Wisata Bogor yang Menarik dan Romantis untuk Dikunjungi

tempat wisata bogor

Bogor, dengan julukannya sebagai kota hujan, merupakan salah satu kota yang mempunyai banyak destinasi wisata menarik. Hanya berjarak kurang lebih 90 menit perjalanan dari Jakarta, membuat acap kali kota ini dipenuhi kendaraan plat B saat weekend. Banyak warga Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang menghabiskan akhir pekan di Bogor.

Salah satu daya tarik wisata di Bogor adalah udaranya yang cenderung sejuk karena Bogor termasuk wilayah dataran tinggi, berada di dekat Gunung Salak dan Gunung Gede-Pangrango. Dengan letak geografis seperti itu, tak mengherankan seringnya hujan turun di Bogor. Hujan tersebut merupakan hujan orografi, yaitu hujan yang terjadi di daerah penggunungan. Sebelum berwisata ke Bogor yang memiliki curah hujan tinggi, ada baiknya baca juga artikel Persiapan Ekstra saat Piknik di Musim Hujan agar liburan kalian berjalan lancar.

Jika kalian pertama kalinya ke Bogor dan bingung memilih tempat wisata Bogor yang ingin dikunjungi, berikut Penalis berikan rekomendasi destinasi wisata menarik di Bogor.

Kebun Raya Bogor

Layak berada di urutan pertama, Kebun Raya Bogor ini merupakan salah satu ikon Kota Bogor. Tempat wisata Bogor paling terkenal ini sangat cocok untuk liburan keluarga, kalian bisa berkeliling kebun raya menikmati suasana alam yang asri, bisa bersepeda, berfoto-foto ria dengan latar pepohonan hijau.

kebun raya bogor
Kebun Raya Bogor – Instagram: janoko_18

Kebun Raya Bogor sangat strategis letaknya, tepat berada di pusat Kota Bogor. Kalau kalian naik kendaraan umum ke Bogor dan mau ke kebun raya, aksesnya sangat gampang saking strategisnya, bisa diakses hanya dengan berjalan kaki santai dari stasiun kereta api dan terminal bus.

Tiket masuk Kebun Raya Bogor masih tergolong murah, terjangkau untuk berbagai kalangan. Harga tiket masuk Kebun Raya Bogor terbaru 2021 adalah Rp16.500 (weekday) dan Rp26.500 (weekend). Jika kalian membawa kendaraan pribadi, tiket parkir di Kebun Raya Bogor untuk mobil Rp50.000, untuk sepeda motor Rp5.000, dan untuk sepeda Rp5.000. Sedangkan jam operasional Kebun Raya Bogor adalah 08.00—16.00 WIB (weekday) dan 07.00—16.00 WIB (weekend). Tiket Kebun Raya Bogor bisa dibeli secara online melalui website resminya https://kebunraya.id

Wisata Perkebunan Teh Puncak

Rekomendasi berikutnya adalah perkebunan teh di kawasan Puncak. Kalian bisa menikmati nuansa sejuk di tengah hamparan perkebunan teh nan hijau yang membentang luas. Kabar baiknya, berwisata di sini gratis, tidak ada tiket masuk, kalian dapat berfoto-foto ceria sepuasnya. Kalau lapar, terdapat banyak warung makan dan tempat ngopi yang berderet di sepanjang Jalan Raya Puncak atau lebih dikenal dengan warpat.

perkebunan teh puncak
Perkebunan Teh Puncak

Di beberapa spot warung ada yang menyediakan view Kota Bogor dari ketinggian. Kalau sempat, cobalah bersantai di sini saat malam hari saat cuaca cerah, kalian akan dimanjakan citylight Kota Bogor yang indah. Jangan lupa siapkan jaket tebal, ya! Tubuh kalian akan diterpa suhu dingin di Kawasan Puncak saat malam hari.

Paralayang Bukit Gantole

Masih di Kawasan Puncak Bogor, tempat wisata ini bisa dibilang khusus untuk kalian yang suka kegiatan ekstrim. Di Paralayang Bukit Gantole, kalian dapat merasakan sensasi serunya melayang di ketinggian 1.300 meter dari permukaan sambil melihat pemandangan Kawasan Puncak Bogor yang menghijau luas. Tidak perlu khawatir soal keamanan karena kegiatan paralayang ini didampingi oleh instruktur profesional yang sudah berpengalaman dalam olahraga paralayang. Di Indonesia, paralayang berinduk pada organisasi PLGI (Persatuan Layang Gantung Indonesia), dan berada di bawah Federasi Aero Sport Indonesia.

paralayang bukit gantole
Paralayang Bukit Gantole – Instagram: paralayangpuncak_official

Lokasi Bukit Gantole tidak jauh dari Masjid At-Ta’awun, sekitar kurang lebih 300 meter. Tiket masuk Bukit Gantole adalah Rp13.000 per-orang. Di Bukit Gantole juga terdapat spot menarik untuk berfoto-foto dengan latar ketinggian. Jika beruntung cuaca sedang cerah, kalian bisa berfoto di atas awan khas puncak gunung. Sedangkan untuk menikmati olahraga paralayang, kalian perlu merogoh kocek Rp450.000 per-orang. Sedikit mahal memang, tapi dijamin menyenangkan, tidak mengecewakan, kecuali kalian tipe orang yang takut ketinggian.

