Jenis Perlindungan Asuransi yang Bagus untuk Anak

asuransi untuk anak

Memiliki asuransi penting bagi semua orang, tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga sudah seharusnya memiliki asuransi. Sebagai orang tua, tentu sudah seharusnya bertanggung jawab atas masa depan anak. Salah satu langkah bertanggung jawab atas masa depan anak adalah dengan memberinya asuransi.

Asuransi anak merupakan salah satu langkah terbaik dalam perencanaan keuangan di masa depan ketika kelak anak sudah besar dan memerlukan berbagai macam biaya yang tidak sedikit. Akan ada banyak sekali manfaat yang diperoleh jika memberikan asuransi untuk anak, selain itu juga asuransi anak dapat membantu memberikan perlindungan finansial untuk orang tua.

Sebagai orang tua yang bertanggung jawab, pasti akan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Misalnya memiliki keinginan untuk menyekolahkan anaknya di sekolah terbaik, atau ketika anak sakit akan berusaha memberikan pengobatan terbaik. Namun, beberapa keinginan itu terkadang dihalangi oleh kondisi keuangan yang kurang mendukung, tak jarang dihadapkan dilema antara kebutuhan anak dan prioritas kebutuhan lain. Karena itulah pentingnya mempersiapkan rencana keuangan anak sedini mungkin.

Jenis-jenis Asuransi Anak

Sebenarnya ada banyak cara untuk mempersiapkan masa depan anak, salah satu cara terbaiknya adalah dengan berasuransi. Namun, terkadang orang tua acapkali bingung dalam memilih jenis asuransi untuk anak saking banyaknya produk asuransi anak yang ditawarkan. Menurut Penalis, setidaknya ada 3 dari beberapa jenis asuransi anak yang sebaiknya dimiliki oleh sang buah hati.

Asuransi Pendidikan Anak

Alasan utama perlunya anak memiliki asuransi pendidikan tentu saja karena pendidikan itu sangat penting. Selain itu, biaya pendidikan yang semakin mahal juga merupakan alasan kuat pentingnya merencanakan biaya pendidikan anak dengan asuransi. Perlu diketahui, menurut data dari BPS, biaya pendidikan selalu mengalami kenaikan 10% setiap tahunnya. Itu artinya, jika uang pangkal masuk sekolah menengah pertama saat ini adalah Rp10.000.000, maka dalam 10 tahun yang akan datang biayanya bisa mengalami kenaikan hingga Rp100.000.000.

Perlu dicatat juga, biaya tersebut baru uang pangkal saja, belum termasuk biaya iuran bulanan sekolah, transportasi anak ke sekolah, biaya praktikum, pembelian alat-alat tulis, pembelian seragam sekolah, dan sebagainya. Jika dijumlahkan semua biaya tersebut tentu bukan biaya yang tidak sedikit. Karena itulah pentingnya mempersiapkan biaya pendidikan anak sedini mungkin melalui asuransi pendidikan anak.

Asuransi Kesehatan Anak

Kesehatan juga merupakan sesuatu yang sangat penting, bahkan bagi semua orang. Semua orang sudah seharusnya memiliki asuransi kesehatannya sendiri, termasuk anak-anak kita. Malah sebaiknya lebih memprioritaskan asuransi kesehatan untuk anak karena anak-anak cenderung lebih mudah sakit dibandingkan dengan orang dewasa.

Biasanya produk asuransi kesehatan memiliki banyak fitur yang membuat orang-orang bingung dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat. Beberapa fitur dalam asuransi kesehatan diantaranya adalah mendapatkan kemudahan dalam pengajuan klaim tanpa kartu (cardless) di rumah sakit, mendapatkan manfaat rawat inap dan rawat jalan, serta mendapatkan manfaat reimbursement (penggantian biaya) untuk rumah sakit di luar jaringan kerja sama perusahaan asuransi.

Dalam produk asuransi kesehatan pada umumnya, semakin besar premi yang dibayar maka akan semakin besar dan banyak pula manfaat proteksi kesehatan yang diperoleh. Meski demikian, bukan berarti Anda harus membeli polis asuransi kesehatan anak dengan premi yang termahal, tapi sesuaikan dengan kebutuhan anak Anda.

Asuransi Gawai

Asuransi jenis ini mungkin terdengar sepele, tapi sebenarnya cukup penting. Mungkin banyak pula yang belum tau adanya asuransi gawai. Asuransi ini terbilang cukup penting terutama sejak adanya pandemi Covid-19, cara belajar anak berubah menjadi pembelajaran daring yang diakses melalui gawai seperti komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone. Gawai nyaris tidak bisa dipisahkan dari kegiatan belajar anak.

