Menu Buka Puasa Sehat dan Nikmat

menu buka puasa

Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang bulan Ramadhan yang penuh berkah dan ampunan.
Umat Muslim menjalankan ibadah puasa dengan hikmat selama sebulan penuh di bulan Ramadhan.
Agenda berbuka puasa menjadi yang ditunggu-tunggu, setelah sejak terbit fajar hingga terbenam matahari menahan hawa nafsu, termasuk makan dan minum.

Mejadi hal yang wajib bagi umat Muslim menjaga kesehatan agar bisa menjalankan puasa dengan maksimal. Salah satu nya adalah memperhatikan menu makan saat berbuka puasa. Berikut ini rekomendasi menu berbuka puasa yang sehat dan nikmat.

Air

Lebih dari 12 jam tidak minum. Menu berbuka puasa haruslah mampu memenuhi cairan yang dibutuhkan tubuh. Minumlah air putih, hindari mengonsumsi minuman bersoda.

Kacang-kacangan

Menu makan berbuka puasa harus mengandung kalori, protein dan serat yang baik. Kacang-kacangan sangat direkomendasikan menjadi teman berbuka puasa. Kacang mengandung kalori tinggi yang baik untuk memberi energi tubuh. Seperti Kacang Arab, Kacang Kedelai, Kacang Merah, dan kacang tanah.

Buah 

Kandungan dan manfaat buah-buahan sangat banyak, buah yang sangat dianjurkan untuk berbuka puasa adalah Kurma, karena Kurma mengandung magnesium yang baik untuk tubuh, serta polifenol yang tinggi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel karena radikal bebas.

Sayuran

Kandungan sayuran yang seimbang sangat baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Vitamin, protein, nutrisi, serat dan mineral seimbang pada sayur, sangat dibutuhkan tubuh ketika berbuka puasa. Seperti Sayur Bayam Bening, Sayur Capcai Ayam, Sayur Asem, dan Sayur Brokoli.

Sangat disarankan tidak makan terlalu banyak saat berbuka puasa, agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan maksimal. Selamat menjalankan ibada puasa. 

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *