Begini Cara Diet Sehat yang Ampuh dan Aman untuk Tubuh

tips diet sehat

Pasti dari sekian banyak kalian yang membaca artikel ini, ada beberapa di antaranya pernah disinggung mengenai berat badan, kan? Entah dari kerabat keluarga, teman dekat, bahkan kekasih. Memang perihal body shaming sendiri kerap kali membuat kita menjadi insecure, ya.

Namun, kalian tidak perlu sedih, karena di sini Penalis akan berbagi tcara diet sehat untuk kalian yang mau mencoba diet.. Tentunya dengan cara yang tidak membahayakan tubuh. Emang ada ya cara diet yang salah? Tentu aja ada, guys! Banyak sekali orang yang mencari jalan pintas untuk mendapatkan berat badan ideal. Misalnya; rela tidak makan seharian, mengonsumsi obat-obatan yang belum tentu aman.

Upaya tersebut bisa membahayakan kesehatan tubuh kalian loh, jangan sampai hanya karena ingin memiliki berat badan yang ideal kalian harus merugikan diri sendiri. Ingat, sehat itu mahal harganya. Harga iPhone keluaran terbaru mah lewat.

Mari simak tips dan trik cara diet sehat yang aman dan ampuh untuk mencapai berat badan ideal.

Banyak Konsumsi Air Putih

Ini adalah salah satu cara diet sehat yang sangat penting. Manfaat air putih sangat banyak dan sangat penting bagi tubuh kita. Selain tidak mengandung gula, air putih sangat aman untuk dikonsumsi setiap orang. Seperti yang kalian ketahui, tubuh kita dikandungi oleh air sekiranya 60-70%. Air sangat penting bagi organ tubuh kita agar bekerja dengan baik.

Biasakan konsumsi air putih 30 menit sebelum makan, kenapa begitu? Agar terhindarnya dari memakan makanan dengan banyak. Air itu bisa membuat kita cepat merasa kenyang.

Kualitas Tidur yang Baik

Kualitas tidur yang cukup menjadi salah satu peran penting untuk kalian para pejuang diet. Walau terdengar klasik, tapi ini berpengaruh banget loh untuk berat badan kalian. Karena percuma jika kalian sudah menjalani segala cara diet sehat, tapi jam tidur berantakan.

Hindari tidur larut malam, agar kalian bisa bangun lebih pagi dan agar organ tubuh kalian berjalan dengan baik.

Hindari Makan Makanan Olahan

Beberapa makanan olahan seperti makanan dalam kemasan, makanan cepat saji, dan lain sebagainya memiliki kandungan kalori yang besar. Sebisa mungkin kalian harus menghindari makanan olahan tersebut.

Kalian bisa menggantinya dengan mengkonsumsi sayuran, buah segar, ikan, dan kacang-kacangan. Selain memiliki kandungan gizi yang besar, makanan tersebut bisa membuat kalian merasa kenyang lebih lama.

Rutin Olahraga

Kalau yang satu ini, kalian pasti udah tau. Diet juga harus diselingi dengan olahraga agar hasilnya seimbang. Kalau bisa sih untuk yang satu ini kalian jangan malas-malasan menjalankannya, ya! Usahakan olahraga menjadi rutinitas sehari-hari.

Salah satu tujuan olahraga adalah untuk membakar kalori atau lemak di tubuh kita, jadi rasanya akan sia-sia kalau kita menjalani berbagai cara diet sehat, tapi tidak berolahraga. Kalian bisa melakukan olahraga ringan, seperti sit up, push up, skipping/lompat tali, lari pagi, dan bersepeda untuk sekedar membuang keringat.

Hindari Minum Alkohol

Katanya eh katanya, banyak peneliti bilang jika kita mengkonsumsi alkohol bisa meningkatkan resiko kita terkena obesitas, guys. Serem banget, ya? Ini mah harus dihindari banget ya, demi kesehatan kita semua. Jadi sebisa mungkin hindari minum alkohol, ya.

Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Siapa di sini yang belum tau kalau beras merah sangat bagus untuk dikonsumsi untuk orang-orang yang tengah menjalani diet sehat? Kalian harus tau, nasi merah punya kandungan serat lebih banyak dari nasi putih, jadi jangan heran kalau kalian makan pake nasi merah akan terasa kenyang untuk waktu yang cukup lama. Sebab itulah sekarang banyak juga orang-orang yang mengkonsumsi beras merah demi mendapatkan badan yang ideal.

Makan dengan Porsi Sedikit

Ini seharusnya sudah kewajibannya para pejuang diet sih untuk mengurangi porsi makan dari biasanya. Makan dengan porsi sedikit dan makan makanan yang bergizi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Lagi pula kalau makan dalam porsi besar, nanti bisa memicu kalian terkena obesitas.

Konsumsi Minuman Herbal

Selain terdapat makanan yang bisa membantu kesuksesan diet sehat, ada juga beberapa minuman herbal yang bisa kalian konsumsi guna menurunkan berat badan. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

Teh Hijau

Teh hijau diyakini memiliki banyak khasiat bagus untuk tubuh kita. Salah satunya untuk menurunkan berat badan, karena teh hijau dapat melancarkan metabolisme tubuh, selain itu teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan, serta bisa membantu menurunkan kadar kalori/lemak di dalam tubuh.

Madu dan Jahe

Siapa yang bekum tau kalau madu terkenal memiliki banyak khasiat di dalamnya? Banyak orang yang mengkonsumsi madu untuk kesehatan tubuh, ada pula yang menggunakan madu untuk menurunkan berat badan, karena madu memiliki kandungan fruktosa yang bisa membantu membakar lemak pada tubuh.

Sama seperti madu, jahe juga memiliki kandungan serta khasiat untuk membantu menurunkan berat badan. Makanya tidak sedikit orang memadukan keduanya untuk dikonsumsi. Resepnya cukup mudah, campurkan 2-3 sendok makan madu dengan perasan jahe, kalau kalian tidak kuat mengkonsumsinya langsung, kalian bisa mencampurnya dengan air hangat lalu diminum.

Nah itu dia beberapa cara diet sehat untuk kalian semua yang baru mau menjalani diet. Sangat disarankan bila kalian sudah memulainya, jangan berhenti di tengah jalan, ya. Jangan menyia-nyiakan apa yang sudah kalian upayakan. Mari buktikan ke orang-orang kalau kita bisa. Semoga kalian berhasil menjalaninya sampai mencapai berat badan ideal. Salam sehat!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.