Pernahkan terpikirkan oleh Anda jika gawai mengalami kerusakan? Tentu akan menghambat kegiatan belajar mengajar anak Anda, apalagi mengingat biaya perbaikan gawai yang tidak sedikit. Di sinilah peran penting asuransi gawai, yaitu memberikan perlindungan atas risiko kerusakan fisik gawai akibat kecelakaan yang tidak disengaja, baik kerusakan sebagian maupun kerusakan total, serta risiko kehilangan gawai akibat pencurian.

Jika suatu saat gawai yang digunakan oleh anak Anda rusak dan masih bisa diperbaiki, pihak asuransi akan mengganti biaya perbaikan di service center resmi yang ditunjuk. Sedangkan jika keadaan gawai rusak total hingga tidak dapat digunakan lagi, pihak asuransi akan mengganti gawai tersebut dengan model yang sama atau bisa juga menggantinya dengan model lain jika gawai tersebut sudah tidak tersedia lagi di pasaran.

Mengingat sifat anak-anak yang cenderung ceroboh seperti mudah menjatuhkan gawai, asuransi perangkat elektronik akan sangat bermanfaat dalam menekan risiko pengeluaran tak terduga yang timbul akibat gawai yang rusak. Asuransi gawai berlaku untuk komputer desktop, laptop, tablet, atau smartphone dengan masa pertanggungan yang umumnya selama 12 bulan.

Manfaat Asuransi untuk Anak

Akan ada banyak sekali manfaat yang diperoleh dari memiliki asuransi anak. Contohnya jika anak memiliki asuransi pendidikan, Anda tidak perlu khawatir lagi akan dana pendidikan anak karena nantinya pihak asuransi akan membantu biaya pendidikan anak jika Anda mengalami suatu musibah atau masalah finansial di kemudian hari. Selain itu juga umumnya pihak asuransi dapat memberikan manfaat uang pertanggungan jika Anda sebagai pemegang polis meninggal dunia dan asuransi akan menjamin kelangsungan pendidikan anak dengan menanggung biaya pendidikannya. Tentu hal ini akan membuat orang tua merasa tenang tanpa perlu lagi khawatir dengan biaya pendidikan anak di masa depan.

Memiliki asuransi kesehatan untuk anak juga tidak kalah banyak manfaatnya, kelak jika nanti anak sakit, kita sebagai orang tua bisa memberikan pengobatan terbaik untuk sang buah hati. Jika kemampuan finansial Anda tidak memungkinkan, Anda bisa mendaftar asuransi keluarga yang sekaligus dapat memberikan proteksi pada anak. Kelebihan dari asuransi kesehatan keluarga jenis ini, Anda cukup memiliki satu polis asuransi, tapi dapat melindungi seluruh anggota keluarga. Asuransi kesehatan keluarga umumnya dapat melindungi tiga hingga lima orang anggota keluarga yang dibuktikan dengan kartu keluarga.

Ciri Asuransi yang Bagus untuk Anak

Tertarik ingin memberikan asuransi kepada anak Anda? Tunggu dulu, Anda harus pintar-pintar dalam memilih layanan asuransi. Berikut Penalis berikan ciri-ciri asuransi yang bagus untuk anak Anda.

Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan asuransi yang bagus haruslah berkredibel. Pilih perusahaan asuransi yang dapat menjamin kebutuhan yang diperlukan nasabahnya. Pemilihan perusahaan asuransi sangat berperan pada produk asuransi mengingat jangka waktunya yang cukup lama, khususnya asuransi pendidikan anak. Oleh karena itu, sebagus apapun asuransi pendidikan yang Anda pilih, jika berasal dari perusahaan asuransi yang tidak berkredibel maka akan berisiko pada masa depan anak. Untuk dapat mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi, Anda bisa cek track record perusahaan. Atau bisa juga melihat kondisi keuangan perusahaan via neraca keuangan dan aset perusahaan yang biasanya terdapat di situs web resmi perusahaan.

Memiliki Banyak Manfaat

Asuransi untuk anak yang bagus haruslah dapat memberikan banyak manfaat. Sebagai contoh, ada yang membedakan antara asuransi kesehatan biasa dengan asuransi kesehatan anak pada manfaat yang ditawarkan. Asuransi kesehatan anak menawarkan beberapa manfaat seperti vaksin dan imunisasi yang memang dibutuhkan oleh anak. Oleh karena itu, pilihlah produk layanan asuransi yang dapat memberikan banyak manfaat bagi anak Anda.

Itulah beberapa jenis-jenis asuransi yang bagus untuk anak Anda, mulai dari asuransi pendidikan anak hingga asuransi kesehatan anak. Jangan menunggu waktu lebih lama lagi untuk memberikan asuransi kepada anak Anda. Salam sehat!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

1 Response

  1. nengbiker says:

    untuk asuransi pendidikan aku masih hitung2an sih ini. but this is good insight, thou

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *