angkringan pasti menyediakan sate usus ayam. Pada umumnya sate usus ini dibumbui dengan bumbu balado, pedas manis, atau bumbu kuning biasa. Untuk harga biasanya sate usus ini dihargai dikisaran Rp 2000-Rp 3000

Sate Bakso

Jenis sate selanjutnya yang biasa disajikan adalah sate bakso. Bakso yang biasa kita temukan dengan sajian berkuah, namun di angkringan jajanan yang satu ini di tusuk dijadikan sate. Biasanya sate bakso ini dibumbu pedas manis dan bisa dibakar juga.

Sate Jeroan

Selain usus, ada bagian jeroan ayam yang lain juga yang dijadikan sate, yaitu sate ati, ampela, atau paru, untuk sate ini biassanya hanya direvus dengan bumbu khas lalu ketika disajikan kembali bisa di bakar terlebih dahulu.

Sate Telor Puyuh

Sate dengan tusukan yang berisikan empat telur puyuh ini biasanya dimbubui dengan bumbu manis gurih. Seperti halnya sate jeroan dan yang lainnya, sate telur puyuh ini juga bisa dibakar kembali agar lebih hangat saat dimakan.

Sate Kerang

Meskipun tidak ada di setiap angkringan sate kerang ini kadang dicari-cari oleh pembeli. TIdak selalu ada karena biasanya kernag ini sifatnya musiman. Biasanya sate kerang ini di bumbui dengan bumpu pedas manis juga.

Minuman

Selain menjajajkan makanan yang khas, angkringan juga menyajikan berbagai macam minuman. Pada umumnya minuman yang di jual di angkringan adalah minuman hangat. Karena angkringan pada umumnya buka di malam hari.

Susu Jahe

Jahe seperti minuman wajib yang ada di sebuah warung angkringan. Olahan air jahe ini biasanya akan dicampur dengan susu creamer untuk menambah cita rasa. Sehingga selain mendapatkan kesan hangat dari jahe ada juga rasa manis dari susu

STMJ

STMJ adalah singkatan dari Susu Telur Madu Jahe. Minuman yang satu ini sangat khas disajikan di warung-warung yang buka pada malam hari. Selain untuk menghangatkan tubuh, STMJ ini juga berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh karena mengandunh madu dan telur ayam kampong biasasnya.

Kopi

Sudah barang tentu warung yang buka malam hari pasti menyediakan kopi, begitu juga dengan angkringan. Setiap penjual pasti sudah menyediakan kopi baik itu kopi racikan maupun kopi instan sachet. Namun jika beruntung menemukan angkringan yang khas, kita akan menemui kopi joss khas Jogja. Kopi joss adalah kopi hitam yang campur dengan arang panas di dalam gelas.

Itulah beberapa daftar menu angkringan kekinian yang menjadi primadona di beberapa daerah. Angkringan menjadi pilihan tempat jajan dan berkumpul selain dikarenakan makanannya yang enak juga harganya yang relatif murah. Ketika kita menikmati jajanan angkringan tentu kita akan sedikit mengingat suasana malam di kota Jogja yang bersahaja.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *