Seduhan Kopi Lama, Apakah Aman?

seduhan kopi lama

Halo, sobat kopi. Ngopi, yuk!

Tentu semakin akrab dengan ajakan tersebut, ngopi sekarang ini sudah menjadi gaya hidup. Jika dulu ngopi identik dilakukan oleh Mbah, Kakek, atau orang tua, saat ini jika ada anak muda yang gak ngopi, maka gak asik rasanya. Namun, tahukah kamu beberapa orang tidak bisa ngopi, bukan karena tidak suka rasanya, melainkan karena memiliki asam lambung yang tinggi.

Sering kali juga seduhan kopi tidak bisa langsung kita minum karena masih panas. Beberapa orang akan menunggu kopinya agak dingin sebelum diminum, beberapanya lagi lupa kopinya belum diminum dan langsung beranjak pergi ke kantor, ke kampus dan mengurusi urusan lain, atau malah ada yang abis nyeduh kopi malah tidur. Wahaha.

Ketika hal tersebut terjadi kepadamu, kamu pasti bertanya-tanya kira-kira aman gak ya kopi seduhan lama itu diminum, mari kita bahas sampai tuntas!

Kopi Tubruk Lama yang Mengendap dengan Ampas Kopi Memiliki Kadar Asam Lebih Tinggi

Kita cermati dulu apa yang membuat kopi seduhan lama dan baru itu menjadi berbeda, terutama bagi kesehatan lambung kita. Kopi tubruk yang baru memiliki kadar asam masing-masing tergantung jenis kopinya. Hal yang perlu digarisbawahi adalah kopi lama yang mengendap dengan ampas kopi rasanya akan lebih pahit karena memiliki kadar asam yang lebih tinggi. Jika kamu tidak kuat dengan pahit atau memiliki riwayat sakit asam lambung, sebaiknya jangan minum kopi sudah lama seduh yang terendap bersama ampas kopinya. Lebih disarankan jika ingin meminum kopi untuk waktu yang lama maka pisahkan kopi dengan ampas kopinya, dengan begitu kadar asam pada kopi tidak akan meningkat seiring dengan jeda waktu kamu meminum kopinya.

Kopi Susu Seduhan lama- Kopinya aman, Susunya Basi.

Jaman sekarang, seduhan kopi semakin banyak jenis dan gayanya. Campuran racik minuman kopi juga semakin banyak variannya, kopi kelapa, kopi susu, kopi madu, kopi cokelat dan lainnya. Pokoknya banyak deh!

Kopi hitam dari biji kopi memang tidak mengenal kadaluarsa, namun jika sudah dicampur susu atau bahan minuman lainya kamu harus memperhitungkan bakteri yang mungkin lahir dari bahan campuran kopi tersebut. Seperti kopi susu yang sudah lama diseduh, kopinya aman tapi susunya mungkin saja basi dan mengandung banyak bakteri. Jika kamu minum setelah lama seduh tentunya saluran cerna kamu akan bermasalah. Sebaiknya kopi susu yang sudah diseduh, jika tidak ingin langsung diminum maka simpanlah dalam lemari pendingin atau saat ingin diminum sebaiknya dipanaskan lagi untuk menetralisir bakteri.

Kopi kini sudah menjadi komuditas yang sangat pesat, gaya hidup masa kini membuat kopi semakin digandrungi semua usia. Tidak ada salahnya mengenal kopi jauh lebih dalam. Karena dalam setiap kopi yang kau seduh, selalu ada pahit yang membangun!

Maka dapat disimpulkan bahwa minum kopi yang sudah lama diseduh itu aman jika disesuaikan dengan kondisi masing-masing orang yang meminumnya dan metode penyimpanannya. Semoga artikel yang Penalis tuliskan ini dapat menjadi informasi dan inspirasi yang bermanfaat. Salam Kopi!

ajax loader

Bagikan Artikel Ini

Penalis

Portal media berbagi informasi dan inspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.