Menjadi Anggota Keluarga yang Baik Demi Mewujudkan Keluarga Bahagia

menjadi anggota keluarga yang baik

Keluarga adalah simbol hubungan yang tidak bisa dipisahkan. Setiap orang mengidamkan keluarga yang baik dan bahagia. Keluarga sangat melatarbelakangi kehidupan seseorang. Identitas diri dan jati diri seseorang sebagian besar dipengaruhi lingkungan keluarga.

Lantas, bagaimana menjadi keluarga yang baik?

Berikut Penalis rangkum hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjadi anggota keluarga yang baik demi mewujudkan keluarga bahagia.

Perhatian

Berilah perhatian pada anggota keluarga dengan baik, perhatian sangat berarti bagi siapapun. Perhatian menumbuhkan semangat. Siapapun yang merasa diperhatikan, pasti akan melakukan apapun dengan lebih baik. Sebaliknya, jika tidak ada perhatian, apapun itu cenderung akan menjadi hal yang tidak terurus dan tidak baik.

Berilah keluarga perhatian yang baik. Apapun yang sedang dialami atau dilakukan anggota keluarga, perhatikanlah dengan baik. Jika ada kesalahan berikanlah saran, berikan dukungan ketika keluraga sedang melakukan hal yang sulit dalam urusan kebaikan.

Gemar Menolong

Tolong menolong ke sesama anggota keluarga menjadi salah satu parameter keluarga yang baik. Gemar menolong keluarga akan menumbuhkan keharmonisan yang subur. Setiap ingin menolong keluarga, usahakan tanpa mengharapkan apapun dan jangan perhitungkan apapun.

Memberikan Lebih

Kemana harus kita memberikan lebih, kalau bukan pada keluarga? Memberi waktu, tenaga, pikiran sepantasnya diberikan kepada yang dirasa sangat berharga. Setelah diri sendiri, keluarga sangat pantas menjadi hal yang berharga berikutnya. Usahakan memberikan lebih, karena kebaikan yang terjadi pada keluarga akan berimbas juga kepada diri sendiri sebagai bagian dari keluarga.

Jangan Cemburu

Perbedaan pasti ada, anggota keluarga pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sering kali tanpa sadar rasa cemburu tumbuh dan menggerogoti keharmonisan yang sudah terjalin. Jika ada hal yang tidak seimbang, sebaiknya segera diperbaiki bersama. Jangan jadikan ketimpangan yang ada malah hanya melahirkan kecemburuan yang tidak bermanfaat bagi keluaraga. Sampaikan dengan baik dan bijak jika ada perasaan yang mengganjal, tidak perlu memerihara rasa cemburu untuk keluarga.

Akur

Perbedaaan pendapat itu biasa, dewasalah dalam menghadapinya. Untuk keluarga tidak perlu perbedaan pendapat kemudian menjadi akar permusuhan. Semua hal yang dilakukan di ruang keluarga haruslah berdasarkan kebaikan. Maka itu sangat penting menjaga hubungan baik dengan anggota keluarga lain. 

Keluarga yang baik adalah keluarga yang harmonis. Utamakan keluargamu dan jadilah contoh bagi anggota keluarga lain. 

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *