Mengatur Pengeluaran Bulanan Menggunakan Laporan Keuangan

laporan keuangan

Laporan keuangan merupakan salah satu hal yang penting bagi sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Namun, tidak hanya berguna untuk urusan bisnis, laporan perusahaan juga bisa berguna untuk kepentingan pribadi, contohnya untuk laporan keuangan keluarga.

Laporan keuangan dapat memberikan gambaran tentang keuangan Anda setiap bulannya, dan jika Anda tidak mengelola keuangan dengan baik, pada akhirnya hal ini akan mempengaruhi keuangan Anda.

Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi beberapa hal berikut ini:

  • Neraca
  • Laporan laba rugi komprehensif
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan

Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia, tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja, dan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan untuk membantu sejumlah besar pengguna dalam pengambilan keputusan.

Nah, laporan keuangan bukan hanya untuk perusahaan saja. Anda sebagai pribadi juga bisa memanfaatkan laporan keuangan ini untuk mengetahui kondisi keuangan Anda setiap bulannya.

Sebelum membuat laporan keuangan, pastikan Anda mengetahui tips mengatur keuangan keluarga.

Kebutuhan rumah tangga yang cukup banyak juga perlu dikelola agar lebih maksimal dan tidak boros. Cara mengatur keuangan rumah tangga berikut bisa diterapkan bersama keluarga Anda.

1. Rencana belanja bulanan

Sama seperti memenuhi kebutuhan pribadi, dalam sebuah rumah tangga kebutuhan bulanan juga perlu direncanakan secara matang. Dalam penyusunannya, utamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Misalkan pada contoh daftar pengeluaran bulanan berikut.

  • Bahan Makanan
  • Tagihan listrik dan air
  • Peralatan rumah tangga lain
  • Cicilan dan iuran
  • Kebutuhan tambahan (Wi-Fi, rekreasi, dan lainnya)

2. Masak dan Makan Di Rumah

Masak dan makan di rumah sangat ampuh untuk menekan biaya pengeluaran keluarga. Bayangkan saja, sekali Anda dan keluarga makan di restoran bisa menghabiskan uang sekitar 50 ribu per orang. Sedangkan uang dengan jumlah tersebut sudah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan makan satu keluarga di rumah.

3. Menabung dan Investasi

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga agar tetap stabil adalah dengan menabung dan berinvestasi. Jika Anda berpenghasilan tetap per bulan, tidak ada salahnya untuk menyisihkan sedikit untuk ditabung.

Di samping menabung, Anda dan pasangan juga bisa mencoba berinvestasi. Langkah ini juga bisa menjadi cara yang tepat untuk menyiapkan diri di hari tua nanti.

4. Asuransi

Mengajukan asuransi adalah cara mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya yang wajib dilakukan, khususnya jika Anda telah berkeluarga dan memiliki anak. Dengan asuransi, beberapa resiko yang terjadi tidak akan begitu memberatkan pengeluaran dan keluarga.

5. Pendapatan tambahan

Mencari pekerjaan sampingan bisa menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga yang mudah dilakukan. Banyak alternatif yang bisa dicoba, seperti melakukan bisnis rumahan atau bisnis online bersama pasangan.

Dari aktivitas yang anda lakukan itu baru anda bisa membuat laporan keuangan. Setiap pengeluaran harus dicatat. Lakukan ini setiap harinya. Laporan keuangan harian bisa menjadi alat kontrol pengeluaran Anda. Selain itu, laporan tersebut juga bisa Anda gunakan untuk menganalisis pengeluaran yang tidak begitu penting dan menghindarinya di masa yang akan datang.

Pentingnya Mengatur Keuangan

Apa saja manfaat yang bisa Anda ambil jika berhasil menerapkan cara mengatur keuangan pribadi dengan baik? Tentu banyak sekali, simak jawabannya pada daftar berikut ini.

Cash flow aman. Monitor langsung keuangan Anda, sehingga tidak ada pendapatan dan pengeluaran yang terlewat.

Identifikasi kesalahan finansial. Ketahui permasalahan yang terjadi ketika mengatur keuangan sebagai bahan untuk evaluasi kedepannya.

Masa pensiun tenang. Cara mengatur keuangan pribadi dapat membantu Anda dalam menyiapkan diri di hari tua.

Satu hal yang sangat perlu untuk diperhatikan saat mencoba cara mengatur keuangan rumah tangga, pribadi maupun usaha adalah konsistensi. Dengan menerapkannya secara konsisten dalam keseharian Anda, cara ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupan di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.