Pengertian Trader dan Investor Saham

trader dan investor saham

Baru belajar tentang saham? Mari mengenal istilah saham lebih dalam lagi. Dalam dunia investasi saham, ada dua julukan bagi pelaku transaksi di pasar modal yaitu;

Trader Saham

Trader adalah pelaku transkasi saham dengan membeli dan menjual saham untuk mendapat keuntungan atau Capital Gain yang besar. Memanfaatkan situasi, sentiment pasar, dan faktor lain. Biasanya transaksi saham dilakukan dengan jangka waktu yang pendek.
Contoh: Hari ini membeli saham dengan harga Rp1.000 per lembar, saat nilai saham di angka Rp1.500 per lembar, trader menjual sahamnya dan mendapatkan untung.

Investor Saham

Orang atau badan yang melakukan suatu investasi saham biasanya dalam jangka yang lebih panjang dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau Deviden. Seorang investor saham akan menanam sahamnya pada perusahaan yang fundamentalnya bagus dalam jangka panjang.

Mana yang lebih baik trader atau investor saham?

Trader cenderung memiliki resiko yang lebih besar dalam menderita kerugian, namun juga memiliki peluang mendapat capital gain yang lebih besar dan lebih cepat.

Investor saham memliki resiko yang lebih kecil mengalami kerugian, karana saat membeli saham analisis pada saham yang ingin dibeli cenderung pada perusahaan yang fundamentalnya bagus sampai masa mendatang.

Baik atau buruk tergantung siapa yang melakukan dan cara melakukannya. Gaya investasi apapun yang kamu lakukan nantinya, mulailah dengan membuka akun sekuritas di perusahaan sekuritas yang baik.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *