Cara Membuat NFT, Menjualnya, dan Meraih Keuntungannya

cara membuat nft

Semenjak pandemi melanda dunia, banyak sektor yang harus tiba-tiba berhenti atau bahkan sampai koleps. Tidak terkecuali dari sektor dunia seni kreatif. Para seniman yang berkarya baik dengan hasil seni terapan ataupun seni murni sama-sama kena imbas yang luar biasa. Terlebih tentunya bagi para seniman yang hanya terbatas karyanya di seni murni.

Pada masa-masa awal pandemi tentu semuanya merasa gagap bagaimana harus melanjutkan hidup dengan kebiasaan baru. Tidak banyak yang punya pilihan untuk terus dapat melanjutkan hidup sesuai dengan profesi saat pandemi belum menerpa. Seni kreatif menjadi satu-satunya sektor yang paling parah diterpa badai ini.

Faktor utamanya tentu saja sektor ini tidak bisa jauh dari keramaian, sedangkan pandemi bertolak belakang dengan keramaian jenis apapun. Bagaimana mungkin sebuah grup music melakukan konser tanpa penonton, para perupa melakukan pameran tanpa pengunjung, atau sebuah pertunjukan teater tanpa penonton.

Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, lambat laun masalah ini mulai bisa teratasi. paling tidak para seniman bisa mempunyai opsi media lain dalam berkarya. teknologi ini dikenal dengan NFT.

Apa itu NFT?

Pada dasarnya NFT adalah sebuah platform yang dimana isinya adalah hasil karya kreatif dalam bentuk digital. Karya atau aset digital yang berupa NFT ini juga pada akhirnya dapat diperjualbelikan secara online dengan mata uang cryptocurrency.

Tentu untuk saat ini, NFT belum terlalu familiar dikalangan masyarakat umum terlebih para seniman konvensional. Namun untuk tahun-tahun kedepan hal-hal digital seperti ini sepertinya akan terus berkembang dan menjanjikan dari segi ekonomi tentunya.

Apa Contoh Produk NFT?

Jenis NFT Art yang bisa diperjualbelikan tentu sebuah karya seni digital atau hasil kreatifitas yang berupa digital atau sebuah karya yang bisa didigitalisasikan. sebagai contoh sederhana misalnya hasil foto. Sebuah foto dengan teknik fotografi yang tinggi tentu mempunyai teste tersendiri, hal inilah yang bisa dihargai oleh para pembeli ataupun kolektor. Pembeli ketika sudah memiliki sebuah karya, ia juga akan memiliki sertifikat keaslian yang dimana hanya dia yang akan memiliki sertifikat itu sebagai bentuk kepemilikan.

Baca Juga: Pengertian Metaverse dan Cara Kerjanya

Karya kreatif lain yang bisa diperjualbelikan adalah seni gambar digital. Salah satu seniman digital di Indonesia yang terkenal dengan NFT nya adalah Fluxcup. Salah satu karya Fluxcup adalah berupa sketsa digital. Pada karya pertamanya di ranah NFT tahun 2021, ia mengeluarkan sebuah sketsa digital yang berjudul “As. It’s Okay Not To Be Yourself”.

Cara membuat NFT

Cara membuat NFT yang sudah sangat popular saat ini melalui platform OpenSea. Dengan langkang Buka halaman rumah OpenSea lalu “create” dan mulai lah mengunggah file yang ingin kamu jadikan aset NFT bisa berupa foto, video gambar dan dokumen sejenis. Cara membuat NFT harus dilakukan dengan lengkap dan inspiratif. Setelah mengunggah sebaiknya kamu mengatur nama NFT dan beberapa indentitas lainnya. Nah! Jika semua identitas sudah lengkap langkah terakhirnya pilih tolmbol “create” yang sudah ada di bagian paling bawah. Kemudian aset NFT kamu siap dipasarkan.

Bagimana menjual karya NFT?

Karena NFT adalah berupa asset digital yang dimana kepemilikannya adalah hanya untuk satu orang, maka terlebih dahulu kita harus memperkenalkan karya kita yang pastinya harus orisinil. Hal yang paling mudah untuk mulai adalah mendaftar dan punya akun platform OpenSea. Setelah mempunyai akun kita akan diarahkan untuk memililh dompet digital, dan selanjutanya melakukan verifikasi.

Setelah akun kita terverifikasi, kita sudah mulai bisa memamerkan atau menjual hasil karya digital kita. Untuk menjual hasil karya NFT di OpenSea cukup mudah, langkah pertama adalah buka menu My Collection, setelah itu pilih NFT yang akan dijual dengak klik sell. Kita juga dapat memilih skema penjualan, jika ingin langsung menjual cukup pilih fixed price.

Bagaimana NFT di Indonesia?

Adakah platform yang serupa seperti OpenSea? Dengan perkembangan dunia teknologi yang begitu pesat tentu kita juga harus cepat beradaptasi. Tidak kalah dengan OpenSea di Indonesia juga ternyata ada NFT marketplace Indonesia salah satunya platform tokomall.io

tokomall.io adalah salah satu NFT marketplace Indonesia. Bisa dibilang marketplace NFT terbesar saat ini adalah tokomall.io. Sudah dapat dipastikan di sana juga merupakan NFT marketplace Indonesia terbesar saat iniini. Jadi silahkan berselancar secara mendalam di tokomall.io untuk melihat-lihat NFT karya anak bangsa atau bahkan untuk menjadi seorang kreator.

Itulah penjelasan singkat mengenai NFT. Sebelum memulai berjualan NFT, tentu kita harus menyiapkan hasil-hasil karya kreatif kita dalam bentuk digital. Tentunya sangat disarankan karya yang orisinil, unik, dan menarik.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.