Cara Memasak Sayur yang Benar

cara memasak sayur

Masakan sayur adalah salah satu makanan yang sehat bagi tubuh. Beragam sayuran dan jenis, serta rupa yang banyak kita jumpai. Sebelum dikonsumsi atau dimakan, sayur biasanya diolah menjadi masakan. Berikut adalah metode memasak yang disarankan dalam mengolah sayur, sebagai berikut;

Direbus

Merebus sayur yang baik yaitu tidak dengan air mendidih. Cara yang baik dalam memasak sayur, yaitu dengan memasukan sayuran sambil memanaskan air hingga mendidih. Jangan terlalu lama memasak sayur di air mendidih, karena dapat menghilangkan nutrisi dan vitamin pada sayuran. Jika masih agak keras setelah direbus, bukan berarti belum matang. Kuman, bakteri dan cacing parasit sudah tidak bisa bertahan hidup di atas suhu 60 derajat. Menjadi lebih baik jika diberi bumbu sesuai selera sehingga citarasa sayuran menjadi lebih lazat dan nikmat.

Ditumis

Menumis sayuran yaitu metode memasak sayur dengan sedikit minyak di wajan dan api kecil pada kompor. Jangan terlalu banyak minyak, dan jangan pula menumis dengan api yang terlalu besar. Menumis dengan api besar akan mempercepat hilangnya nutrisi pada sayur.

Dikukus

Cara terbaik memasak sayur adalah dikukus. Mengukus sayuran paling baik dalam mempertahankan nutrisi, vitamin dan kandungan baik lainnya dalam sayur. Mengukus sayuran yaitu cara memasak sayur menggunakan dengan uap. Alat masaknya bisa menggunakan microwave atau panci dan bambu.

Itulah beberapa cara memasak sayur yang disarankan karena selain dapat menghilangkan bakteri juga baik untuk mempertahankan nutrisi dan vitamin serta kandungan baik lainnya pada sayur.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *