Aneka Kue Basah Modern Kekinian

aneka kue basah modern

Kue merupakan salah satu jenis makanan yang nikmat untuk menemani aktivitas bersantai, selain itu kue juga bisa menjadi makanan yang cocok untuk jamuan terhadap tamu.

Secara umum, terdapat dua jenis kue yang dapat dibedakan dengan mudah. Yaitu kue kering dan kue basah. Perbedaan utama dari keduanya adalah dari kandungan airnya. Kue basah menjaga dan menambah kandungan air sehingga tekstur yang dihasilkan bisa empuk. Sebaliknya, di dalam kue kering yang dihilangkan justru kadar airnya.

Yang akan kita bahas di sini adalah kue basah, jenis kue yang memiliki tekstur luar yang lembut dan empuk. Kue basah umumnya memiliki rasa yang lebih manis. Namun, kue basah umumnya juga tidak dapat bertahan lama. Jadi, kita harus segera mengkonsumsinya ketika kue ini dihidangkan.

Di dalam makanan tradisional Indonesia, terdapat banyak sekali jenis kue basah. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat juga kue basah kekinian. Walaupun memang kue basah selama ini identik dengan makanan tradisional Indonesia, sekarang ini sudah banyak bermunculan kue basah modern yang membuat semakin banyak daftar pilihan kue basah untuk dinikmati.

Apa saja kue basah modern yang perlu dicoba? Berikut rekomendasi kue basah kekinian dari Penalis.

Brownies

Kamu pasti tidak asing dengan nama kue basah modern satu ini, atau mungkin bahkan kamu sering menyantapnya? Kue coklat ini begitu dikenal luas, baik brownies panggang dan kukus.
Ada hal menarik nih dari brownies. Salah satu sejarah menyebutkan bahwa brownies ditemukan oleh Mildred Brown

Schrumpf dari Bangor, Maine, Amerika Serikat. Yang membuat unik adalah saat itu Schrumpf sedang membuat kue coklat, tetapi dia lupa memasukan bubuk pengembang di dalam adonan. Akibatnya, kue coklat tersebut gagal mengembang. Merasa tidak mau menyia-nyiakan kue gagal tersebut, Schrumpf kemudian memotongnya menjadi beberapa potongan dan menyajikannya kepada keluarga.

Kue gagal buatan Schrumpf inilah yang menjadi awal mula terkenalnya brownies. Saat ini, lebih dari 100.000 resep kue brownies dapat dengan mudah ditelusuri di internet. Variasi kue coklat ini pun semakin beragam, mulai dari dicampurkan dengan keju, gula-gula, hingga kopi.

Chiffon Cake

Kamu tau Chiffon cake? Beberapa orang mungkin akan kesulitan membedakan antara sponge cake, butter cake, dan chiffon cake karena dari ketiga kue basah kekinian ini sangat mirip satu sama lainnya.

Keunikan dari kue basah modern ini adalah setelah adonan utama selesai dibuat, kamu bisa memberikan perasa apapun yang diinginkan sesuai selera seperti vanilla, cokelat, keju, atau bahkan buah-buahan segar. Chiffon cake ini selain bisa dibuat dengan tube pan dengan cara dikukus, juga bisa menggunakan wadah cup atau loyang.

Perbedaan utama dari chiffon cake dan sponge cake adalah tidak terdapat kandungan lemak pada sponge cake. Kuning telur dan putih telur pada adonan kue sponge dikocok terpisah, tidak menggunakan mentega. Sponge cake telah ditemukan resepnya ratusan tahun jauh sebelum chiffon cake dibuat. Dalam proses pembuatannya, berbeda dengan chiffon cake, sponge cake memanfaatkan soda kue agar mendapatkan tekstur yang lebih mengembang.

Prol Tape

Kue basah ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai kue tradisional, lebih tepatnya kue ini berasal dari Jember. Namun, prol tape kini bisa dipertimbangkan menjadi kue basah kekinian karena semakin populer dan banyak peminatnya.

Kue prol tape terbuat dari bahan tape dengan tingkat kematangan tape yang tidak terlalu matang maupun mentah. Dari olahan tape ini jadilah paduan rasa prol tape yang manis dengan aroma sedikit kecut. Selain tape singkong, bahan tambahan kue ini juga terbuat dari tepung terigu, susu, mentega dan telur. Campuran mentega dan telur, menjadikan kue ini memiliki sedikit rasa gurih.

Bahan-bahan lain yang digunakan untuk membuat kue basah kekinian ini adalah tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Bahan mentega dan telur di prol tape membuat rasanya sedikit gurih. Seiring dengan perkembangan kuliner, prol tape kini juga memiliki aneka rasa, seperti coklat, keju, kismis, dan lain-lain.

Jadi, itulah beberapa rekomendasi kue basah kekinian yang bisa menjadi referensi kamu ketika ingin membuat kue basah, atau pun ingin membeli kue basah. Kamu bisa menikmatinya sendiri, bersama-sama saat berkumpul dengan keluarga, atau bisa juga untuk menjamu tamu yang datang ke rumah.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.