Crypto, Memulai Mengenal Cryptocurrency

mengenal crypto

Crypto – Mengenal Cryptocurrency, pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh sahabat Penalis perihal crypto adalah;

Bagaimana memulai transaksi crypto?

Crypto itu apa, sih?

Risiko berinvestasi di crypto bagaimana?

Sebelum menuju jawaban dari pertanyaan tersebut, ada baiknnya kita kenalan dulu dengan mata uang digital Crypto. Crypto adalah mata uang digital yang tidak punya fisik seperti mata uang konvensional pada umumnya. Namun, crypto memiliki nilai. Pemiliknya bisa mengirimkan mata uang digital atau crypto untuk bertransaksi.

Bagaimana crypto bisa memiliki nilai? Mata uang digital crypto memiliki sistem atau teknologi pencatatan dan pengamanan yang bernama Blockchain yang mirip dengan buku besar Bank. Dengan begitu crypto, terverifikasi untuk memiliki nilai.

Asal Usul Crypto

Mata uang digital yang pertama adalah Bitcoin. Pada tahun 2008, Satoshi Nakamoto dalam makalahnya yang berjudul “A Peer-to-Peer Electronic Cash System – Bitcoin secara garis besar menggambarkan bahwa crypto adalah sistem pembayaran elektronik dengan bukti yang dicatat dalam sistem yang bernama blockchain.

Bagaimana Transaksi Crypto bisa terjadi?

Prinsip dasar transaksi adalah pertukaran. Transaksi mata uang konvensional dilakukan oleh dua pihak dan dicatat oleh perantara yaitu Bank. Nah, pencatatan transaksi crypto tidak dilakukan oleh bank atau pihak ketiga, melainkan oleh sistem yang bernama Blockchain. Blockchain bukanlah sistem berbasis sentralisasi, hal ini menyebabkan hampir tidak mungkin ada yang bisa membajak sistem Blockchain. Kompleksitas tersebut menjamin kemanan dan pencatatan tervefirikasi dari transaksi uang digital yang dilakukan.

Blockchain

Blockchain adalah sistem pencatatan terbuka, mencatat semua transaksi yang terjadi dalam bentuk kode. Bayangkan saja sebuah buku yang terbentuk dari catatan-catatan yang tersebar diseluruh dunia. Setiap transaksi uang digital yang dilakukan tercatat dalam blog pemiliknya masing-masing hingga membentu blockchain.

Nah, bagaimana nih sahabat Penalis? tertarik mengatahui lebih dalam tentang mata uang digital atau Crypto? Tunggu artikel kami selanjutnya, ya! Salam sukses!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.