Apa Itu Metaverse? Berikut Pengertian dan Cara Kerjanya

metaverse

Teknologi adalah segala sesuatu yang merupakan sarana untuk memudahkan kelangsungan hidup manusia bisa. Di tahun 2022 ini, teknologi berkembang dan terus berkembang. Teknologi perlahan juga mengubah kehidupan dengan banyak cara.

Salah satu hasil dari berkembangnya teknologi adalah semakin derasnya arus transformasi digital yang kini terus berjalan. Jika kita tidak mampu mengikuti pergerakan teknologi tentu kita akan menjadi orang yang tertinggal. Salah satu dari sekian banyak transformasi digital yang wajib kamu ketahui adalah Metaverse

Membahas lebih dalam mengenai Metaverse yang berasal berasal dari kata “meta” yang berarti melampaui dan “verse” berarti alam semesta. Maka Metaverse adalah melampaui dunia.

Metaverse adalah teknologi dunia virtual yang memungkinkan bagi orang berkumpul dan berkomunikasi dengan masuk ke dunia virtual. Lantas, seperti apa tuh dunia virtual? Mungkin untuk kamu yang baru mendengar dunia virtual pasti terheran atau mungkin ada beberapa orang yang tersenyum kecil mendengarnya. Sepertihalnya manusia yang bisa terbang, ribuan tahun lalu juga terdengar seperti hal yang tidak mungkin, atau mengada-ngada hingga sekarang terbukti bahwa manusia memang bisa terbang, dengan terciptanya pesawat terbang.

Kembali membahas perihal metaverse, nanti di dalam dunia virtual pengguna dapat melakukan kegiatan seperti belanja, bermain, bekerja, dan bertamasya tanpa perlu berbuat atau datang secara fisik semua dilakukan dengan cara virtual. Dunia Virtual ini sudah benar-benar serius dikerjakan oleh perusahaan sebagai berikut

Microsoft

Perusahaan teknologi software Microsoft terus melakukan proses pengembangan aplikasi Mix and Extended Reality atau XR dengan menggunakan Microsoft Mesh; layanan berbasis penyimpanan dalam jaringan sebagai pondasi. XR akan menjadi alat yang menawarkan interaksi virtual mulai dari suara dan visual untuk mengembangkan kerangka komunikasi yang menghubungkan pengguna dalam instance bersama. XR adalah aplikasi yang menggunakan hologram untuk menggabungkan augmented reality dan virtual reality. Saat ini, komunikasi dalam pekerjaan juga sudah mulai dilakukan di dalam jaringan.

Sandbox Metaverse

Sandbox Metaverse adalah project dunia virtual dimana pengguna dapat bermain game di dunia virtual dengan membangun, memiliki, dan memonetisasi asset NFT. Produk Sandbox salah satunya adalah game The Sandbox yaitu platform game non-fungible token atau NFT. Transaksi NFT dapat dapat terjadi di The Sandbox dengan menggunakan koin kripto yaitu SAND dan Ethereum.

Selain Sandbox masih ada project lain yang serupa yaitu Decentraland dan Axie Infinity. Pada prinsipnya sama yaitu membangun dunia metaverse yang saat ini masih popular dengan produk game yang bisa melakukan transaksi dengan koin kripto.

Demikian Informasi yang dapat Penalis sampaikan mengenai Metaverse. Semoga bisa dipahami sehingga dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Salam Canggih!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.