Kampung Budaya Sindang Barang

Tempat wisata Bogor satu ini cocok untuk kalian yang merasa bosan dengan suasana perkotaan. Di Kampung Budaya Sindang Barang, kalian tidak hanya sekadar berwisata, tapi juga sekaligus belajar tentang seni budaya. Wisata budaya di Kampung ini cocok bagi anak-anak, karena di sana Anda dan anak-anak dapat belajar banyak hal mengenai Budaya Sunda, melihat pertunjukkan dan atraksi khas Sunda dan tentunya menikmati keindahan alam Bogor yang masih asri.

kampung budaya sindang barang
Kampung Budaya Sindang Barang – Instagram: reynaldioktfn

Untuk harga tiket masuk wisata Kampung Budaya Sindang Barang adalah Rp15.000 (weekday) dan Rp20.000 (weekend), terdapat penginapan juga kalau kalian berminat untuk bermalam di Kampung ini. Lokasinya berada di Jl. Endang Sumawijaya, Sindang Barang, Kecamatan Tamansari, Bogor.

Devoyage

Devoyage adalah tempat wisata yang mengusung konsep lingkungan Eropa. Kamu akan disuguhkan suasana Eropa yang sangat memukau dan bagus dijadikan spot foto. Terdapat ratusan spot foto yang bisa kamu sambangi. Bersua foto sampai puas berlatar unik ala Eropa bisa kamu lakukan disana.

20180406084943 1 devoyage bogor 005 tantri setyorini
Instagram/eka.oktavivi

Selain daya tarik suasana dan spot foto ala Eropa, di Devoyage kamu juga bisa berwisata kuliner citarasa Eropa yang patut untuk dicoba. Devoyage beroperasi pada hari Senin – Jumat pukul 09.00 s/d 19.00 WIB dan pada akhir pekan pada 09.00-19.00 WIB. Jika kamu berkunjung ke Bogor jangan lewatkan tempat yang satu ini yah.

Curug 7 Cilember

Salah satu wisata air terjun yang berada di Bogor. Keadaan Geografis kota Bogor yang berada di ketinggian 190 sampai dengan 330 MDPL, menjadi faktor terdapat banyak mata air terjun yang akrab disebut curug. Salah satu destinasi wisata curug yang wajib dikunjungi di Bogor yaitu Curug 7 Cilember. Curug 7 Cilember memiliki satu mata air, yang kemudian terpecah menjadi tujuh di ketinggian yang berbeda. Wilayah administrasi curug Cilember berada di Jalan Raya Puncak Cisarua – Bogor. Fasilitas di Curug Cilember cukup lengkap, seperti musholah, toilet, lahan parkir dan penginapan juga ada. Wahana di Curug 7 Cilember juga lumayan banyak diantaranya Pohon Pinus, Konservasi kupu-kupu, Camping Ground, dan tentunya Curug 7.

curug cilember imghs
Instagram @curug7_cilember

Jam operasional Curug 7 Cilember mulai dari 07.00 sd 17.00 WIB , Bagi kamu yang ingin berpiknik ke Curug 7 Cilember sebaiknya menggunakan kendaraan yang sehat, karena jalur menuju kesana cukup terjal. Tiket masuknya cukup terjangkau yaitu Rp 25.000.-

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara adalah agrowisata yang digagas oleh ketua yayasan buga Ibu Dani Bustanil Arifin pada tahun 1992. Dibangun di atas tanah seluas 35 hektar, Taman Bunga Nusantara terletak di Jalan Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Kec. Sukaresmi, Cianjur – Jawa Barat.

Keunikan Taman Bunga Nusantara tentunya tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Banyak sekali bunga yang ditata sedemikian indah dan terawat. Seperti di Negeri Dongen.

taman bunga nusantara
Instagram @j_anandary

Hal-Hal yang bisa dilakukan di Taman Bunga Nusantara ialah makan, bersua foto, dan bisa juga menginap disana. Selain bisa melakukan hal-hal seru, di Taman Bunga Nusantara tentu sangat romantis jika kamu berpiknik bersama si kesayangan.

Taman Bunga Nusantara beroperasi mulai pukul 08.00 sd 17.00, harga tiket masuk perorang Rp 40.000. Harga yang pantas untuk menikmati indahnya lautan bunga.

Demikianlah Tempat wisata Bogor yang menarik dan romantis untuk dikunjungi, semoga bisa menjadi referensi wisata akhir pekan yang sudah menunggu kamu ya Sahabat Penalis. Salam lestari!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *