Mengenal Tahap Kembang Anak Balita

tahap kembang anak

Sahabat Penalis, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti; keadaan saat di kandungan, genetik, asupan, stimulasi, pola asuh, dsb. Namun, perlu diketahui secara umum balita mengalami tahap perkambangan sebagai berikut.

Usia 0-12 Bulan

Dimulai dengan anak baru lahir sampai memasuki usia satu tahun. Anak pada tahap ini mulai bisa merespon suara, mengetahui datangnya suara, dan memahami perintah verbal.

Usia 1-2 Tahun

Anak seusia ini biasanya sudah mulai bisa mengeluarkan kata-kata tunggal seperti “mama”, “papa” atau yang lain di lingkungan sekitarnya. Kemudian mengenal anggota tubuh seperti hidung, mata, telinga, dan lainnya.

Usia 2-3 Tahun

Anak mulai bisa memahami kata-kata sederhana, mengingat nama ibu dan ayahnya, nama keluarga lainnya, dan benda-benda di sekitar, serta nama-nama binatang.

Usia 3-4 Tahun

Anak sudah bisa bicara satu sampai beberapa kalimat, berhitung, dan lain sebagainya. Kemudian Anak mulai bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, hingga akhirnya mulai menanyakan banyak hal kepada orangtuanya.

Usia 4-5 Tahun

Anak sudah bisa memberikan opini, hingga memberikan saran.

Perkembangan anak sangat perlu diketahui dan dipehatikan oleh orang tua.
Usia 0 sampai 5 tahun anak adalah periode emas, di masa itu perkembangan anak harus dioptimalkan sebab akan mempengaruhi pada fase perkembangan berikutnya.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *