Makanan Sehat untuk Tubuh

makanan sehat

Tubuh yang sehat akan membawa pada kehidupan yang lebih baik. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menuju sehat; seperti olahraga teratur, makan makanan sehat, dan lain sebagainya. Jika pada artikel Menerapkan Pola Hidup Sehat membahas hal-hal yang mempenggaruhi kesehatan dalam hidup, maka kali ini kami akan merangkum daftar makanan sehat apa saja yang sehat dan sebaiknya dikonsumsi dengan seimbang.

Buah-Buahan

Tubuh membutuhkan banyak vitamin. Makanan yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh salah satunya adalah buah. Selain segar dimakan, buah juga berfungsi memenuhi kebutuhan vitamin bagi tubuh. Setiap buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda-beda. Usahakan makan buah setiap hari, agar tubuh sehat dan segar.

Baca juga: Buah-buahan beserta Beberapa Manfaat dan Kandungannya

Lauk Daging, Ikan, dan Telur

Berikutnya adalah kebutuhan protein. Selain vitamin, tubuh juga membutuhkan protein. Protein banyak terkandung pada makanan lauk hewani seperti daging sapi, ikan. dan telur. Melansir dari Kemenkes, disarankan bagi orang dewasa yang tidak memiliki aktivitas yang begitu berat mengonsumsi 0.75 gr protein setiap hari untuk setiap 1 kg berat badannya. Maka itu, sebaiknya perhatikan lauk makan yang kamu makan setiap hari.

Kacang dan Biji-bijian

Kacang dan biji-bijian mengandung vitamin B, kalium, protein, dan masih banyak lagi yang dapat berfungi untuk menjaga berat badan, kesehatan jantung, dan kebaikan lain untuk tubuh. Mungkin jarang terpikirkan untuk makan kacang dan biji-biji karena belum dibiasakan. Jika kamu adalah salah satu orang yang jarang makan kacang dan biji-bijian, mulai sekarang cobalah untuk mulai memperhatikan asupan makanan seimbang dengan mengonsumsi biji-bijian.

Susu

Susu merupakan sumber kalsium terbaik yang sangat dibutuhkan tulang. Selain kalsium, susu juga mengandung protein hewan, vitamin, dan mineral. Jika kamu adalah orang yang tidak suka susu, kamu bisa mencoba olahan lain seperti yoghurt atau keju dan lain sebagainya.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Sayuran hijau juga memiliki kandungan lain yang sangat banyak seperti serat, vitamin K, zat besi, dan lain sebagainya.
Dalam mengolah sayuran hijau sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar, agar kandungan dari sayuran hijau bisa tetap terjaga.

Demikian daftar makanan sehat yang baik untuk tubuh. Selain mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan yang baik, perhatikan juga pengolahan makanan yang kamu makan. Jangan terlalu sering mengonsumsi makan cepat saji, minuman dengan bahan pengawet atau pewarna makanan. Salam Sehat!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *