Manfaat dan Jenis-Jenis Gerakan Stretching Saat Bekerja

gerakan stretching saat bekerja

Peregangan atau stretching adalah bentuk gerakan fisik yang menggerakan otot atau kelompok otot tertentu dengan ditekuk atau ditarik yang bertujuan untuk meningkatkan elastisitas otot. Tujuan melakukan peregangan adalah untuk meningkatkan kinerja otot dan kelenturan otot guna mendukung kinerja organ lain agar tubuh terasa lebih segar.

Manfaat Gerakan Stretching

Peregangan sangat disarankan ketika tubuh sudah bekerja dalam posisi yang sama dalam waktu lama, terutama bagi pegawai kantor yang biasanya duduk dalam kondisi yang lama. Gerakan peregangan cenderung sederhana dan dapat dilakukan dengan mudah, adapun manfaat dari melakukan peregangan saat bekerja adalah sebagai berikut

Menjaga Level Konsentrasi

Gerakan Stretching dapat melancarkan aliran darah, hal ini tentu dapat meningkatkan konsentrasi karena aliran darah ke otak tidak terganggu.

Menjaga Jaga Keseimbangan Fungsi Otot dan Kinerja Tubuh

Koordinasi dan keseimbangan otot akan bermasalah jika tubuh dipaksakan kerja dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama. Jadi usahakan melakukan gerakan stretching agar aliran darah lancar sehingga otot menjadi lentur dan kinerja otot dapat maksimal lalu kinerja tubuh terjaga dalam kondisi baik.

Jenis Gerakan Stretching saat Bekerja

Jika kamu adalah seorang pegawai yang bekerja dalam kondisi duduk yang cukup lama, sebaiknya kamu melakukan peregangan. Peregangan yang baik dilakukan dalam jeda waktu empat puluh lima menit sampai satu jam dengan peregangan selama 15 sampai 60 detik per gerakan. Gerakan – gerakan peregangan juga banyak macamnya, berikut adalah gerakan stratcing yang bisa kamu lakukan untuk menjaga performa tubuh selama bekerja.

Gerakan Stretching Bahu

Gerakan peregangan ini dilakukan dengan posisi berdiri dan lebar kaki sejajar dengan pinggul, kemudian kaitkan jari-jemari tangan kiri dan kanan anda di belakang pinggang. Sementara saat mengambil napas, pastikan kaki dan tangan anda lurus agar bahu anda terbuka guna meluruskan punggung yang membungkuk.

Gerakan Stretching Leher

Gerakan Stretching Leher Sama dengan peregangan bahu, pastikan posisi anda berdiri dengan lebar kaki sejajar dengan pinggul,. Gerakan peregangan leher dilakukan dengan posisi tangan kanan mengambil bahu dari atas, dan tangan kiri mengambil bahu dari bawah, kemudian gerakan leher ke turun ke kiri. Lakukan dengan waktu 15 detik sampai 1 menit. Kemudian regangkan leher dan tangan ke posisi sebaliknya. Gerakan Stretching Punggung

Posisi duduk di kursi menghadap depan, pastikan kaki anda sejajar dengan pinggul. Posisi tangan anda di atas paha dengan santai. Tarik napas anda dengan sambil memposisikan bahu ke bawah, dengan begitu punggung anda akan tertarik ke luar atau membungkuk. Kemudian ketika membuang napas, tarik bahu anda ke bagian atas agar punggung anda tertarik ke depan atau posisi dada membusung. Peregangan ini untuk membuat tulang belakang anda tidak kaku yang mungkin terjadi karena anda duduk terlalu lama.

Gerakan Stretching Tangan ke Atas

Posisi duduk di kursi atau bisa juga berdiri menghadap depan, posisi kaki santai. Tarik kedua tangan anda ke atas dengan posisi tegap. Tahan posisi tersebut selama tiga kali tarik dan buang napas, ulangi sebanyak lima kali. Gerakan Stretching ini berguna untuk memperbaiki postur secara keseluruhan dari terutama bagian pinggang dan punggung

Gerakan Stretching Pinggang

Gerakan ini sangat efektif untuk meregangkan pinggang. Gerakan peregangan ini harus dilakukan dengan posisi duduk di kursi, kemudian pada saat membuang napas, putar bahu hingga pinggang anda ke posisi kanan untuk di tahan selama 15 sampai 60 detik. Kemudian putar bahu hingga pinggang anda ke posisi berlawanan dengan repetisi dua sampai tiga kali.

Demikianlah gerakan stretching yang bisa kamu lakukan di kantor demi menjaga kesehatan. Meski pekerjaan menumpuk, usahakan tetap lakukan gerakan stretching dengan maksimal agar fokus tetap terjaga, sehingga tidak ada kesalahan yang kamu lakukan. Semoga artikel Penalis kali ini juga bisa menjadi informasi dan inspirasi yang bermanfaat. Salam Sehat!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.