Manfaat Dekat dengan Keluarga

dekat dengan keluarga

Mengutip artikel Menjadi Anggota Keluarga yang Baik Demi Mewujudkan Keluarga Bahagia, dijelaskan bahwa keluarga adalah sebuah simbol hubungan yang tidak bisa dipisahkan. Simbol tersebut dibentuk dari rasa saling menyayangi dan peduli. Mungkin hidup memang sebuah pilihan, namun memilih jauh dari keluarga adalah pilihan yang tidak baik, karena banyak sekali manfaat berhubungan dekat dengan keluarga diantaranya;

Jauh dari Sosok Egois

Nilai-nilai keluarga mengajarkan toleransi yang kental. Hubungan darah yang terjalin antara sesama anggota keluarga membuktikan bahwa hubungan yang tidak bisa diputuskan di dunia ini nyata adanya. Jika kamu dekat dengan keluarga yang saling mengasihi dan menyayangi, kamu akan mengerti arti berkorban untuk memuliakan keluarga. Ketika keluargamu menerapkan sikap-sikap mulia sesama anggota keluarga, maka otomatis kamu akan terbiasa selalu memperhitungkan perasaan orang lain demi memuliakan dirimu sendiri. Kamu akan jauh dari sosok egois. Menerapkan nilai-nilai keluarga dalam pergaulan tentu membuat kamu dikenal sebagai sosok yang peduli dan penyayang.  

Tidak Materialistis

Kita tentu sering mendengar, “membantu tanpa pamrih”. Hal ini sangat jelas dilakukan oleh keluarga. Seorang ibu merawat anaknya dengan penuh perhatian tanpa mengharapkan balasan sangat tergambar jelas. Tentu seorang anak tidak bisa membalas semua pengorbanan ibu kepadanya. Nilai membantu tanpa pamrih sudah dicontohkan oleh orang tua kita sedari ketika kita masih bayi. Oleh karena itu, dekat dengan keluarga akan selalu mengingatkanmu bahwa tidak semua hal di dunia ini harus dihitung dengan untung atau rugi bernilai uang. Nilai luhur kebajikan masih cukup untuk membayar setiap pengorbanan yang kamu lakukan yang nantinya akan berbalas dengan kebaikan untuk dirimu sendiri.

Penuh Semangat

Keluarga selalu menjadi alasan yang kuat seseorang mampu berjuang tanpa henti. Hal ini tergambar dari ketika seorang ayah yang selalu berjuang mencari nafkah untuk membahagiakan anak dan istrinya. Bagi seorang ayah yang bertanggung jawab, memberi kebahagiaan keluarga adalah pencapaian yang sangat luar biasa. Selain itu keluarga juga merupakan tempat mengisi semangat diri, motivasi membangun dan mengangkat harkat dan martabat keluarga akan selalu hadir di benak anggota keluarga yang saling peduli .

Menjadi Sosok yang Dominan

Keluarga mengajarkan kita kepedulian yang tinggi. Memiliki rasa peduli yang tinggi membuat seseorang memilii sikap yang dominan. Ketika kepedulian yang tinggi diterapkan dalam sebuah tim, maka tim tersebut akan menjadi tim yang paling solid. Tim merupakan bentuk lain dari keluarga, dekat dengan keluarga akan membuat seseorang memiliki rasa peduli yang tinggi, kemudian akan menjadikan seseorang tersebut memiliki karakter yang dominan sehingga mampu membangun TIM yang kokoh dimanapun ia berkecimpung.

Selalu Optimis

Optimis adalah cara pandang yang positif yang dapat membuat seseorang memiliki motivasi yang tinggi. Sifat optimis merupakan hal penting yang harus dimiliki seseorang karena optimis merupakan salah satu pondasi menuju kesuksesan. Korelasi antara keluarga dan sifat optimis yaitu ketika bersama keluarga, kita akan selalu mendapatkan nasihat-nasihat positif yang membangun dari orang-orang terdekat kita. Nasihat tersebut akan memperkaya pikiran kita, membetuk pola berpikir yang positif guna mematangkan sifat optimis pada diri kita.

Demikian sedikit manfaat dekat dengan keluarga yang dapat Penalis bagikan kepada pembaca. Semoga dapat menjadi informasi dan inspirasi yang positif serta dengan terbitnya artikel ini, dapat menguatkan hubungan keluarga seluruh pembaca yang budiman. Salam hangat dari kami keluarga Penalis!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.