Tiga Kunci Hidup Sehat

kunci hidup sehat

Kesehatan adalah terbebas dari penyakit, di era global seperti sekarang kesehatan menjadi faktor yang sangat penting karena sangat dibutuhkan.

Karena tanpa kesehatan yang baik, segala hal tidak bisa dilakukan dengan maksimal. Kesehatan harus senantiasa dijaga secara terus menerus dan berkesinambungan dengan usaha meningkatkannya.
Penalis merangkum hal yang harus dijaga dalam usaha menjaga dan meningkatkan kesehatan menjadi tiga yaitu Asupan, Pikiran dan Kegiatan.

Asupan

Asupan adalah hal-hal yang masuk kedalam tubuh kita, dicerna kemudian digunakan tubuh atau organ untuk menjalankan fungsinya dan melakukan sesuatu. Sangat penting memperhatikan asupan untuk tubuh agar tetap sehat, yaitu gizi seimbang.

Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, kebutuhan gizi adalah jumlah zat gizi minimal yang dibutuhkan oleh masing-masing orang.

Kebutuhan gizi dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, berat dan tinggi badan serta kegiatan yang anda lakukan.

Gizi makro umumnya manusia membutuhkan 10-15% protein dan 60-70% karbohidrat, 10-20% lemak dan gula, dari total kalori yang masuk kedalam tubuh.

Gizi Mikro Kecukupan zat gizi mikro dapat dilihat pada Angka Kecukupan Gizi (AKG) Indonesia tahun 2013 yang dikeluarkan oleh Kemenkes RI.

Pikiran

Pikiran sehat ialah pikiran yang bebas melakukan apapun tanpa merasa adanya tekanan.

Untuk memperoleh kebebasan berfikir yakni dengan cara memberi hal-hal positif pada panca indra kita. Jangan memaksakan hal-hal tidak bisa diterima oleh indra perasa kita. Itu bisa mengakibatkan banyak pikiran yang kemudian mengganggu kesehatan batin.

Untuk membersihkan pikiran dari hal-hal yang terlanjur mengotori indra kita, bisa dengan cara berlibur mencerahkan pikiran atau dengan melakukan kegiatan spiritual keagamaan yang menghadirkan ketenangan.

Kegiatan

Perhatikan kegiatan anda, lakukan istirahat cukup dan olahraga teratur. Begitu produktivitas meningkat kebahagiaan bisa dimaksimalkan dan hidup terasa lebih hidup.

Itulah tiga kunci sehat menurut penalis, semoga menjadi informasi dan inspirasi.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *