Sakinah Mawadah Warohmah

sakinah mawadah warohmah

Pernikahan sahabat muslimku akan dilangsungkan minggu depan, semoga kelak menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah, Warohmah.

Mari kita kaji satu persatu makna dari ketiga hal tersebut, agar doa yang kita panjatkan menjadi berkah bagi dirikita dan para sahabat yang kita sayangi. Amiin.

Sakinah, Mawaddah, Warohmah.

Dalam islam, dijelaskan di Al-Quran mengenai Sakinah, Mawaddah, Warohmah sebagai fungsi dan tujuan dari melangsungkan pernikahan;

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”  (QS Ar-Rum/30:21).

Menikah untuk mendapatkan ketentraman (sakinah), kecintaan (mawaddah), dan kesayangan (wawrohmah) dari Allah SWT. 

Makna Sakinah

Sakinah berasal dari bahasa arab.  Artinya adalah; tenram, damai, tenang dan aman. Jika dijelaskan maknanya sudah sangat jelas. Diharapkan setelah menikah, pasangan tersebut mendapatkan kedamainan sebagaimana arti kata Sakinah tersebut. 

Makna Mawaddah

Begitu juga Mawaddah berasal dari bahasa arab yang artinya perasaan sayang yang menggebu, jatuh cinta berulangkali. Tentu jika dipahami lebih mendalam, menyayangi dan mencintai ialah hal yang sangat manis. Bagaimana perasaan cinta dan kasih sayang tersebut terus tumbuh seiring perjalanan pernikahan.

Makna Warohmah

Dalam bahasa arab Rohmah, bisa diartikan mendapatkan rahmat, rizki, lindungan, karunia dari sang maha pencipta Allah SWT. Mendoakan warohmah kepada sahabat kita yang hendak menikah, artinya kita mendoakan agar selama pernikahaannya atau keluarga tersebut senantiasa dalam keadaan mendapatkan warohmah dari Allah SWT. 

Diharapkan dengan memahami makna dari sakinah, mawaddah, dan warohmah dapat menambah kualitas doa yang kita panjatkan untuk sahabat kita yang hendak melangsungkan pernihakan. 

Selain itu, jika kamu belum menikah; Sakinah, Mawaddah, Warohmah ialah tiga hal pokok yang bisa kamu jadikan tujuanmu melakukan pernikahan kelak.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *