Karya Seni Digital

nft karya seni digital

Sedang banyak diperbincangkan mengenai NFT alias Non Fungible Token. NFT adalah sebuah aset digital objek seperti gambar, video atau karakter dalam sebuah game. NFT diperjualbelikan dalam jaringan yang disebut blockchain. NFT memiliki kode identifikasi metadata yang unik. Seperti halnya sebuah karya seni yang diperjualbelikan di pasar seni; lukisan, patung dan lain sebagainya.

Karya seni digital atau NFT juga memiliki nilai jual yang tinggi tergantung dari permintaan pasar. NFT bisa memiliki nilai jual yang fantastis karena penjualan aset digital NFT menganut hukum penjualan pasar. Semakin banyak peminat NFT di pasar digital atau blockchain, maka akan semakin mahal harga NFT tersebut.

Membahas lebih jelas mengenai cara bertransaksi NFT di jaringan blockchain, Penalis akan menjelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mulai bertransaksi NFT. Pada prinsipnya bertransaksi NFT sama halnya menjual produk online sebagai berikut

Membuat atau Membeli Karya Seni Digital NFT

NFT dijual melalui skema lelang, artinya harga bisa berubah sewaktu-waktu karena tidak ada aturan yang mengatur harga lelang. Semakin banyak peminatnya, maka potensi harga NFT tersebut menjadi mahal akan semakin besar, begitu juga sebaliknya.

Untuk membuat NFT tentu bisa dengan berbagai macam cara sesuai dengan kemampuan kreatif yang dimiliki oleh si penjual NFT tersebut, Namun untuk menjual atau membeli NFT tentu kamu harus memiliki akun di sebuah NFT marketplace seperti OpenSea, tokomall, Rarible, Fundation dan lainnya. Dalam NFT market place terdapat menu buat atau upload, jadi dalam proses mulai melelang karya seni digital bisa dari karya seni digital yang dibuat di dalam marketplace tersebut atau karya seni digital yang sudah ada sebelumnya melalui proses upload.

Tidak melulu karya seni digital tersebut harus dari hasil karya sendiri yang dibuat oleh tanganmu sendiri. Kamu juga bisa memperoleh karya seni digital dari hasil membeli. Membeli untuk dijual lagi atau hanya sekedar untuk dijadikan koleksi demi mendapat fasilitas dari kepemilikan NFT tersebut.

Menjual Karya Seni Digital di NFT Marketplace

Setelah membuat atau membeli NFT tentu yang harus dilakukan adalah menjualnya atau menyimpannya sebagai koleksi, lalu bagaimana cara menjual atau melelang NFT? Seperti yang sudah dibahas di paragraf sebelumnya, membeli atau menjual NFT dilakukan di NFT marketplace.

Pertama-tama kamu tentu harus membuat akun di sebuah NFT marketplace. Membuat akun di NFT marketplace biasanya diikuti dengan pembuatan dompet digital seperti metamask, trustwallet, indodax, coinbase dan lain sebagainya. Setelah memiliki akun di suatu NFT marketplace yang disinkronkan dengan dompet digital, tentu kamu sudah bisa mulai bertransaksi NFT.

Dari penjelasan di atas, tentu untuk bertransaksi karya seni digital merupakan hal yang mudah, lalu apa yang harus diperhatikan dalam melakukan transaksi atau berbisnis di dunia NFT?

Pertama yaitu sebelum kamu membeli sebuah aset digital NFT, pastikan kamu sudah melakukan riset mendalam, dari mulai harga, populasi dan nilai tambah bagi pemiliknya. Kamu juga harus mencari tahu apakah aset digital NFT tersebut masih memiliki peluang kenaikan harga. Jangan sampai kamu bertransaksi di platform palsu yang setelah menyedot banyak uang investor lalu hilang.

Demikian informasi mengenai aset digital NFT yang ingin Penalis sampaikan. Investasi adalah jalan pintas menuai keuntungan yang memiliki resiko gagal sebanding dengan peluang suksesnya. Jadi bijaklah dalam berinvestasi. Salam sukses!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.