Asuransi Syariah dan Berbagai Macam Keunggulannya

asuransi syariah

Dengan semakin maraknya trend sistem ekonomi syariah di Indonesia bahkan dunia, sistem syariah ini juga sudah masuk ke ranah asuransi. Bahkan untuk saat ini di Indonesia sudah banyak berbagai macam jenis asuransi syariah.

Asuransi Syariah lebih digemari masyarakat karena dinilai memiliki banyak keunggulan atau manfaat bagi nasabah.

Apa Itu Asuransi Syariah?

Asuransi syariah adalah sebuah bentuk usaha untuk saling melindungi dan saling tolong menolong di antara sejumlah orang. Dalam hal ini dapat dilakukan melalui investasi dalam bentuk aset atau dana terbaru yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu.

Proses dan hal-hal yang mengatur didalamnya bisa melalui akad yang sesuai dengan syariah dalam agama islam. Yang membedakan di asuransi syariah adalah perusahaan asuransi hanya sebatas mengelola operasional dan investasi dari sejumlah dana yang diterima saja.

Secara pelaksanaan pengawasan asuransi syarah juga dapat dibedakan dengan asuransi konvensional. Asuransi syarah tidak hanya berada dibawah pengawasan OJK saja, melainkan juga berada di bawah pengawasan Dewan Syariah Nasional yang dinaungi oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Keunggulan Asuransi Syariah

Baik asuransi syariah dan asuransi konvensional tentu mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Untuk selanjutnya konsumen lah yang bisa menjatuhkan pilihan jenis asuransi yang tepat untuk gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya.

Berikut ini beberapa keunggulan jika kita memilih menggunakan asuransi syariah.

Pengelolaan Dana

Pengelolaan dana dalam sistem asuransi syariah tentu dengan cara-cara syariah islam, sehingga bersifat transparan dan pengelolaannya melibatkan objek-objek yang halal. Dan orientasi keuntungan semaksimal mungkin semata hanya bagi peserta asuransi syariah.

Pembagian Keuntungan

Berbeda dengan asuransi konvensional, yang dimana semua keuntungan dari hasil perputaran dana akan masuk ke dalam rekening perusahaan. Asuransi syariah mempunyai prinsip yang berbeda, dimana semua keuntungan yang didapatkan perusahaan akan dikembalikan kepada semua peserta asuransi syariah.

Tidak Mengenal Sistem Dana Hangus

Seperti yang kita ketahui dalam asuransi konvensional jika tidak ada klaim dalam jangka waktu yang telah disepakati maka dana tersebut akan hangus. Tentu berbeda dengan asuransi syariah hal ini tidak akan kita rasakan. Seluruh premi yang sudah dibayarkan tidak akan hangus meskipun peserta tidak melakukan klaim.

Produk Prudential Syariah

Tentu masih banyak keunggulan-keunggulan dari sistem asuransi syariah ini. Salah satu produk yang bisa menjadi pilihan terpercaya adalah Prudential Syariah. Dengan keunggulan-keunggulan seperti diatas tadi tentu kita tidak akan ragu untuk menjadi peserta Prudential Syariah.

Ada banyak produk yang ditawarkan oleh Prudential Syariah ini diantaranya adalah.

PRULink Syariah Generasi Baru

Produk ini adalah produk unggulan dari Prudential Syariah dimana kita bisa mempersiapkan masa depan dengan baik dan tentunya bisa menjadi proteksi diri karena tidak ada yang tahu dari kita mengenai apa yang akan terjadi di masa depan.
PRULink Syariah Generasi Baru adalah produk asuransi jiwa dari Prudential Syariah terkait investasi (unit link) dengan prinsip syariah yang memberikan perlindungan berupa Santunan Asuransi apabila Peserta yang Diasuransikan meninggal dunia hingga usia 99 tahun dan dikaitkan dengan investasi.

PRULink Syariah Generasi Baru juga membantu Anda untuk merencanakan warisan dan memulai dengan solusi yang terjangkau sejak dini.

PRUCerah

PRUCerah adalah Produk Asuransi Dwiguna dari Prudential Syariah yang memberikan Perlindungan atas Jaminan Pendidikan Anak atau orang yang kita sayangi.

Terdapat Manfaat Dana Pendidikan, Prudential Syariah memberikan manfaat berupa Penarikan Tunai Sekaligus serta Penarikan Tunai Bulanan selama 4 tahun. Selain itu untuk menjamin keberlangsungan Pendidikan Anak, maka produk ini memberikan Manfaat Bebas Kontribusi jika Anda Meninggal Dunia.

PRUSolusi Kondisi Kritis Syariah

Produk unggulan dari Prudential Syariah selanjutnya adalah mengenai kondisi kritis pada para peserta. Kita tentu harus menyiapkan jika kita atau orang yang kita cintai berada dalam situasi kritis suatu saat nanti.

PRUSolusi Kondisi Kritis Syariah, Asuransi Kondisi Kritis berbasis Syariah dari Prudential Syariah ini memberikan perlindungan atas 60 Kondisi Kritis Tahap Akhir dengan Masa Kepesertaan 1 tahun dan dapat diperpanjang hingga usia 99 tahun dengan perlindungan hingga usia 120 tahun.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.