Mengenal Ekonomi Kreatif, Contoh dan Faktor Pendukungnya

ekonomi kreatif

Istilah ekonomi kreatif saat ini sering kali kita dengar melalui pemberitaan, sosial media, dan bahkan presiden. Ekonomi kreatif adalah salah satu sektor perekonomian yang menggunakan ide dan konsep kreativitas dari manusia yang yang melakukannya.

Dalam perkembangannya, ekonomi kreatif ini telah terbukti berperan dalam memajukan perekonomian di negara kita. Pemerintah telah membentuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang sering disebut sebagai Kemenparekraf/Barekraf.

Ciri-ciri Ekonomi Kreatif

Agar dapat mengetahui sektor yang tergolong dalam Ekonomi Kreatif, kita bisa mengetahuinya dengan ciri-ciri berikut ini:

1. Bersumber Dari Kreativitas Individu yang Membuatnya

Salah satu ciri dari ekonomi kreatif yaitu pelaku ekonomi itu sendiri yang memiliki ide utama dan gagasan

2. Menggunakan Kreasi Intelektual dalam Sektor Usaha

Kreasi intelektual akan menghasilkan berbagai kreativitas, keahlian, keunikan, serta talenta. Oleh karena itu kreasi intelektual memiliki nilai jual yang tinggi.

3. Memiliki Siklus yang Cukup Singkat

Produk yang dihasilkan memiliki siklus produk yang cukup singkat, dikarenakan hal tersebut mudah ditiru sehingga cepat digantikan. Maka dari itu perlu dilakukan inovasi untuk mengembangkan produk.

4. Membutuhkan Kolaborasi

Dalam industri kreatif, melakukan kolaborasi adalah suatu hal yang penting, misalnya antara pengusaha dan pemerintah yang mengatur kebijakannya. Kolaborasi dilakukan untuk pelaku ekonomi kreatif tidak sendirian dan dapat menghadapi persaingan ekonomi.

5. Tidak Memiliki Batasan

Dengan dasar kreasi intelektual, penciptaan produk tidak akan memiliki batasan, yang dimana inovasi dan kreativitas akan selalu terjadi.

Faktor Pendukung Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif tidak akan terbentuk jika tidak ada pendorong serta sarana pendukungnya. Berikut beberapa faktor Pendukung ekonomi kreatif:

1. Kreativitas

Dalam Ekonomi kreatif tentu saja kreatifitas menjadi hal yang paling utama, kreativitas merupakan proses terbentuknya ide dan gagasan yang bersifat baru.

2. Teknologi

Teknologi juga merupakan hal yang utama karena kemudahan akses yang dimiliki dapat membantu kemajuan perekonomian ini.

Baca Juga: Ide Bisnis Paling Asik untuk Kaum Milenial

3. Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia sebagai tokoh utama dalam penggerak perekonomian ini, tenaga kerja yang berkualitas menjadi penentu jalannya perekonomian.

4. Akses Komunikasi

Apresiasi publik dan validasi oleh masyarakat sangat dibutuhkan pelaku ekonomi kreatif untuk terus berkarya dan mengembangkan potensinya. Akses komunikasi sangat membantu pelaku ekonomi ini dalam melakukan pemasarannya.

5. Media Sosial

Sebagai platform yang hampir digunakan oleh seluruh masyarakat, media sosial dapat digunakan oleh para pelaku ekonomi ini karena kemudahan akses dalam menggunakannya untuk mencari informasi dan menemukan produk ekonomi kreatif.

Contoh Ekonomi Kreatif

Banyak jenis usaha yang dapat kita gunakan dalam menjalani usaha dengan konsep-konsep ekonomi kreatif, berikut contoh-contoh usaha yang memiliki konsep ekonomi kreatif:

1. Desain

Sebuah desain berasal dari kreativitas seseorang yang membuatnya, desain memiliki berbagai macam keperluan seperti konten, periklanan, dan informasi yang ditampilkan secara visual.

2. Video

Video sering kali digunakan sebagai sarana hiburan oleh masyarakat, kemudahan dalam mengaksesnya dan memiliki konsep yang sangat beragam, membuat masyarakat selalu tertarik pada konsep ini. Melalui sosial media, kita dapat dengan mudah menemukan video-video yang dikirim melalui berbagai platform, melakukan interaksi, dan memberikan apresiasi terhadap video yang kita tonton di sosial media.

3. Fotografi

Fotografi merupakan suatu karya seni yang berbentuk gambar atau citra yang diambil dari cahaya menggunakan alat kamera, dengan perkembangan teknologi saat ini, kita dapat melakukan fotografi dengan mudah. Ada berbagai platform yang dapat kita gunakan untuk mendorong perekonomian melalui gambar yang kita ambil, baik itu sebagai media promosi ataupun menjual foto yang kita ambil.

4. Arsitektur

Arsitektur juga merupakan salah satu contoh ekonomi kreatif, berbagai macam bentuk arsitektur yang telah diciptakan dapat membuat visual yang ada disekitar kita menjadi lebih menarik dan unik. Arsitektur juga memiliki nilai jual yang tinggi, karena kebutuhan akan desain untuk sebuah benda dan bangunan akan selalu dibutuhkan.

5. Fashion

Pada masa sekarang banyak sekali perancang melakukan kolaborasi untuk memajukan ekonomi ini, dengan perkembangan fashion yang sangat pesat di Indonesia, kita dapat dengan mudah menjumpai berbagai jenis corak yang khas.

Dengan kemudahannya dan berbagai macam jenis sektor yang ada dalam ekonomi kreatif, kita dapat dengan mudah mencari peluang untuk ikut berperan dalam kegiatan ekonomi kreatif ini. Adanya dukungan dari pemerintah sebagai pembuat kebijakan, diharapkan para pelaku ekonomi kreatif dapat mengembangkan bidangnya dengan maksimal. Mari kita ikut serta dalam bidang ekonomi kreatif ini. Salam sehat!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *