5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

cara menjaga kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal yang penting di masa serangan virus dan penyakit seperti saat ini. Terdapat berbagai cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan.

Cara menjaga kesehatan tubuh tentunya disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi dan daya tahan agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit.

Sejak dua tahun lalu dunia sedang memasuki era darurat kesehatan dimana adanya Virus Covid-19 yang menyebabkan ribuan kematian di seluruh dunia. Saat ini pun dunia tengah waspada dengan penyakit Monkeypox yang bisa menjangkiti siapapun.

Terutama jika Anda adalah orang yang sering menjalani aktivitas di luar ruangan atau sering beraktivitas berat biasanya rentan terkena penyakit akibat kelelahan dan daya tahan tubuh yang menurun.

Oleh karena itu diperlukan cara menjaga kesehatan tubuh yang baik dan benar agar terhindar dari penyakit tersebut. Karena seperti yang kita tahu bahwa sehat itu mahal jadi lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Berikut 5 cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa dilakukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari:

Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan merupakan hal paling basic dari upaya menjaga kesehatan. Semua yang masuk dalam tubuh tentunya akan dicerna manfaatnya tetapi kalau makanan yang biasa dimakan tidak mengandung manfaat yang dibutuhkan tubuh maka akan menimbulkan penyakit.

Pola makan yang tidak teratur bisa menimbulkan penyakit maag hingga penyakit gerd. Makanan junk food juga ada baiknya dikurangi karena dapat menimbulkan penyakit kronis seperti stroke, serangan jantung, darah tinggi, dan bisa menimbulkan komplikasi.

Lalu pola makan sehat itu seperti apa?

Pola makan sehat yang pertama yaitu memastikan apa yang dikonsumsi oleh tubuh merupakan makanan sehat yang mengandung gizi seimbang. Untuk mengetahui gizi seimbang bisa dengan menerapkan sistem 4 sehat 5 sempurna.

Pastikan dalam satu hidangan memiliki kandungan gizi seimbang dan cukup untuk tubuh Anda. Gizi seimbang meliputi karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral yang mencukupi kebutuhan nutrisi.

Pola makan sehat berikutnya yaitu tidak makan berlebihan dan kekurangan. Manusia pada umumnya makan 2-3 kali sehari dengan porsi normal. Makan dengan porsi besar dan frekuensi tinggi bisa menyebabkan seseorang menderita obesitas. Sementara makan dengan porsi sedikit dan frekuensi rendah dengan alasan diet dapat menyebabkan tubuh kekurangan asupan gizi. Maka dari itu makanlah sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Menurut penelitian jumlah cairan yang kita butuhkan tergantung pada berbagai faktor. Seperti aktivitas fisik yang dilakukan, kondisi iklim dan cuaca, serta berat badan. Tetapi umumnya manusia memerlukan 2,7 sampai 3,7 liter asupan cairan dalam sehari. Atau setidaknya pastikan minum 8 gelas air per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena manfaat air putih itu sangat besar bagi kesehatan.

Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan aliran darah dan aliran oksigen di pembuluh darah menjadi terganggu, akibatnya adalah darah menjadi kental. Kandungan air atau cairan dalam tubuh manusia adalah 60 persen hingga 70 persen dari berat tubuh sehingga jika organ kekurangan air fungsi organ itu pun terganggu.

Penuhi Kebutuhan Vitamin

Vitamin merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin berguna untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah Vitamin D dan Vitamin C.

Vitamin D berperan untuk merangsang sel imun untuk menghalau virus dan bakteri, memperkuat tulang, membantu mencegah penyakit jantung, diabetes, kanker serta mengurangi risiko penurunan daya ingat. Vitamin D bersumber dari sinar matahari pagi,ikan, susu, telur, dan keju.

Sementara Vitamin C digunakan tubuh untuk menstabilkan sistem imun, sistem imun yang stabil akan membuat daya tahan tubuh optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Vitamin lain yang juga dibutuhkan oleh tubuh adalah Vitamin B, Vitamin B Complex, dan Zinc.

Kelola Stres

Stres merupakan salah satu faktor yang bisa menurunkan imunitas tubuh. Jika sedang stress emosi akan tidak terkendali dengan baik sehingga mampu berefek pada tubuh, yaitu menghabiskan energi. Seringkali orang terkena penyakit berawal dari stres. Penyakit seperti maag, gerd, kecemasan, depresi, obesitas, dan diabetes seringkali muncul karena pengelolaan stres yang kurang baik.

Stres bisa dikendalikan dengan mencoba mengendalikan emosi, mengalihkan pikiran ke hal lain yang lebih menghibur, atau bahkan pergi ke tempat yang menenangkan seperti taman, danau, pantai, taman hiburan, dan lainnya. Ada beragam cara menanggulangi stress, pilih salah satu dari cara tersebut yang cocok diterapkan pada diri sendiri.

Kenali Bahasa Tubuh dan Istirahat Cukup

Tubuh pada dasarnya memiliki bahasa atau tanda tersendiri jika membutuhkan sesuatu. Misal saat sudah terlalu lama bekerja di depan laptop mata akan terasa sakit, nah rasa sakit tersebut merupakan tanda atau bahasa tubuh bahwa mata sudah lelah bekerja dan membutuhkan istirahat. Contoh lain ketika sedang berolahraga otot pada betis terasa tegang dan kram tandanya tubuh belum mendapatkan pemanasan yang cukup sebelum berolahraga.

Nah bahasa tubuh inilah yang harus dikenali oleh setiap orang. Jika tanda-tanda sudah mulai muncul jangan diabaikan, segeralah untuk beristirahat. Istirahat merupakan kondisi alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengembalikan energi yang telah terkuras. Agar terhindar dari penyakit harus menerapkan Istirahat yang cukup dan teratur. Tidur merupakan istirahat terbaik. Waktu tidur yang berkualitas adalah sekitar 7 sampai 8 jam per hari.

Kelelahan dan pola tidur yang tidak teratur dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. jika tubuh kelelahan, tubuh juga tidak bisa bekerja secara optimal sehingga lebih baik untuk beristirahat sejenak daripada memaksakan diri.

Demikian cara menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit. Cara tersebut bisa diterapkan sebagai pola hidup sehat Anda sehari-hari.

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.