Menerapkan Pola Hidup Sehat

pola hidup sehat

Menjaga kesehatan adalah wajib, karena sehat merupakan hal yang tidak ternilai harganya. Untuk menjaga agar tetap sehat, maka mulailah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup adalah suatu kesatuan atau rangkaian yang membagun kehidupan. Seperti apa kehidupannya dapat tercermin dari pola hidup yang dijalani.

Sehat adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. [1]

Maka Penalis menyimpulkan pola hidup sehat adalah rakaian kegiatan terus-menerus yang muaranya adalah bertujuan untuk menjaga keseimbangan hidup demi tercapainya kesehatan yang stabil.

Berikut hal-hal yang dapat dilakukan agar pola hidup sehat senantiasa diterapkan dalam kehidupan ini;

Waktu Tidur

Terbagi menjadi dua hal besar dalam menerapkan waktu tidur, yaitu lamanya waktu tidur dan kapan waktu yang tepat untuk tidur. Waktu tidur seorang manusia dipengaruhi juga dengan usia orang tersebut. Mengutip dari Kemenkes, waktu tidur yang proporsional untuk orang dewasa adalah 7 sampai 8 jam, waktu tidur terbaik adalah jam 8 malam dan bangun pukul 5 pagi. Bagaimana dengan tidur siang? Tidur siang sangat baik manfaatnya. Mengutip para ahli tentang tidur, Alex Dimitriu dan Rafael Pelayo, bahwa tidur siang 20 hingga 40 menit adalah durasi terbaik yang memberikan efek untuk menyehatkan tubuh.

Waktu Makan

Frekuensi makan orang normal setidaknya 3 kali sehari, berbeda dengan orang yang memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya makan dengan frekuensi 2-3 jam sekali dengan porsi yang lebih sedikit. Makan tidaklah harus selalu makanan besar. Cemilan dan lain sebagainya juga termasuk dalam katagori makan. Untuk jenis dan kandungan makanan, kamu dapat membaca artikel Tiga Kunci Hidup Sehat.

Standar Gerak Langkah per Hari

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan masyarakat Indonesia yang kurang beraktivitas fisik jumlahnya meningkat dari 26,1% di tahun 2013 menjadi 33,5 % di tahun 2018. Artinya semakin banyak masyarakat yang MaGer (Malas Gerak), padahal bergerak sangat baik untuk kesehatan jantung, kepadatan tulang dan peredaran darah. Oleh Karen itu usahakan bergerak selama 30 menit dan melangkah 7.500 s/d 10.000 langkah per hari. Agar tetap sehat dan bugar.

Kenali Kondisi Tubuh dengan Medical Check Up Berkala

Tak kenal maka tak sayang, pepatah ini cocok untuk menunjang makna memeriksakan kesehatan diri secara berkala. Tujuannya agar kita mengenal atau mengetahui kondisi tubuh diri kita. Jika sudah mengetahui apa yang sedang tubuh kita alami, maka setelah itu kita bisa mengambil tindakan untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan melakukan pencegahan datangnya penyakit.

Pola Berpikir

Pola berpikir ini sangat penting, tidak usah memikirkan hal yang tak perlu. Jangan bebani pikiranmu terlalu berat, berikan ruang bagi otakmu untuk relaks, santai dan berpikir jernih. Dengan pikiran yang sehat maka stres akan menjauh, kesehatan pun akan terjaga sejalan dengan pikiran yang jernih.

Olahraga

Olahraga bukanlah borongan yang sekali dikerjakan akan selesai. Olahraga yang baik adalah yang berkesinambungan, konsisten, dan sesuai porsinya. Jangan memaksakan olahraga. Setiap orang memikili ketahanan yang berbeda-beda jadi dosis setiap orang berolahraga pun berbeda-beda. Namun, setidaknya lakukanlah olahraga selama minimal 30 menit setiap hari..

Itulah enam pola hidup sehat yang dapat diterapkan ditengah hiruk-pikuknya kehidupan.

Semoga menjadi inspirasi bagi sahabat penalis. Salam Sehat!

Sumber:
1. Apa Yang Dimaksud dengan Sehat dan Bugar – Direktorat P2PTM

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *