Cara Beli Bitcoin di Indonesia

cara beli bitcoin

Mata uang kripto, merupakan sebuah mata uang digital yang dijamin dengan kriptografi, yang membuatnya hampir tidak mungkin dipalsukan atau dibelanjakan ganda. Kriptografi sendiri merupakan metode yang digunakan untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode.

Cara Kerja Uang Kripto

Tiga kunci utama yang melekat pada cara kerja mata uang kripto, yakni digital, terenkripsi, dan desentralisasi. Tidak seperti mata uang konvensional, mata uang digital ini tidak dikontrol oleh otoritas sentral dari sisi nilai dari uang tersebut. Sehingga, kontrol mata uang ini sendiri sepenuhnya dipegang oleh pengguna mata uang kripto melalui internet.

Jenis Uang Kripto

Di Indonesia sendiri, ada 229 aset investasi kripto yang telah terdaftar di Badan Pengawas perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti).

Berikut ini jenis-jenis mata uang kripto yang terpopuler atau memiliki kapitalisasi pasar terbesar dalam dolar AS, yakni:

  • Bitcoin
  • Ethereum
  • Binance Coin
  • Cardano
  • Dogecoin
  • Litecoin

Masing-masing aset kripto tersebut memiliki sifat karakteristik yang khas. Seperti bitcoin kripto yang merupakan mata uang kripto dengan kapitalisasi atau valuasi pasar terbesar di dunia.

Tempat Beli Aset Kripto

Di Indonesia, sudah banyak sekali platform untuk jual beli mata uang kripto dengan berbagai opsi di dalamnya, salah satunya yaitu Indodax. Indodax adalah platform jual beli (marketplace) aset kripto terbesar di Indonesia. Dengan 5.453.895 member terverifikasi, kamu bisa melakukan jual beli aset kripto seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple, serta puluhan aset lainnya dengan mudah dan aman.

cara beli bitcoin di

Dengan layanan yang diberikan yaitu, Beli aset kripto dengan deposit melalui semua bank lokal Indonesia atau jual aset kripto dengan mengkonversikannya menjadi Rupiah secara instan, biaya trading dan persentase penarikan 0%, dan transaksi jual beli asset kripto selama 24 jam nonstop termasuk hari libur.

Mengapa Harus Indodax?

Karena indodax mengakomodasi kebutuhan kamu saat bertransaksi dengan fitur-fitur canggih seperti yang disebutkan dibawah ini:

1. Keamanan

Perlindungan Autentikasi Multi-faktor dengan kombinasi verifikasi via email dan SMS dari Google Authenticator menjamin setiap transaksi ditandatangani serta divalidasi oleh kamu sendiri.

2. Kemudahan

Pelacakan transaksi jual beli dapat diakses dengan mudah dalam satu akun lewat PC, tablet, maupun aplikasi smartphone kapan saja dan di mana saja.

3. Efesien

Setor dan tarik rupiah maupun aset kripto dengan cepat, tanpa penundaan, dalam waktu kurang dari satu hari.

4. Layanan Member

Indodax akan membantu segala pertanyaan dan kendala yang dialami melalui live chat, call center, dan email.

Cara Daftar Akun Indodax

Sebelum mengetahui cara beli Bitcoin di Indodax, kamu perlu memiliki akun Indodax yang bisa dibuat melalui aplikasinya. Berikut langkah pendaftarannya yang dikutip berdasarkan laman situs Pusat Bantuan Indodax.

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Indodax di PlayStore
  2. Buka aplikasi tersebut.
  3. Pilih “Masuk/Daftar” untuk membuat akun baru.
  4. Pilih “Daftar Sekarang”.
  5. Lengkapi data diri yang diminta.
  6. Centang dan pilih “Saya Setuju”.
  7. Kemudian, klik “Daftar Sekarang”.
  8. Setelah muncul pemberitahuan dan registrasi yang dilakukan sukses, klik “OK”.
  9. Lakukan konfirmasi melalui email yang telah dikirimkan dan klik aktivasi akun.
  10. Pastikan nomor telepon yang didaftarkan sudah benar.
  11. Masuk dengan email dan password yang sudah terdaftar.
  12. Masukkan PIN baru untuk keamanan akun kamu.
  13. Selanjutnya, kamu akan dialihkan ke menu Beranda, lalu masuk ke menu “Akun”, dan pilih “Profil”.
  14. Pilih verifikasi akun.
  15. Isi data yang diperlukan.
  16. Silakan mengunggah foto KTP/SIM.
  17. Unggah foto diri sesuai panduan yang ditentukan.
  18. Selanjutnya, tunggu proses verifikasi akun selambat-lambatnya 1 x 24 jam.

Cara Beli Bitcoin di Indodax

Cara beli Bitcoin di Indodax dapat dilakukan secara mudah dengan mengikuti Langkah-langkah berikut ini.

1. Masuk ke Menu Marketplace

Untuk membeli Bitcoin di Indodax, masuk ke menu “Marketplace” untuk melihat daftar aset kripto yang diperjualbelikan.

2. Pilih Bitcoin

Kemudian, cari dan pilih Bitcoin dari menu drop-down dan selesaikan metode pembelian.

3. Pilih Metode Pembelian

Pada bagian “Order Type” kamu bisa memilih “Market Instance” atau “Limit”. Jika memilih “Market Instance”, kamu akan membeli Bitcoin dengan harga terendah saat itu dan dikenakan biaya sebesar 0,3 persen. Apabila memilih “Limit”, kamu bisa memasukkan harga Bitcoin yang diinginkan.

4. Konfirmasi Pembelian

Pembelian akan diproses apabila harga Bitcoin telah sesuai dengan harga yang kamu masukkan. Pembelian dengan metode “Limit” cenderung memakan waktu lebih lama ketimbang Market Instance. Setelah memilih “Market Instance” atau “Limit”, klik “Beli Bitcoin”.

5. Pilih Place Order

Selanjutnya, tekan tombol “Place Order” untuk melakukan konfirmasi atas pembelian Bitcoin di Indodax.

Bagi kamu yang baru pertama kali terjun ke dalam investasi mata uang kripto seperti Bitcoin, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai investasi mata uang kripto di Indodax. Indodax memiliki kanal edukasi Bernama Indodax Academy yang bisa dimanfaatkan untuk belajar bitcoin dan aset kripto lainya. Setelah paham mengenai mata uang kripto, kamu bisa melakukan pembelian dan penjualan di Indodax baik di website resmi atau pun di mobile apps yang merupakan Indonesia Crypto Exchange terbesar dan terpercaya. Demikian cara membeli bitcoin di Indonesia melalui layanan Indodax, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Salam Sehat!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *