Mengenal Apa Itu Public Speaking dan Metodenya

public speaking

Public speaking menjadi salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam banyak pekerjaan. Banyak kegiatan yang kamu lakukan dengan mengandalkan public speaking, salah satu contohnya seperti ketika anda sedang melakukan presentasi di depan public atau di depan rekan-rekan kantor.

Berbagai penelitian menyebutkan tentang banyaknya ketakukan terhadap berbicara di depan umum. Hal ini membuat CNBC News menuliskan bahwa, 75% orang dewasa takut untuk berbicara di depan umum.

Jadi, bukan hanya kamu yang tiba-tiba nervous atau gugup kalau disuruh berbicara di depan umum, bahkan hampir semua orang dewasa merasakan hal yang demikian. Meskipun begitu nyatanya public speaking merupakan kemampuan yang dapat dipelajari dan dikembangkan. Penasaran bagaimana caranya? Let’s go! Bisa kamu simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Public Speaking

Melansir laman ThoughtCo, public speaking adalah sebuah seni berpidato, di mana pembicara berkomunikasi dengan audiensnya melalui presentasi lisan.

Lalu, menurut Cleverism, ia dapat dianggap sebagai skill yang bisa digunakan untuk membangun keterlibatan atau relasi dengan audiens saat berkomunikasi di depan umum. Hal tersebut berlaku baik di depan orang-orang yang sudah dikenal atau belum sama sekali.

Kamu pasti sering melihat orang-orang yang berpidato dengan lancar dan baik di hadapan ratusan atau bahkan riburan orang. Pada dasarnya, orang tersebut memanfaatkan kemampuan public speaking supaya percaya diri dan dapat menyampaikan informasi yang jelas kepada semua orang di depannya.

Secara umum, kemampuan ini memegang peranan penting untuk membawa seseorang terlihat lebih profesional. Sering kali, beberapa orang merasakan ketakutan yang besar saat diminta tampil di hadapan banyak orang. Padahal, rasa ketakutan tersebut dapat diatasi dengan baik jikalau kamu mampu menguasai kemampuan public speaking.

Oleh karena itu, kemampuan ini bisa dibilang menjadi salah satu senjata utama yang harus dipersiapkan oleh seseorang sebelum memasuki dunia profesional.

Kenapa Public Speaking penting?

Sederhananya adalah public speaking merupakan kemampuan komunikasi yang sangat penting. tidak hanya untuk kepentingan karier, tapi juga kehidupan sehari-hari. Anda akan mengalami momen di mana harus berbicara di depan umum. Misalnya, presentasi di depan kelas, memimpin rapat, presentasi di depan tim atau klien, dan lainnya.

Dengan kemampuan public speaking yang baik, kamu bisa menyampaikan gagasan, ide, informasi atau hal lainnya dengan baik. Selain itu, kamu juga jadi lebih percaya diri, bisa memimpin orang lain, dan memengaruhi orang lain.

Baca Juga: Manfaat Percaya Diri dalam Kehidupan

Kemampuan public speaking juga bisa memperluas networking. Ketika berbicara di depan umum dengan baik, orang bisa menjadi kagum dan ingin berbicara denganmu. Ini bisa jadi kesempatan bagus untuk membangun relasi baru untuk membuka berbagai peluang. Misalnya membangun bisnis bersama dan berkolaborasi untuk project tertentu.

Metode Public Speaking

Di dalam pelaksanaan public speaking, terdapat empat metode khusus yang bisa diikuti oleh pembicara. Metode-metode ini bisa kamu terapkan sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan disesuaikan dengan keperluan dan gaya berbicara yang ingin kamu lakukan.

Penasaran apa saja metode public speaking yang dapat kamu gunakan? Berikut adalah penjelasan lengkapnya. Yuk, disimak!

Improptu style

Metode public speaking pertama yang kerap digunakan oleh para profesional adalah improptu style.

Secara teoritis, istilah pidato “improptu” memiliki makna “dibuat di tempat.” Maka dari itu, metode ini mengacu pada pembicara yang tidak banyak berlatih dengan naskah yang tidak banyak dipersiapkan.

Pidato yang dipersiapkan dengan metode ini umumnya pendek dan seringkali diberikan dengan sedikit atau tanpa pemberitahuan sama sekali. Catatan jarang digunakan dan pembicara umumnya melihat langsung kepada penonton. Hasilnya, mereka mampu membuat penonton terlibat dengan lebih mudah.

Metode ini dipilah menjadi 3 kategori yang berbeda, yakni dari rentang sama sekali tidak ada persiapan, sedikit persiapan, dan berlatih sekadarnya.

Manuscript style

Metode public speaking berikutnya yang dapat anda gunakan untuk keperluan presentasi adalah manuscript style.

Melansir Lumen Learning, metode ini mengacu pada teknik berpidato dengan naskah yang sudah dipersiapkan secara baik. Metode ini biasanya dimanfaatkan oleh para pejabat negara atau bagi mereka yang hendak memberikan sambutan di acara resmi atau formal.

Metode manuscript umumnya digunakan untuk menghindari terjadinya kesalahan karena setiap kata yang diucapkan akan diperhatikan oleh masyarakat luas dan dikutip oleh media massa.

Memorized style

Memorized style merupakan salah satu metode public speaking yang paling sering digunakan dalam dunia profesional.

Metode ini mengacu pada teknik menghafal skrip yang akan dibacakan kepada audiens secara verbatim, atau kata demi kata agar bisa disaring dengan mudah. Metode ini, menuntut pembicara untuk menguasai semua susunan bahasa, ide, dan gagasan yang terdapat di dalam skrip.

Maka dari itu, metode memorized sejatinya lebih cocok untuk mereka yang memiliki daya ingat tinggi. Selain itu, metode ini juga cocok untuk pembicara dengan pembahasan atau topik yang menarik dan sederhana.

Extempore style

Metode public speaking terakhir yang dapat anda manfaatkan untuk kebutuhan presentasi adalah extempore style.

Menurut Study, dari keseluruhan metode di atas, metode extempore merupakan gaya berpidato yang sangat dianjurkan untuk pembicara di ranah profesional.

Mengapa demikian? Sebab, metode ini mendorong pembicara untuk menggunakan skrip pidato yang hanya berisi outline dan pokok-pokok penunjang.

Dengan menggunakan outline dan aspek-aspek penunjang, pembicara memiliki pedoman untuk mengatur gagasan dalam pikiran yang akan mereka sampaikan ke audiens.

Metode ini juga akan mengurangi kesalahan saat presentasi. Pasalnya, outline yang terdapat dalam skrip dijamin bisa mengurangi rasa takut akan kekeliruan.

Nah, itu dia pembahasan tentang apa itu public speaking, pentingnya public speaking di tempat kerja, dengan metodenya yang bisa kalian pelajari dan disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan dan disesuaikan dengan keperluan dan gaya berbicara yang ingin kamu lakukan. Belajar public speaking tentu butuh waktu, konsistensi, dan proses yang tidak sebentar, tapi pelan-pelan kamu pasti akan berkembang. Jangan menyerah dan tetap semangat!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.