Tips Memilih Mobil Pertama dan Merawatnya

memilih mobil pertama

Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli harta benda seperti rumah atau kendaraan. Memiliki rumah dan kendaraan pribadi merupakan mimpi banyak orang. Tak jarang kesuksesan seseorang diukur dari kepemilikan mobil yang nyatanya mobil hanyalah salah satu hal yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan transportasi.

Saat membeli mobil pertama, berbeda dengan membeli sandal atau sepatu, mengingat harga mobil tidaklah murah. Ketika kamu ingin membeli mobil pertama sebaiknya pertimbangan kamu jauh lebih matang. Pertimbangan seperti pajak, perawatan, asuransi, fungsi kebutuhan, dan lainnya agar kamu tidak merasa boros dan kurang manfaat terhadap pembelian mobil pertama yang kamu lakukan.

Seperti apa tips agar kamu tidak salah dalam membeli mobil pertama, simak beberapa tips berikut ini.

Budget yang Sesuai

Dalam membeli mobil pertama sebaiknya kamu pertimbangkan harga mobil terhadap budget yang kamu miliki, bukan hanya terhadap harga saat beli tapi juga perawatan, pajak kendaraan, pemakaian bahan bakar saat kamu menggunakan mobil tersebut.

Penjual yang Terpercaya

Membeli mobil pertama sebaiknya jangan seperti orang kehausan, meskipun uang kamu sudah cukup. Sebaiknya dalam membeli mobil dilakukan dengan teliti dan sabar agar mendapatkan mobil yang bagus, prima, dan sesuai kebutuhan. Selain hal-hal di atas, penjual mobilnya juga harus dapat dipercaya. Karena sebagaimanapun kamu mencari mobil yang maksimal, jika membeli mobil kepada penjual yang tidak jujur, tentu mobil yang kamu beli akan berbuah kerugian untuk kamu.

Test Drive

Test drive adalah mencoba mobil yang ingin kamu beli, merasakan mobil yang akan kamu beli. Pada saat test drive lakukan pengetesan pada kondisi yang beragam seperti; kecepatan rendah dan tinggi, jalan lurus berkelok dan menanjak. Hal ini diperlukan agar kamu tahu kondisi mobil sebenarnya saat dikendarai.

Pemeriksaan surat-surat setelah memastikan kondisi mobil yang ingin kamu beli, kemudian pastikan juga surat- surat dari mobil tersebut tidak memiliki masalah. Pastikan nomor rangka dan mesin sama dengan STNK dan BPKB. Pastikan juga surat STNK dan BPKB yang kamu cek itu asli.

Perhatikan Asuransi Mobil

Membeli mobil baru ataupun bekas, sebaiknya mobil tetap harus dilindungi oleh asuransi. Agar tidak menimbulkan risiko kerugian finansial yang besar pada nantinya.

Memilih asuransi mobil diperlukan beberapa pertimbangan karena jenis asuransi mobil pun banyak macam dan manfaatnya.

Jaminan perlindungan

Jaminan perlindungan untuk menanggulangi resiko kerusakan yang berada diluar kendali kamu. Misal kerusakan-kerusakan kecil yang terjadi akibat tabrakan ringan itu bisa di klaim dengan asuransi. Proses klaim dari penanggulangan kerusakan juga sangat mudah.

Mengurangi risiko masalah financial

Dengan asuransi mobil, tentu jika terjadi sesuatu yang membutuhkan uang banyak terhadap mobil kamu, kamu hanya perlu klaim asuransi tanpa perlu mengeluarkan uang banyak sehingga kamu terhindar dari masalah keuangan.

Menjaga mobil dengan baik

Asuransi mobil tidak serta merta membuat kamu sembarangan dalam penggunaan mobil, mobil yang diasuransikan artinya mobil yang diperhatikan dengan segala pertimbangan. Sebab itu asuransi mobil akan membuatmu lebih merawat mobil.
Perhatikan Kebutuhan After Sales Mobil yang Ingin Kamu Beli.

Mobil pasti memiliki kebutuhan after sales yang harus dipenuhi, seperti suku cadang, aksesoris, dan lainnya. jangan sampai kamu membeli mobil yang kebutuhan after seles nya sulit didapat ya.

Spare Part Mudah didapat

Pertimbangan membeli mobil pertama bukan hanya pada saat transaksi awal, kamu juga harus memperhatikan hal-hal yang akan dibutuhkan mobil ini saat pemakaian, seperti suku cadang, jangan sampai berjalannya penggunaan mobil kamu sulit mendapatkan suku cadang yang akhirnya membuat mobil tidak bisa lagi dipakai.

Service Center Banyak

Service Censter adalah hal yang harus kamu perhatikan, sebab jika mobil yang kamu beli tidak punya support system yang bagus, tentu kamu akan kerepotan. Seperti misalnya kamu membeli mobil yang service centernya tidak banyak, setiap kali ingin service kamu harus menempuh jarak yang jauh dan antri panjang. Sangat membuang waktu dan tidak afektif

Demikianlah tips membeli mobil dan merawatnya dari Penalis, semoga dapat menjadi infomasi dan inspirasi yang bermanfaat. Salam Geber!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.