Peran Seorang Pemimpin

peran seorang pemimpin

Pemimpin, sebuah kata yang mengandung makna luhur terkedepanan, kelebihan, bijaksana, dan kemampuan. Sosok pemimpin dianggap memiliki kemampuan yang lebih dari yang dipimpinnya. Oleh karena itu akan banyak hal menarik jika membahas perihal pemimpin. Di samping itu pemimpin juga memiliki peran yang sangat penting. Peran pemimpin juga menjadi faktor penting dalam pencapaian yang di gapai oleh pengikutnya.

Jika suatu kelompok berada di bawah kepemimpinan yang buruk, maka cepat atau lambat kehancuran akan menghampiri kelompok tersebut. Adapun beberapa peran seorang pemimpin yang wajib kamu ketahui adalah sebagai berikut

Pendengar yang Baik

Pendengar yang baik maksudnya adalah wajib mendengarkan semua masukan sebelum mengambil sebuah keputusan. Semakin banyak faktor yang menyokong sebuah keputusan, semakin rumit dan dibutuhkan usaha yang besar dalam menentukan jalan yang akan ditempuh. Sebagai seorang pemimpin harus mempertimbangkan segala hal. Dimulai dari hal yang besar dan berat hingga hal kecil yang terlihat remeh-temeh Karena setiap keputusan yang diambil oleh pemimpin akan dijalankan dan ditempuh juga oleh pengikutnya.

Perencana Handal

Pemimpin harus memiliki kemampuan dalam merumuskan rencana dengan baik. Merumuskan rencana tidak sebatas menuliskan mimpi. Rencana yang dibuat oleh seorang pemimpin juga harus dilengkapi dengan bagaimana cara menjalankan rencana tersebut untuk mencapai sebuah target yang juga harus ditentukan dan disepakati bersama. Setiap rencana yang dibuat harus dengan pertimbangan yang spesifik dan matang. Sebab  dalam menjalankan sesuatu untuk mencapai suatu tujuan, yang pertama kali harus disiapkan adalah sebuah rencana.

Roda Penggerak

Dalam menjalani sesuatu, harus ada penggerak dan penyemangat. Pemimpin harus memiliki semangat yang 100 persen lebih tinggi dari yang dipimpinnya. Peran pemimpin sebagai roda penggerak, tidak akan bisa tercapai tanpa dukungan dari pengikutnya. Pemimpin juga harus berusaha lebih keras agar pengikutnya tidak segan dan selalu loyal menjalankan kebijakan atau langkah-langkah yang telah ditetapkan seorang pemimpin.

Badan Pengawas

Setelah memiliki kemampuan perencanaan yang baik dan mampu menjadi roda penggerak yang kuat dan konsisten, seorang pemimpin juga harus mampu mengawasi setiap tindak-tanduk yang terjadi di tengah-tengah jalan proses menuju sebuah target. Tak jarang kegagalan tetap terjadi meski sudah dengan rencana yang baik dan dijalankan dengan upaya yang susah payah, hal itu disebabkan oleh pengawasan yang kurang maksimal. Sebagai pemimpin harus memiliki kemampuan pengawasan yang baik agar rencana dan upaya yang dilakukan tetap pada jalur yang benar menuju pencapaian yang ingin digapai.

Bijaksana dalam Mengambil Keputusan

Pemimpin juga harus mengambil keputusan. Sebab tanpa sebuah keputusan sebuah tim akan mengambil jalannya masing-masing dan upaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih besar dan terasa berat. Keputusan yang diambil seorang pemimpin haruslah yang terbaik. Pemimpin berperan untuk menentukan atau memilih arah jalan yang paling mudah untuk ditempuh dalam menggapai target. Jika salah jalan maka medan yang akan ditempuh mungkin akan semakin berat. Tidak jarang satu persatu tim akan berguguran di tengah jalan.

Demikian Itu peran wajib seorang pemimpin menurut penalis. Semoga bisa menginspirasi setiap langkah yang akan ditempuh. Menjadi pemimpin memiliki nilai tanggung jawab yang besar untuk diemban. Jangan menyerah dan tetap semangat!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.