Langkah Menerapkan Disiplin Diri Untuk Mencapai Tujuan

menerapkan disiplin diri

Merasa sulit disiplin, begitu banyak hal yang menghadang melemahkan disiplin diri ketika niat dan tekad telah bulat menjalani sesuatu yang ingin dituju. Menerapkan disiplin pada diri sendiri memang tidak senyaman rebahan sehabis makan, banyak yang harus diperjuangkan.

Lantas, apakah disiplin diri mustahil diterapkan? Tentu saja tidak.

Lalu bagaimana agar disiplin diri mudah diterapkan? Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menerapkan disiplin diri.

Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan akan melahirkan motivasi. Sebuah dorongan yang tidak hanya kuat, namun juga tabah menerabas aral rintangan sepanjang proses mencapai tujuan. Tujuan yang jelas adalah salah satu dasar alasan dari penerapan disiplin. Dengan tujuan yang jelas maka kesadaran akan tanggung jawab dan nilai moral menjadi lebih tinggi.

Jangan Goyah

Setelah menetapkan tujuan, tanamkan pada diri bahwa tujuanmu adalah hal yang tidak bisa lagi diubah. Jika ada hal-hal yang melemahkan ambisi menggapai tujuan, jangan goyah. Teguhkan pikiran, agar kemudian tujuanmu tidak menjadi bias. Bila tujuan mulai menjadi bias, maka peluang terjadinya indisipliner di dirimu menjadi lebih besar.

Tetapkan Aturanmu dan Patuhi

Setelah tujuanmu mantap, perjuangan menjadi displin baru saja dimulai. Hakikatnya disiplin adalah tidak melanggar sebuah ketetapan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Maka buatlah aturanmu sendiri. Susun strategi agar kamu mampu memenuhi aturan yang sudah kamu tetapkan. Misalnya ketika sedang menjalani diet bertujuan menurukan berat badan, kamu bikin aturan olahraga setiap pagi, maka pasanglah pengingat sebagai strategi agar kamu tidak bangun kesiangan.

Lawan, Lawan, Lawan!

Dalam proses mencapai suatu tujuan, seringkali ego dalam diri melemahkan perjuangan. Jika kamu tidak melawan egomu maka sedikit demi sedikit aturan yang sudah kamu tetapkan akan melemah seiring pelanggaran yang sudah kamu lakukan. Jika sudah demikian maka disiplin tidak lagi dijalankan dengan baik. Oleh karena itu, hindari pelanggaran sekecil apapun, jika egomu atau godaan datang harus kamu lawan, lawan dan lawan!

Demikianlah langkah menerapkan disiplin diri yang bisa kamu terapkan untuk mencapai tujuanmu.
Selamat berjuang!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

1 Response

  1. Timmy Malachi says:

    Bagus ini buat saya yang sering kebanyakan ide sulit mewujudkannya karena sering terdistraksi dengan ide- ide baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *