5 Strategi Siapkan Dana Pendidikan Anak Hingga Kuliah

dana pendidikan anak

Salah satu cara untuk mempersiapkan dana pendidikan anak adalah dengan memanfaatkan keuntungan reksadana. Reksadana merupakan satu alternatif investasi bagi masyarakat pemodal. Khususnya pemodal kecil, tak punya waktu serta keahlian untuk mengkalkulasi risiko investasi. Bisa dikatakan orang tua termasuk dalam kategori pemodal kecil ini.

Memang bagi orang tua, pendidikan anak merupakan kebutuhan penting dan harus dinomorsatukan. Sebab itulah, Anda harus menyiapkan dana pendidikan anak sedini mungkin demi masa depan mereka nanti. Sayangnya, tak semua orang tua memahami bagaimana cara yang tepat untuk menyiapkan dana tersebut.

Jika demikian, apa saja strategi yang tepat dalam rangka menyiapkan dana pendidikan anak agar terjamin hingga mereka selesai kuliah? Simak ini hingga akhir.

biaya pendidikan anak

Strategi Siapkan Dana Pendidikan Anak

Menyiapkan dana pendidikan anak bukanlah sesuatu yang mudah. Anda harus benar-benar disiplin dan mengatur keuangan dengan ketat. Apalagi jika Anda akan menyiapkan dana pendidikan sampai anak selesai kuliah. Perlu beberapa strategi jitu agar Anda berhasil mengumpulkan rupiah demi rupiah.

Di bawah ini ada 5 strategi yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan dana pendidikan anak hingga mereka selesai kuliah.

Melakukan survei institusi pendidikan

Langkah awal menyiapkan dana pendidikan anak hingga selesai kuliah adalah melakukan survei pada beberapa institusi pendidikan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai kualitas pendidikan serta nominal biaya secara jelas, tepat dan terperinci. Gambaran ini nantinya akan membantu Anda membuat rencana anggaran keuangan dengan lengkap.

Membuat rencana anggaran biaya sekolah

Ketika selesai melakukan survei dan memilih sekolah yang cocok, selanjutnya Anda boleh membuat rencana anggaran biaya sekolah. Rencana anggaran harus memuat perhitungan estimasi pengeluaran biaya pendidikan seperti biaya pendidikan bulanan, gedung dan kebutuhan anak sehari-hari.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan rencana anggaran ini yaitu, sistem pembayaran setiap jenjang pendidikan berbeda. Jika biaya TK hingga SMU dibayar perbulan, maka tidak demikian dengan perguruan tinggi. Umumnya sistem pembayaran perguruan tinggi dilakukan per semester atau tahunan.

Dari sini, Anda bisa mengatur dan membuat target berapa nominal yang harus ditabung setiap bulan.

Menggunakan tabungan konvensional

Tabungan merupakan satu cara untuk mengamankan harta, termasuk dalam hal ini dana untuk pendidikan anak. Dengan tabungan konvensional, Anda bisa menyimpan dan mencegah diri sendiri memakai dana tersebut. Kemudian mulailah menabung sejak dini.

Harapannya, dengan menabung sejak dini akan membantu Anda mengumpulkan dana yang besar dan cukup untuk biaya pendidikan di masa depan.

Membuka tabungan pendidikan

Selain menggunakan tabungan konvensional, Anda juga bisa menggunakan tabungan pendidikan. Tabungan ini merupakan salah satu produk bank yang bisa Anda manfaatkan dalam rangka menyiapkan dana pendidikan anak. Produk tabungan ini berbeda dengan yang konvensional karena jenisnya adalah tabungan berjangka.

Artinya, jangka waktu penggunaan tabungan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Baiknya lagi, bunga tabungan bersifat tetap, proses pencairan dana cenderung lebih mudah dan jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Memanfaatkan instrumen investasi

Strategi jitu terakhir yang bisa Anda lakukan dalam mempersiapkan dana pendidikan anak yaitu memanfaatkan instrumen investasi. Dalam hal ini Anda bisa mencoba investasi reksadana. Sekarang, sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan investasi reksadana online. Anda tinggal memilih jenis reksadana yang menurut Anda cocok untuk digunakan.

Jenis reksadana yang bisa Anda pilih antara lain, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran serta reksadana saham.

Ada baiknya, sebelum Anda memilih, pastikan menggali informasi secara detail mengenai kelebihan dan keuntungan reksadana tersebut.

dana pendidikan anak

Penyedia Layanan Reksadana Terbaik Untuk Investasi Pendidikan Anak

Bagi Anda yang memilih investasi reksadana untuk menyiapkan dana pendidikan anak, ada baiknya jika memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini bisa Anda akses dengan mudah dan cara pengoperasiannya pun tak sulit. Untuk membantu Anda lebih paham tentang reksadana, coba cermati 5 keunggulannya di bawah ini:

Terdapat lebih dari 50 produk reksadana

Aplikasi digibank by DBS termasuk aplikasi yang tak pelit produk. Anda punya kesempatan memilih lebih dari 50 produk yang bisa dimanfaatkan. Pilihan produk ini bisa Anda sesuaikan dengan tujuan investasi. Misalnya, ingin memiliki dana darurat, investasi untuk pendidikan, membeli rumah, kendaraan dan sebagainya.

Sebelum itu, coba temukan lebih dahulu apa saja keuntungan reksadana yang ditawarkan tersebut supaya Anda tidak salah dalam memilih produknya.

Adanya kategori dalam pilihan produk

Fungsi kategori adalah memudahkan pencarian produk sesuai dengan kebutuhan. Nah, Aplikasi digibank by DBS mampu mengisi celah tersebut dengan menyediakan fitur kategori pada pemilihan produk. Ada tiga kategori produk yang bisa Anda telusuri saat mencari jenis reksadana yang dibutuhkan. Ketiga kategori tersebut antara lain produk dengan kinerja terbaik, scoring terbaik serta produk terpopuler.

Membeli produk secara berkala dan fleksibel

Dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS, pembelian produk bisa Anda lakukan secara berkala. Anda pun bisa mengubah nominal atau jumlahnya kapan saja asal dilakukan saat pembelian berkala sedang berlangsung. Pembelian berkala ini memudahkan Anda hal pengalokasian kebutuhan akan investasi di setiap bulan.

Nominal investasi sangat terjangkau mulai dari Rp100,000

Memulai investasi dengan Rp100,000 pastinya terjangkau dan tidak memberatkan sehingga peruntukan dana ke dalam investasi reksadana sangat mudah Anda lakukan.

Transaksi dalam satu aplikasi

Menggunakan Aplikasi digibank by DBS membuat Anda tak repot harus berpindah aplikasi terutama saat melakukan registrasi, pembelian, penjualan atau pengalihan produk. Seluruh transaksi bisa Anda lakukan dalam satu pintu atau hanya menggunakan satu aplikasi yang saling terhubung.

Nah, sebagai orang tua yang bijak, sudah semestinya Anda memilih cara yang tepat ketika mempersiapkan biaya pendidikan anak, salah satunya adalah dengan cara berinvestasi reksadana di Aplikasi digibank by DBS. Dengan beberapa keuntungan reksadana yang ditawarkan di atas, Anda tak perlu ragu lagi untuk segera mengambil langkah investasi. Selain karena minim risiko, keamanan berinvestasi Reksadana pun sangat terjamin. Jadi, tunggu apalagi? Segera install Aplikasi digibank by DBS sekarang juga!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *