Keluarga, Fungsi dan Peran Pentingnya

fungsi peran keluarga

Keluarga adalah kelompok pertama yang kita miliki sebagai penopang dalam menjalani kehidupan. Keluarga banyak sekali mendasari aspek, nilai dan norma yang melekat pada suatu insan, baik untuk dirinya sendiri dan juga lingkungan sosialnya.

Berikut ini adalah fungsi keluarga yang harus kamu sadari agar dirimu memiliki kesadaran berkeluarga hingga bersosialisasi dengan baik, memiliki prinsip dasar yang kokoh untuk menjalani kehidupan di luar sana untuk meraih kemenangan.

Sebagai Penguat Mental

Apa itu mental? mental adalah kesadaran yang dimiliki seseorang untuk menghadapi tekanan yang menyerang batin, ketenangan, dan pikiran. Mental menjaga kita dari keadaan hilang nya kesadaran dan kontrol diri.

Keluarga menguatkan mental karena dalam proses membentuk sebuah kesadaran, keluarga memiliki peranan penting, di mana nilai-nilai dasar dan bekal inti dari perjalanan untuk mencapai sebuah kesadaran yang tinggi ialah dengan mencontoh, mengikuti dan mengimplementasikan aturan yang pertama kali didapatkan dari keluarga.

Sebagai Rumah Tempatmu Pulang

Keluarga mampu menjadi tempat ternyaman untuk pulang ketika hidupmu di luar sana telah menjadi sangat kusut. Tanpa kamu sadari, kekusutan yang kamu dapatkan di luar sana mungkin juga karena kamu sudah terlalu jauh dari keluarga. Keluarga ialah rumah untukmu pulang, karena saat arah tidak lagi mampu menujukanmu tempat untuk kembali, maka keluarga yang melekat di ingatan yang sudah mendarah daging akan datang memberi tahu kemana arah rumah tempat keluargamu akan menyambut.

Pemberi Bekal Utama Bersosialisasi

Manusia ialah makhluk sosial, butuh bantuan orang lain guna menjalani hidup yang lebih baik. Sebagai makhluk sosial manusia juga memiliki lingkungan untuk berinteraksi, yang disebut juga lingkungan sosial. Lingkungan sosial pertama yang menjadi tempat seorang manusia untuk berinteraksi yaitu keluarga, maka dengan begitu keluarga yang akan menjadi pertama mengajarkan tatacara, aturan serta nilai-nilai sosial bagi seorang manusia. Sangat penting membangun interaksi yang baik dalam lingkungan keluarga. Agar bekal yang kamu bawa saat ingin berinteraksi di tempat lain, merupakan bekal yang berkualitas tinggi dan cukup untuk menjaga dirimu dari pengaruh buruk lingkungan sosial di luar sana.

Sebagai Penopang Kebutuhan

Kemapanan ialah hal yang diimpikan banyak orang. Tentu banyak jalan untuk mencapai sebuah kemapanan. Mapan ialah keadaan dimana tidak lagi mengalami hal yang gundah, tidak jelas, tidak punya perhitungan. Mapan sangat diidamkan karena dengan kemapanan akan lahir ketenangan dan ketentraman. Untuk mencapai kedudukan mapan tentu bukanlah hal mudah, salah satu yang sulit untuk dipenuhi ialah cukupnya segala kebutuhan baik lahir maupun batin.

Pada dasarnya kebutuhan setiap orang berbeda-beda, dan di setiap waktu dapat berubah-ubah. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang bagus agar seorang manusia senantiasa siap mengahadapi perubahan akan kebutuhan. Adapun peran keluarga ialah sebagai penopang ketika kebutuhan yang membebani terasa sangat berat. Dengan dukungan dari keluarga, baik itu materi maupun non materi, beban tersebut akan lebih teresa ringan untuk diemban.

Sebagai Pendidik

Pendidikan berguna bagi nusa dan bangsa. Suatu bangsa yang besar tentunya memiliki pendidik yang berkualitas dan sistem pendidikan yang bagus. Pendidik dan sistem pendidikan bagus akan melahirkan generasi penerus yang berkualitas. Perlu disadari, pembentukan sebuah generasi awalnya bermula dari keluarga, awal mula pendidikan juga didapat dari keluarga. Sebagai hulu dari sebuah generasi maka keluarga juga berperan sebagai pendidik, terutama pendidikan karakter pada anak. Baik ataupun buruknya, sebuah keluarga akan selalu menjadi contoh teladan bagi seorang manusia yang nantinya akan membangun sebuah generasi.

Demikian fungsi dan peran keluarga yang bisa Penalis bagikan, semoga bisa menjadi inspirasi untuk selalu menjadi keluarga yang bagi anak-anak generasi penerus bangsa.

Salam Inspirasi!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *